blogs - games

Intip Sejarah Xbox, Konsol Game Besutan Microsoft

10 Dec 25, 2020
Intip Sejarah Xbox, Konsol Game Besutan Microsoft

Sebagai penggemar game konsol, Anda tentu sudah sangat familiar dengan Xbox. Meski kepopulerannya sudah tidak perlu diragukan lagi, tahukah Anda bahwa game konsol ini buatan Microsoft, lho. Dipastikan, beberapa dari Anda baru menyadari atau bahkan baru mengetahui informasi satu ini, bukan? Hal ini menjadi masuk akal, mengingat Microsoft memang lebih populer sebagai pengembang piranti lunak. Lantas, apa yang membuat Microsoft akhirnya terjun ke dunia konsol? Jika Anda juga mempertanyakan hal ini, simak sejarah Xbox dalam ulasan berikut.

Xbox Generasi Pertama

Xbox Generasi Pertama

Munculnya ide pembuatan game konsol didasari oleh empat staf Microsoft, diantaranya yakni Kevin Bachus, Otto Berkes, Ted Base, dan Seamus Blackley. Setelah berhasil membuat Bill Gates yakin, mereka berempat langsung menjadi tim inti pengembang dari Xbox. Tim yang terbentuk pada tahun 1998 ini merancang sebuah konsol game yang memanfaatkan sistem operasi Windows 2000. Pemilih sistem operasi ini bertujuan untuk memudahkan para developer game dalam membuat game untuk Xbox.

Xbox Generasi pertama ini dirilis pada tahun 2001 dengan nama DirectX Box. Nama yang dianggap terlalu panjang dan tak menjual ini akhirnya diubah menjadi "Xbox" yang dianggap lebih mudah diingat. Kemunculan Xbox pertama di pasar game konsol ini langsung membuatnya menjadi pendatang baru mematikan bagi Nintendo dan PlayStation. Mengingat game konsol ini dibuat langsung oleh perusahaan piranti lunak, tidak heran jika performa yang ditawarkan setara dengan sebuah PC, lho. 

Bahkan, tampilan grafis yang dimiliki Xbox juga jauh lebih bagus dibandingkan dengan kedua kompetitornya. Tampilan grafis yang berkualitas tersebut juga ditunjang dengan prosessor 733 MHz Intel Pentium III yang dimiliki. Hal ini semakin menjadi ancaman berat bagi Nintendo dan PlayStation. Terlebih, banyak game populer yang juga bisa dimainkan para gamers di Xbox. Diantaranya seperti Dead or Alive, Halo: Combat Evolved, dan masih banyak lagi.

Xbox Generasi Kedua

Xbox 360

Tahun 2005, Xbox mulai menghadirkan game konsol generasi kedua yang tidak kalah canggih. Dirilisnya produk generasi kedua juga menjadi tanda dari berhentinya proses produksi Xbox generasi pertama. Dirilisnya Xbox 360 sebagai generasi kedua ini menjadi pesaing berat dari Nintendo Wii dan juga PlayStation 3. Ketiga merk game konsol ini akan terus saling bersaing dalam merebut hati para gamers. Nggak heran, jika tanggal perilisan produk baru ketiganya kerap berdekatan.

Tak hanya hadirkan satu versi saja, generasi kedua Xbox ini terdiri dari tiga versi yang bisa Anda pilih, diantaranya yakni Xbox 360, Xbox 360 S, dan terakhir Xbox 360 E. Mengingat ketiga versi tersebut tak dirilis secara bersamaan, spesifikasi dan desain yang diusung ketiganya tentu tidaklah sama persis. Xbox 369 reguler menjadi versi yang pertama kali rilis dan menawarkan aneka game populer.

Beberapa game yang bisa Anda mainkan pada Xbox 369, diantaranya seperti Halo 3, Call of Duty 2, hingga Gears of War. Banyaknya game best seller yang bisa dimainkan pada Xbox 360, membuat game konsol satu ini begitu laris manis di pasaran. Tercatat sebanyak lebih dari 70 juta unit Xbox 360 habis terjual di tahun 2013. Dan pada tahun 2016, Xbox memutuskan untuk tak lagi memproduksi seri game konsol yang satu ini.

Xbox Generasi Ketiga

Xbox One

Generasi ketiga Xbox hadir pada tahun 2013, tepatnya bulan November. Agar produknya bisa tetap unggul dibandingkan dengan PlayStation dan Nintendo, Xbox terus menawarkan fitur yang lebih baru dan lebih canggih. Sebut saja salah satunya yakni adanya fitur berbasis internet, di mana para pengguna Xbox bisa melakukan stream gameplay, merekam aktivitas bermain game, hingga menonton TV. Lebih menariknya lagi, pada generasi ketiga ini Xbox sudah menawarkan pengalaman bermain game dengan resolusi 4K, lho. Bisa dibayangkan, betapa serunya memainkan game dengan konsol satu ini.

Tak hanya unggulkan kualitas grafis saja dan fitur berbasis internet saja, masih banyak fitur unggulan lain yang dihadirkan Xbox pada generasi ketiga ini. Diantaranya seperti aneka fitur multimedia hingga navigasi suaranya yang apik. Jangan ditanya, betapa jernihnya kualitas suara yang ditawarkan Xbox generasi ketiga ini. Desainnya yang cantik semakin menambah deretan keunggulan yang dimiliki. Sama halnya dengan Xbox generasi kedua, generasi kali ini juga hadirkan beberapa versi yang bisa Anda pilih, yakni Xbox One, Xbox One S, serta Xbox One X.

Aneka fitur unggulan yang telah disebutkan di atas, bisa Anda temukan pada keseluruhan versi Xbox generasi ketiga. Beralih pada gamenya, berikut beberapa game populer yang bisa dimainkan pada generasi ini, yakni Red Dead Redemption 2, Apex Legends, The Witcher 3: Wild Hunt, Fortnite, dan lain sebagainya. Meski sudah menawarkan aneka keunggulan dibandingkan kompetitornya, sayangnya masih banyak orang yang menganggap pilihan game di Xbox One ini tak se-eksklusif milik Nintendo dan PlayStation. Namun, bukan berarti Xbox One tak layak jadi pilihan, ya!

Xbox Generasi Keempat

Xbox X Series dan Xbox S Series

Xbox generasi terbaru ini baru saja dirilis beberapa hari yang lalu, tepatnya tanggal 10 November 2020.  Pada generasi keempat ini, Xbox secara langsung merilis dua seri konsolnya, yakni Xbox X Series dan Xbox S Series. Perilisannya di akhir tahun ini berbarengan dengan PlayStation 5 yang juga begitu mencuri perhatian. Tidak heran, jika kedua merk game konsol ternama lagi-lagi harus dibandingkan satu sama lain. Bagi Anda yang sedang mencari sebuah game konsol baru, tentu akan dibuat kebingungan dalam menentukan pilihan. 

Melalui generasi terbaru ini, Microsoft menawarkan performa yang 4X lebih canggih dibandingkan dengan generasi Xbox sebelumnya, lho. Hal ini terlihat dari resolusi gambar yang ditawarkan. Pengguna Xbox Series X nantinya bisa memainkan game dengan resolusi hingga 8K. Sedangkan untuk Xbox Series S yang disebut sebagai versi low-end, masih menawarkan resolusi 4K.

Sebagai versi low-end, bisa dipastikan jika harga Xbox Series S lebih ramah kantong dibandingkan dengan Xbox Series X. Untuk membuat game konsolnya tampak semakin sempurna di mata pengguna, Xbox menawarkan game eksklusif yang lebih banyak pada kedua series terbaru ini. Hal ini juga menjadi strategi Xbox agar bisa bersaing dengan PlayStation 5. 

Terlepas dari sejarah Xbox yang telah dijabarkan di atas, tahukah Anda bahwa game konsol satu ini sempat dianggap sebelah pada oleh banyak pihak. Kendati keberadaannya hanya dianggap sebagai sebuah PC biasa yang memiliki bentuk game konsol. Namun, anggapan buruk dari masyarakat ini tentu hanyalah angin lalu. Sebaliknya, hingga saat ini Xbox menjadi salah satu game konsol yang sangat populer. Bahkan, banyak gamers yang kerap memasukkannya dalam daftar list game konsol incarannya.

Tak hanya populer sebagai merk game konsol ternama, Xbox juga kini sudah menghadirkan layanan online dan marketplace, lho. Layanan ini akan sangat memudahkan para pengguna Xbox dalam membeli game atau hal lainnya yang berhubungan dengan game. Sebagai pengguna Xbox, pastikan Anda menyempatkan waktu untuk mengunjungi layanan onlinenya, ya.