blogs - profil & sejarah

Mengintip Sejarah iPhone dan Perkembangannya dari Tahun Ke Tahun

10 Sep 22, 2020
Mengintip Sejarah iPhone dan Perkembangannya dari Tahun Ke Tahun

Mendengar kata Apple, tentu yang terlintas di kepala Anda adalah produk iPhone, kan? Bukan tanpa alasan, iPhone memang menjadi produk andalan dari Apple sejak kemunculannya pertama kali. Bahkan, keuntungan terbesar yang didapatkan oleh Apple berasal dari penjualan iPhone, lho. Banyaknya inovasi baru yang ditawarkan oleh Apple membuat produk terbaru iPhone tidak pernah luput dari perhatian para pengguna smartphone. Sebelum akhirnya bisa sesukses saat ini, yuk simak bagaimana sejarah iPhone dan perkembangannya dari tahun ke tahun.

Generasi Pertama iPhone

iPhone 2G menjadi generasi pertama dari iPhone yang dirilis pada Januari 2007. Pada saat perilisannya, produk dari Apple ini hanya dipasarkan bagi pengguna smartphone di Amerika Serikat saja dalam jumlah terbatas. Di mana hanya pelanggan operator seluler AT&T saja yang bisa menggunakan produk Apple terbaru ini. Meski begitu, pada akhir tahun 2007 jumlah iPhone 2G yang terjual di pasaran sudah mencapai angka 1.4 juga lebih.

Bahkan, sebuah majalah Time mengklaim bahwa iPhone merupakan salah satu penemuan besar pada saat itu. Bagaimana tidak, iPhone 2G memang menjadi smartphone pertama yang hadir dengan layar sentuh berukuran besar. Hal ini tentu sangat berbeda dengan kebanyakan ponsel saat itu yang masih menggunakan papan ketik. Dukungan dari jaringan 2G pada produk generasi pertama iPhone juga menjadi daya tarik tersendiri yang dimiliki smartphone ini.

Setelah sukses mengenalkan produk iPhone generasi pertama di Amerika, Apple kemudian memutuskan untuk merilis iPhone 2G tersebut ke Eropa pada akhir tahun 2007. Tidak berselang lama, pada tahun 2008 Apple sudah bisa digunakan oleh beberapa negara di Asia. Di tahun yang sama juga, Apple mulai merilis App Store secara online. App Store inilah yang memungkinkan para pengguna Apple untuk bisa mengunduh beragam aplikasi sesuai kebutuhan mereka. Setelah mengetahui awal kemunculan iPhone, intip perkembangan iPhone dari tahun ke tahun berikut.

iPhone 2G

iPhone 2G

Sebagai produk iPhone generasi pertama, smartphone ini tentu belum memiliki fitur yang lengkap. Layarnya memiliki ukuran 3.5 inci dengan resolusi 320 x 480 pixel. Smartphone ini telah dilengkapi satu buah kamera belakang beresolusi 2 MP. Namun, kamera pada smartphone iPhone hanya bisa digunakan untuk memotret saja. Pengguna iPhone 2G belum bisa merekam video menggunakan smartphone mereka. iPhone 2G ini menawarkan tiga pilihan kapasitas penyimpanan bagi para penggunanya, yakni 4 GB, 8 GB, dan 16 GB. 

iPhone 3G & iPhone 3GS

iPhone 3G & iPhone 3GS

Setelah sukses dengan iPhone 2G, tahun 2008 iPhone kembali merilis smartphone baru, yakni iPhone 3G dan 3GS. Sesuai dengan namanya, smartphone ini telah mendukung jaringan 3G yang lebih kencang. Tambahan fitur GPS dan tri-band UMTS sudah disematkan oleh pihak Apple pada smartphone ini. Perihal kameranya, iPhone 3G masih dilengkapi dengan satu kamera beresolusi 2 MP.

Munculnya tambahan huruf “S” pada seri menunjukkan adanya beberapa tingkatan spesifikasi. Salah satunya pada segi kamera, di mana smartphone ini telah hadir dengan kamera beresolusi 3 MP. Tak hanya hadirkan resolusi kamera lebih besar, pengguna juga sudah bisa merekam video. Smartphone yang dirilis pada tahun 2009 ini juga telah tersedia dalam varian dengan kapasitas memori 32 GB.

iPhone 4

iPhone 4

Perubahan menonjol pada iPhone generasi keempat ini terlihat dari munculnya kamera depan yang bisa digunakan untuk memotret foto selfie. Tak hanya itu saja, smartphone ini juga telah hadir dengan kapasitas RAM yang lebih besar, yakni 512 MB. Peningkatan ada kapasitas RAM ini membuat kinerja iPhone 4 lebih kencang.

iPhone 4S

iPhone 4S

Melalui iPhone 4S ini, untuk pertama kalinya Apple mulai memperkenalkan Siri (Intelligent Personal Assistant). Smartphone yang sudah hadir dengan resolusi kamera 8 MP ini juga telah menawarkan varian kapasitas memori sebesar 64 GB. Melalui iPhone generasi kelima inilah, kecanggihan produk Apple semakin terlihat.

iPhone 5 series

iPhone 5 series

Selanjutnya Apple mulai mengenalkan iPhone 5 series yang hadir dengan tiga varian, yakni iPhone 5, iPhone 5S, dan iPhone 5C. Ketiga tipe smartphone tersebut hadir dengan spesifikasi yang tidak jauh berbeda. Ketiga produk Apple ini telah memiliki ukuran layar 4 inci dengan dukungan dari LTE. Hanya saja, pada iPhone 5S sudah dilengkapi dengan fitur fingerprint sensor.

iPhone 6 & iPhone 6S

iPhone 6 & iPhone 6S

Ukuran layar menjadi hal yang kembali ditingkatkan oleh Apple pada generasi terbarunya. Apple juga mulai menambahkan fitur konektivitas WiFI dan NFC sebagai mobile payment. Pembaharuan juga terlihat pada prosesor, kamera, hingga kapasitas memorinya. Di mana iPhone 6 sudah hadir dengan pilihan kapasitas memori 128 GB. Sedangkan pada iPhone 6S sudah dilengkapi dengan fitur 3D Touch. 

iPhone SE

iPhone SE

Pada seri satu ini, peningkatan dilakukan oleh Apple pada segi kapasitas RAM yang menjadi 2 GB, kamera belakang 12 MP, hingga kapasitas baterai yang lebih besar. Prosesor yang diusung pada iPhone SE ini juga telah mengalami peningkatan. 

iPhone 7 & iPhone 7+

iPhone 7 & iPhone 7+

Pada seri ini, Apple mulai mengenalkan produknya yang memiliki ketahanan baik terhadap air dan debu. Peningkatan juga terdapat pada kamera depannya yang hadir dengan resolusi 7 MP. Fitur OIS juga bisa Anda temukan pada kamera belakangnya. Untuk pertama kalinya, pada seri ini iPhone memutuskan untuk menghilangkan headphone jack 3.5 mm pada perangkatnya. 

iPhone 8 & iPhone 8+

iPhone 8 & iPhone 8+

Peningkatan yang dilakukan Apple pada seri ini terletak pada chipset yang digunakan. Fitur canggih seperti wireless charging juga sudah dikenalkan oleh Apple pada iPhone 8 series. Tidak hanya itu, smartphone ini juga telah dilengkapi dengan fitur Dolby Vision dan True Tone pada layarnya.

iPhone X

iPhone X

erilisan iPhone X ini bersamaan dengan perilisan iPhone 8 series. Desainnya yang berbeda dari generasi iPhone sebelumnya membuat iPhone X mudah mencuri perhatian. Bahkan, para pengguna smartphone lebih antusias dengan iPhone X dibandingkan iPhone 8 series. Sebagai pengganti Touch ID, Apple telah menyematkan teknologi Face ID sebagai bentuk keamanannya. Smartphone yang hadir dengan kapasitas RAM 3 GB ini juga telah dilengkapi dengan dua buah kamera belakang.

iPhone XS, iPhone XS Max, & iPhone XR

iPhone XS, iPhone XS Max, & iPhone XR

Apple kembali mengenalkan iPhone X series yang terbaru dengan tiga varian yang bisa dipilih. Ketiga variannya dilengkapi dengan ukuran layar yang berbeda-beda. Di mana iPhone XR memiliki ukuran layar yang paling lebar, yakni 6.5 inci. Pilihan kapasitas memori internal yang ditawarkan juga hingga 512 GB. Selain mengusung chipset terbaru, smartphone ini juga telah mendukung Face ID dan image stabilizer.

iPhone 11 Series

iPhone 11 Series

iPhone 11 series menjadi generasi paling baru yang telah dirilis oleh Apple. Seri yang satu ini hadir dengan tiga varian yang bisa dipilih, yakni iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max. Diantara ketiga varian tersebut, iPhone 11 Pro Max hadir dengan harga serta teknologi yang paling canggih. Selain memiliki ukuran layar yang lebih besar, kapasitas baterai yang dimiliki iPhone 11 Pro Max juga yang paling besar. Bahkan, Apple mengklaim iPhone 11 Pro Max bisa bertahan hingga 2 hari lamanya.

Itulah tadi sejarah iPhone beserta perkembangannya dari tahun ke tahun. Diantara daftar produk iPhone yang telah dirilis tersebut, kira-kira mana yang pernah Anda miliki?