blogs - profil & sejarah

Sejarah Sony: Perusahaan Konglomerat Multinasional Terkemuka

10 Dec 17, 2020
Sejarah Sony: Perusahaan Konglomerat Multinasional Terkemuka

Brand Sony tentu sudah tidak asing lagi bagi Anda, bukan? Mengingat perusahaan ini sangat populer di dunia, termasuk Indonesia. Terlebih perusahaan konglomerat multinasional ini telah menjual berbagai macam produk elektronik dengan kualitas yang tak perlu Anda ragukan lagi. Sekalipun produk elektronik Sony lebih menyasar konsumen dalam kalangan kelas menengah ke atas dan profesional.

Kepopuleran Sony juga semakin ditunjang berkat banyaknya sektor industri yang dipilih. Tak hanya fokus pada industri elektronik saja, Sony juga mulai menyasar industri game melalui game konsol PlayStation. Industri hiburan juga disasar oleh Sony melalui perfilman dan musik. Tidak ketinggalan, perusahaan ini juga terjun dalam sektor jasa keuangan melalui perbankan dan asuransi. Seluruh sektor industri yang telah disebutkan di atas selanjutnya tergabung di dalam Sony Group.

Banyaknya sektor industri yang dimiliki Sony membuat perusahaan ini kian populer saja. Sebelum akhirnya menjadi salah satu perusahaan konglomerat yang ternama di dunia, bagaimana sepak terjal Sony dalam bersaing dengan brand lainnya? Jika Anda juga penasaran dengan sejarah berdirinya Sony, yuk simak ceritanya berikut ini.

Awal Mula Didirikan Sony

Akio Morita dan Masaru Ibuka

Aiko Morita dan Masaru Ibuka

Perusahaan yang satu ini awalnya didirikan dengan nama Perusahaan Telekomunikasi Tokyo (Tokyo Telecommunications Engineering Corporation) atau yang disingkat menjadi "Totsuko" pada 7 Mei 1946. Akio Morita dan Masaru Ibuka menjadi dua sosok penting dibalik berdirinya perusahaan konglomerat satu ini. Di awal berdirinya, Sony hanya memiliki karyawan dengan jumlah total kurang lebih 20 karyawan saja. Saat ini, kantor pusat Sony bisa Anda temukan di Jepang, tepatnya Minato, Tokyo.

Selama beberapa tahun, kedua sosok penting ini berusaha mencari opsi nama lainnya yang bisa lebih mudah diucapkan oleh seluruh masyarakat di dunia. Pasalnya, saat berkunjung ke Amerika Serikat, mereka baru menyadari jika nama "Totsuko" terlalu sulit untuk diucapkan. Hal inilah yang mendasari mereka untuk mulai mengganti nama.

Sebelum akhirnya memutuskan untuk menggunakan nama Sony, Akio Morita menggantinya dengan nama "Tokyo Teletech". Sayangnya, kemudian mereka baru menyadari jika nama "Teletech" sudah terlebih dahulu digunakan oleh perusahaan lain yang berasal dari Amerika. Sehingga mereka pun kembali mencari nama pengganti yang pas untuk perusahaannya.

Barulah di tahun 1958, Aiko Morita dan Masaru Ibuka secara gamplang mengenalkan nama perusahaannya, yakni "Sony Corporation". Pemilihan nama ini dianggap lebih mudah dieja oleh masyarakat di berbagai dunia yang memiliki perbedaan bahasa. Keduanya mengklaim jika nama Sony memiliki arti semangat kebebasan dan keterbukaan terhadap inovasi.

Arti Nama Sony

Kata "Sony" merupakan campuran dari dua kata yang berasal dari bahasa berbeda, yakni "sonus" dan "sonny". Kata "sonus" merupakan bahasa latin yang menjadi akar dari kata sonik. Di mana kata ini memiliki artian sebagai bunyi atau suara. Sedangkan kata "sonny" merupakan sebuah istilah yang sangat populer di Amerika pada tahun 1950-an. Istilah populer ini sering digunakan sebagai kata sapaan untuk memanggil anak laki-laki.

Produk Pertama Sony

Rice Cooker Sony 1945

Rice Cooker Sony (1945)

Siapa sangka, produk pertama dari Sony adalah sebuah penanak nasi listrik. Diproduksinya peralatan elektronik ini sebagai sebuah inovasi baru terhadap kemunculan listrik. Di mana Sony bekerja sama dengan perusahaan lain untuk memproduksi sebuah peralatan rumah tangga yang bisa dioperasikan menggunakan listrik. Disinilah penanak nasi listrik menjadi pilihan mereka.

Kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap cara memasak nasi menggunakan peralatan elektronik, membuat penggunaan penanak listrik ini tidak begitu maksimal. Bahkan, banyak dari masyarakat yang malah membuat sebuah bubur terlalu matang atau bahkan gandum yang kurang matang. Alasan inilah yang membuat Sony tidak secara resmi gamblang produk pertamanya ini. Ya, hanya beberapa orang saja yang pada akhirnya bisa mencoba penanak nasi pertama Sony.

Lantas, bagaimana wujud dari penanak nasi listrik dari Sony ini? Yang pasti tidak akan secanggih rice cooker yang sekarang Anda temukan di pasaran!

Produk Populer Sony

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Sony hadir dengan berbagai macam produk populer di beberapa sektor industri. Berikut beberapa produknya yang terbukti sangat populer di pasaran.

Televisi

Sony OLED TV

Produk elektronik yang satu ini menjadi salah satu produk populer Sony yang laku dipasaran. Jajaran TV yang diproduksi Sony bahkan menawarkan aneka fitur canggih. Banyaknya fitur canggih inilah yang membuat masyarakat lebih memilih menggunakan TV Sony dibandingkan dengan merk ternama lainnya. Beberapa fitur canggih yang ditawarkan oleh Sony pada produk Televisinya yakni resolusi Full HD 1080p, konektivitas HDMI, port USB, layar LED Triluminos, Motionflow (memperhalus gerakan) dan masih banyak lagi.

Namun perlu diingat, setiap seri dan tipe TV Sony memiliki fitur dan spesifikasi yang berbeda satu sama lain. Fitur canggih yang telah disebutkan di atas pun hanya bisa Anda temukan pada seri tertentu. Mengingat adanya perbedaan spesifikasi tersebut, harga dari setiap TV Sony juga berbeda. Semakin besar bujet yang Anda keluarkan, Anda bisa mendapatkan kualitas TV yang semakin canggih saja.

Computer

Sony Vaio

Anda tentu sudah tidak asing dengan merk VAIO, kan? Seri komputer yang satu ini merupakan salah satu produk Sony yang juga sangat populer. Nama VAIO merupakan sebuah singkatan dari Visual Audio Intelligent Organizer. Layaknya merk laptop ternama lainnya, VAIO juga bisa Anda temukan dengan berbagai macam seri, mulai dari seri AW, FW, Z, dan masih banyak lagi. Meski begitu, setiap serinya dipastikan memiliki spesifikasi yang tinggi dan memudahkan para pengguna untuk akses berbagai media dan aplikasi berat.

Music Player

Sony Walkman Klasik.jpg

Sony Walkman Klasik

Walkman merupakan produk Sony yang tergabung dalam jajaran musik player. Sebelum akhirnya masyarakat mengenal iPod, Walkman merupakan produk music player yang sangat populer di pasaran, lho. Bahkan, tak sedikit orang yang menyebut Walkman sebagai music player legendaris. Diantara banyaknya seri Walkman yang bisa Anda temukan di pasaran, Walkman X Series menjadi yang paling canggih. Di mana produk satu ini sudah dilengkapi dengan teknologi layar OLED touchscreen serta kapasitas penyimpanan hingga 32 GB.

Game Console

Konsol Sony Playstation

Membahas mengenai produk populer Sony rasanya tidak lengkap jika tak menyebut produk satu ini. PlayStation yang sudah ada sejak tahun 1990 ini bisa disebut sebagai salah satu game console yang paling populer. Bahkan, kehadirannya mampu menyaingi Nintendo dan Xbox yang tak kalah populer. Setiap seri PlayStation yang hadir di pasaran langsung menjadi pusat perhatian dan perbincangan para gamers. Bahkan, kehadiran setiap seri barunya akan selalu dinantikan, seperti halnya apa yang terjadi pada PlayStation 5 baru-baru ini.

Itu tadi beberapa produk Sony yang begitu populer, bukan tidak mungkin jika Anda pernah memiliki salah satu atau bahkan lebih dari daftar produk yang disebutkan di atas. Dengan masuknya Sony dalam Top 20 Semiconductor, kualitas dari setiap produk Sony tak perlu Anda ragukan lagi.