blogs - profil & sejarah

Sejarah Oppo dari Awal Berdiri Hingga Masuk Ke Pasar Indonesia

10 Jan 30, 2021
Sejarah Oppo dari Awal Berdiri Hingga Masuk Ke Pasar Indonesia

Seperti yang Anda ketahui, saat ini sudah banyak beredar merek smartphone di pasaran. Salah satunya yang populer adalah Oppo. Merek smartphone asal Tiongkok ini sering dijadikan pilihan, termasuk oleh masyarakat Indonesia yang memang suka menggunakan perangkat smartphone harga terjangkau dengan kualitas yang mumpuni. Bagi Anda yang juga merupakan pengguna Oppo atau berniat menggunakan merek smartphone satu ini, yuk simak sejarah dari Oppo Electronic Corp dalam ulasan berikut.

Awal Berdirinya Oppo

Tingginya minat masyarakat terhadap kebutuhan akan perangkat mobile membuat Oppo tergerak untuk juga meramaikan pasar smartphone. Oppo untuk pertama kalinya berdiri pada tahun 2004 dan telah berusia lebih dari 15 tahun hingga saat ini. Sebelum akhirnya ikut memproduksi sebuah smartphone, Oppo telah terlebih dahulu memproduksi beragam perangkat teknologi, di antaranya seperti MP3 Player, DVD, Disc Player, Portable Media Player, eBook, hingga LCD TV. 

Baru pada tahun 2008 Oppo memutuskan memproduksi perangkat smartphone untuk pertama kalinya. Pada awal perilisannya tersebut, Oppo baru mendistribusikan produknya ke beberapa negara saja, seperti Rusia, Vietnam, Amerika, Thailand, dan juga Qatar. Media sosial dijadikan Oppo sebagai sarana utama dalam mempromosikan iklannya. Dengan harapan, banyak pengguna smartphone mulai mempertimbangkan atau bahkan berpaling ke Oppo.

Oppo Masuk ke Indonesia

Setelah lima tahun memproduksi beragam seri dan tipe smartphone, di tahun 2013 tepatnya bulan April, Oppo baru memasuki pasar smartphone di Indonesia. Oppo Find 5 menjadi produk perdana Oppo yang dikenalkan pada saat itu. Untuk membuatnya bisa dengan mudah menarik perhatian para pengguna smartphone, Oppo tidak pernah asal-asalan dalam memproduksi setiap produknya.

Oppo Find 5

Berbeda dengan kebanyakan merek yang menjunjung tinggi konsep copy paste, Oppo hadirkan perangkat dengan spesifikasi yang mumpuni. Tak hanya unggulkan aspek kinerjanya saja, Oppo juga memproduksi perangkat dengan desain atau tampilan luar yang tampak premium. Konsep yang ditawarkan inilah membuat Oppo bisa dengan mudah diterima oleh masyarakat Indonesia.

Untuk membuatnya semakin menarik perhatian, Oppo tidak hanya hadirkan produk premium atau flagship dengan harga yang cukup mahal. Tidak lupa, Oppo juga telah memproduksi beragam perangkat mobile yang sesuai dengan kebutuhan berbagai kalangan masyarakat. Mulai dari kalangan menengah hingga kalangan menengah ke bawah. Benar saja, saat ini banyak perangkat mobile Oppo yang dijual dengan harga ramah kantong. Anda sebagai pengguna hanya tinggal menentukan, mana produk yang sesuai dengan bujet.

Meski terbilang baru dalam memasuki pasar smartphone di Indonesia, tidak sulit bagi Oppo untuk bisa menguasai pasar. Buktinya, Oppo saat ini sudah menjadi produsen smartphone asal Tiongkok terlaris kedua di Indonesia setelah Xiaomi. Hal ini menunjukkan jika kualitas dari perangkat Oppo tidak bisa disepelekan begitu saja. Oppo Find 5 yang merupakan produk pertama Oppo di Indonesia merupakan sebuah perangkat flagship.

Mengetahui kehadirannya mendapatkan respon yang positif, Oppo kemudian merilis produk barunya di tahun yang sama, yakni seri Oppo Find Way. Perangkat ini hadir dengan harga yang tidak semahal seri pendahulunya. Meski begitu, spesifikasi dan kualitas yang ditawarkan tetaplah sama bagus. Oppo begitu percaya diri mengenalkan perangkatnya ke Indonesia berkat prosesor unggul yang disematkan pada setiap serinya.

Kembali Hadirkan Produk Premium

Tidak puas hanya dengan memproduksi Oppo Find 5, Oppo kembali melakukan gebrakan dengan merilis produk flagship lainnya, yakni Oppo N1. Lagi-lagi Oppo melakukan persiapan yang matang dan tidak memproduksi produk smartphone yang asal-asalan. Hal ini terbukti dari dirilisnya Oppo N1 yang merupakan produk premium Oppo. Sebagai produk premium, Oppo N1 ini dijual dengan harga yang cukup mahal. Anda perlu menyiapkan bujet sekitar Rp 7 jutaan untuk bisa mendapatkan produk yang satu ini.

Oppo N1

Sebanding dengan harganya yang fantastik, Oppo N1 ini mampu memberikan pengalaman yang baru dan lebih menyenangkan bagi para pengguna smartphone. Pasalnya, perangkat Oppo ini telah dilengkapi dengan kamera depan atau kamera selfie. Mengingat saat itu belum banyak perangkat yang dilengkapi dengan kamera depan, Oppo N1 sukses mencuri perhatian dengan sangat mudah. Dengan adanya kamera depan ini, pengguna smartphone pada saat itu sudah bisa mengunggah foto selfie mereka.

Menariknya, kamera depan perangkat ini sudah hadir dengan kamera rotating pop-up. Untuk semakin meningkatkan pengalaman penggunanya, Oppo juga menyematkan fitur LED flash yang bisa membantu penggunanya memotret foto selfie dalam kondisi pencahayaan yang minim. Meski bukan menjadi pelopor hadirnya kamera selfie, kamera selfie Oppo N1 menjadi nilai plus yang dimiliki perangkat ini.

Mulai Produksi Perangkat Kelas Menengah

Saat awal perilisannya di Indonesia, Oppo memang sedang gencar-gencarnya memproduksi produk premium atau flagship. Kemudian, baru di tahun 2015 Oppo mulai serius dalam menghadirkan perangkat smartphone untuk kalangan kelas menengah. Dibandingkan dengan perangkat flagship, produk Oppo kelas menengah ini dijual dengan harga yang lebih ramah kantong.

Meski begitu, bukan berarti Oppo membuat kualitas produk menengah yang asal dan murahan. Sebaliknya, produk kelas menengah Oppo masih hadirkan kualitas yang bagus dengan kesan mewah di dalamnya. Hadirnya perangkat kelas menengah Oppo ini membuat mereknya masuk dalam jajaran smartphone terjangkau dengan spesifikasi mumpuni. Hingga saat ini, Anda pun bisa dengan mudah menemukan smartphone kelas menengah Oppo.

Kenalkan Tagline "Selfie Expert"

"Selfie Expert" menjadi tagline Oppo yang sangat populer hingga saat ini. Terkesan narsis memang, akan tetapi tagline tersebut bukanlah kalimat manis belaka. Dengan mengusung tagline "Selfie Expert", semua perangkat Oppo memang hadir dengan kualitas kamera depan yang mumpuni. Tagline tersebut juga menunjukkan jika Oppo hadir untuk memenuhi kebutuhan kawula muda untuk tetap menjaga eksistensi mereka.

Oppo F1

Oppo seri F1 menjadi salah satu produk Oppo yang paling menonjolkan sektor kamera. Di mana kamera Oppo F1 memiliki kemampuan menangkap cahaya yang lebih banyak dibandingkan dengan kamera merek lainnya di kelas yang sama. Kemampuan menangkap cahaya ini membuat hasil jepretan foto Oppo menjadi lebih baik. Selain kamera, masih ada sektor lainnya yang juga diunggulkan Oppo pada seri ini, yakni desain premium serta spesifikasi lainnya yang tidak kalah mumpuni. 

Sukses Kuasai Pasar di Tahun 2019

Oppo yang begitu konsisten dalam memproduksi perangkat berkualitas membuatnya tidak kesulitan dalam menguasai pasar tanah air. Hal ini terbukti di tahun 2019, di mana Oppo berhasil menduduki peringkat pertama sebagai smartphone terpopuler di Indonesia. Kesuksesan Oppo dalam mengungguli Samsung membuat namanya semakin dikenal serta kualitasnya tidak diragukan lagi. Di sisi lain, kesuksesan ini juga menunjukkan kemampuan Oppo untuk mengungguli merek asal Tiongkok lainnya.

Oppo F11 Pro

Di antara banyaknya tipe Oppo yang telah rilis hingga saat ini, Oppo F11 Pro, F11 Special Online Edition, Oppo A1k, dan Oppo A5s menjadi perangkat yang memiliki nilai penjualan paling besar. Bagi Anda yang juga merupakan pengguna setia dari Oppo, tipe apa saja yang pernah Anda gunakan?

Artikel lain tentang sejarah perusahaan teknologi lainnya yang mungkin Anda akan tertarik untuk membacanya: