blogs - profil & sejarah

Sejarah Sony PlayStation dari Masa ke Masa

10 Dec 19, 2020
Sejarah Sony PlayStation dari Masa ke Masa

Bagi penggemar game konsol, tentulah sangat akrab dengan produk PlayStation . Perangkat game konsol legendaris yang diusung oleh Sony ini memiliki base pengguna yang sangat luas. Penggemar PlayStation pun tersebar tak hanya di Jepang saja, tetapi juga di berbagai penjuru dunia. Di Indonesia pun, penggemar PlayStation selalu menunggu terobosan terbaru dari Sony. Salah satu produk PlayStation terbaru dari Sony yang paling dinanti-nanti peluncurannya adalah PlayStation 5. Perangkat game favorit Anda ini juga sudah melalui banyak hal sejak kemunculan seri pertamanya. Berikut adalah hal-hal menarik yang perlu Anda ketahui tentang sejarah PlayStation .

Kiprah Sony di Dalam Kancah Dunia Game Konsol

Tidak terbersit di benak Sony Corp. bahwa perusahaan tersebut akan memproduksi game konsol terbarunya. Inovasi yang menjadi cikal-bakal dari PlayStation ini dimulai ketika seorang teknisi Sony yang bernama Ken Kutaragi terinspirasi untuk menciptakan sebuah sound chip gaming yang saat itu diperuntukkan untuk game konsol Nintendo. Walaupun sempat menuai amarah dari sang atasan, chip yang dibuat oleh Ken Kutaragi tersebut dibeli oleh Nintendo. 

Setelah beberapa tahun berselang, Nintendo datang untuk mengajak Sony bekerjasama dalam memproduksi game konsol yang memungkinkan pemain untuk bermain game konsol dalam bentuk CD. Kala itu, Nintendo memang masih menggunakan sistem cartridge untuk memainkan gamenya. Walaupun sempat dilanda keraguan, Sony pun memutuskan untuk menerima ajakan untuk bekerjasama tersebut. Terutama, setelah Ken Kataragi meyakinkan temannya bahwa ia mampu mengerjakan proyek tersebut. Janji yang diucapkan oleh Kataragi pun tidak menjadi isapan jempol saja. Ia berhasil merakit perangkat game konsol Nintendo PlayStation yang memungkinkan pemain untuk memainkan game dalam bentuk cartridge maupun dalam bentuk CD. Pada tahun 1991, Sony memamerkan perangkat Nintendo PlayStation pada ajang Consumer Electronic Shows.

konsol Nintendo-PlayStation

Namun, di hari yang sama, Nintendo justru meneken kerjasama dengan Philips yang menjadi saingan bebuyutan dari Sony. Hal tersebut tentunya membuat Sony berang dan merasa dipermalukan. Terlebih lagi, karena Nintendo menolak pembagian keuntungan antara kedua perusahaan tersebut. Namun, berakhirnya kerjasama antara kedua perusahaan tersebut justru menyalakan tekad Sony untuk meluncurkan perangkat game konsolnya sendiri. 

Walaupun sempat ditentang oleh banyak pihak, Kutaragi, yang saat itu sudah berpindah ke divisi Sony Music mulai mengembangkan perangkat PlayStation. Kerja kerasnya didukung oleh Olah Olaffson yang menjabat sebagai CEO dan presiden dari Sony Interactive Entertainment dan Terry Tokunaka yang kemudian menjabat sebagai presiden SCEI. Pada tahun 1992, Phil Harrison juga menyatakan dukungannya untuk produk playstation Sony. Ia bahkan menyusun strategi agar dapat mencuri hati para developer dan membuat mereka bersedia merancang game yang dapat dimainkan di Playstation.

Perjalanan Playstation dari Masa ke Masa

Dari waktu ke waktu, Sony meluncurkan seri Playstation terbaru. Tentunya, Sony juga menambahkan berbagai inovasi di dalamnya. Berikut adalah ulasan perangkat Playstation dari generasi ke generasi: 

 

  • Playstation 1 (PSX)

konsol psx

 

Setelah melalui proses produksi dan negosiasi yang alot, Sony secara resmi meluncurkan perangkat game konsol PlayStation pertamanya. konsol yang dinamakan Playstation 1 atau PSX ini diluncurkan Sony pada tahun 1990. Game konsol ini hadir dengan fitur compact disc untuk meletakkan dan memutar game-game Playstation. Ini tentunya jadi terobosan yang unik, karena selama ini tidak ada game konsol yang menggunakan sistem serupa. Ditambah lagi dengan media penyimpanan memori sebesar 1MB yang memungkinkan Anda untuk menyimpan progress game yang dimainkan. Ditambah lagi, kualitas grafis dari PSX ini juga terbilang sangat baik di masanya. Aneka game yang dapat dimainkan dengan menggunakan game konsol ini antara lain Final Fantasy, Suikoden, Tekken 3, Harvest Moon, PepsiMen, dan Metal Gear. Di masa debutnya, perangkat Playstation 1 ini dijual dengan harga 39.800 yen.

 

  • Playstation 2

 konsol ps2

Setelah sukses dengan peluncuran Playstation pertamanya, Sony kembali meluncurkan konsol PlayStation 2 di awal tahun 2000. Perangkat game konsol yang berwarna hitam bernuansa elegan ini terlihat lebih garang dibandingkan pendahulunya. Tampilan game konsol ini juga terlihat lebih elegan. Perangkat playstation ini mendapatkan peningkatan dalam hal dapur pacu. PS2 dibekali dengan komponen CPU jenis 64-bit Emotion Engine yang memiliki kecepatan mencapai 299 mHz. Selain itu, playstation ini juga menggunakan perangkat Graphic Synthesizer dengan kecepatan pemrosesan yang mencapai 147 MHz. Sedangkan untuk kapasitas RAM, Anda dapat memperoleh kapasitas hingga mencapai 32 GB dan VRAM sebesar 2 MB. Pengguna playstation ini juga dimanjakan dengan penambahan kapasitas memori yang mencapai 8 MB dan tambahan sistem DVD untuk penyimpanan. Anda tentunya sangat familiar dengan game God of War, Guitar Hero, dan Grand Theft Auto San Andreas yang dapat dimainkan di konsol ini. 

 

  • Playstation 3

 konsol ps3

Enam tahun berselang setelah peluncuran PS2, Sony kembali meluncur dengan perangkat Playstation terbarunya, yaitu PlayStation 3. Walaupun harus bersaing ketat dengan Xbox 360 dan Nintendo Wii, Sony berhasil menunjukkan bahwa perangkat game konsolnya tetap yang terbaik. 

Sony meluncurkan perangkat game konsol ini dalam 2 jenis varian, yaitu Basic dan Premium. Perangkat game konsol tersebut diluncurkan secara resmi pada tanggal 16 Mei di ajang Electronic Entertainment Expo. Untuk media penyimpanan, perangkat playstation ini dibekali dengan hard disk. Sehingga, Anda tidak lagi menggunakan perangkat memory card. Dengan dapur pacu yang semakin canggih, Sony Playstation 3 jadi salah satu perangkat game konsol yang paling dikenang oleh penikmat game.

 

  • Playstation 4

 konsol ps4

Di tahun 2013, Sony secara resmi meluncurkan perangkat playstation terbarunya, yaitu Playstation 4. Perangkat game konsol ini terbilang yang paling populer pada lini Playstation berkat beragam fiturnya yang tangguh. Playstation 4 hadir dengan tipe prosesor APU x86-64 AMD dan kartu grafis yang kabarnya memiliki performa setara dengan Radeon HD 7870 yang biasanya tersematkan di dalam komputer PC gaming. Perangkat ini juga dibekali dengan memori GDDR5 yang mampu menyimpan berbagai macam game konsol dengan leluasa. Playstation ini juga menggunakan harddisk dengan kapasitas sebesar 500 GB yang memungkinkan performa game konsol ini menjadi semakin lancar. Anda dapat memainkan berbagai macam game dengan menggunakan game konsol ini. Beberapa game PS yang paling populer dimainkan di Playstation 4 adalah Call of Duty: Ghost, NBA 24K14, Battlefield 4, Watch Dogs, dan InFamous Second Son. 

 

  • Playstation 5

 konsol ps5

Di tahun 2021, Sony berencana untuk merilis perangkat playstation terbarunya, yaitu PS5. Tampilan playstation ini memang terlihat berbeda dibandingkan seri-seri sebelumnya. PS5 hadir dengan 2 versi, yaitu PS5 Standar dan versi Digital Edition. Dari segi desain, seri Digital Edition memiliki bentuk yang lebih langsing dibandingkan versi standar. Walaupun, dari segi penempatan tombol dan fitur-fitur, sepertinya kedua produk tersebut tidak memiliki perbedaan yang terlalu mencolok. Perangkat ini akan hadir dengan beberapa aksesoris, yaitu DualSense Wireless Controller, HD Camera, Pulse 3D Wireless Headset, DualSense Charging Station, dan Media Remote.

Demikianlah ulasan tentang sejarah playstation. Semoga informasi di atas memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda.