blogs - profil & sejarah

Intip Sejarah Xiaomi, Merk Smartphone Murah Terpopuler Saat Ini

10 Nov 24, 2020
Intip Sejarah Xiaomi, Merk Smartphone Murah Terpopuler Saat Ini

Mendengar kata smartphone murah, tentu yang terlintas di benak Anda adalah merk Xiaomi, kan? Bisa dibilang Xiaomi merupakan merk smartphone yang paling populer di Indonesia hingga saat ini. Khususnya bagi para pemburu smartphone canggih dengan harga yang terjangkau. Kepopuleran Xiaomi terlihat dari banyaknya pengguna smartphone yang lebih memilih menggunakan Xiaomi dibandingkan dengan merk perangkat lainnya. Bahkan, produk terbaru yang dirilis vendor asal China ini kerap menjadi perbincangan hangat, lho.

Meski kerap menawarkan produk dengan harga yang terjangkau dan ramah kantong, bukan berarti kualitas dari Xiaomi kalah dibandingkan dengan kompetitor lainnya. Hal inilah yang membuat produk Xiaomi tak luput dari perhatian banyak orang. Sebelum akhirnya sepopuler saat ini, yuk intip sejarah Xiaomi dari awal kemunculannya hingga saat ini.

Didirikan Tahun 2010

Lei Jun

Pada awal kemunculannya di tahun 2010 lalu, Xiaomi bukanlah perusahaan yang memproduksi sebuah smartphone. Perusahaan yang didirikan oleh Lei Jun ini merupakan perusahaan software yang memproduksi custom ROM baru. Tak hanya itu, Xiaomi juga menawarkan user interface yang lebih nyaman digunakan oleh pengguna Android, yakni user interface MIUI. Kedua software yang ditawarkan Xiaomi tersebut begitu populer dan telah digunakan oleh berbagai macam perangkat.

Sebelum akhirnya populer dengan nama Xiaomi, perusahaan asal China ini awalnya memiliki nama Dami. Nama yang berasal dari bahasa Tiongkok ini memiliki arti padi besar. Lei Jun sebagai pendirinya lalu merasa bahwa nama tersebut terlalu berlebihan. Dia lantas merubah nama perusahaannya menjadi Xiaomi agar terlihat lebih rendah hati. Berbanding terbalik dengan arti Dami, Xiaomi memiliki arti beras kecil. 

Kepopuleran ROM Xiaomi bukanlah tanpa alasan, software buatan Xiaomi ini bahkan diklaim setara dengan Apple iOS, yang begitu nyaman dalam penggunaannya. Tidak hanya itu saja, adanya layanan backup serta munculnya toko aplikasi sendiri juga menjadi daya tarik dari ROM Xiaomi. Kedua alasan itulah yang menjadi alasan utama kepopuleran dari ROM Xiaomi.

Diawal kemunculannya, perusahaan satu ini sudah memiliki pendukung yang terbilang kuat. Mengingat adanya beberapa investor ternama yang telah menanam modal. Diantaranya yakni perusahaan prosesor Qualcomm dan perusahaan Temasek. Tidak heran, jika Xiaomi tak kesulitan dalam bersaing di pasar smartphone.

Masuk dalam Bisnis Smartphone

Smartphone Xiaomi

Barulah di tahun 2011, Xiaomi tak hanya memproduksi software, namun juga mulai meramaikan pasar smartphone di dunia. Mi One, menjadi produk Xiaomi yang pertama kali rilis. Layaknya smartphone Xiaomi yang beredar saat ini, di awal kemunculannya, Mi One menawarkan spesifikasi yang unggul namun dengan harga yang ramah kantong. Formula yang diterapkan sejak awal inilah yang menjadi kunci dari kesuksesan Xiaomi hingga saat ini.

Tidak butuh waktu lama bagi Xiaomi untuk mampu bersaing dengan merk smartphone yang sebelumnya sudah ada. Bahkan, di tahun 2013 Xiaomi sudah mendapatkan keuntungan hingga USD 5 miliar, lho. Sebuah keuntungan yang sangat besar untuk sebuah merek yang baru saja masuk dalam bisnis smartphone.

Mengingat user interface yang ditawarkan serupa dengan produk Apple iOS, beberapa orang menyebut Xiaomi dengan julukan "Apple-nya China". Munculnya julukan ini juga ditunjang berkat banyaknya pengguna Xiaomi yang sangat loyal. Bahkan, tingkat keloyalan pengguna Xiaomi hampir serupa dengan para Apple Fanboy. Apa mungkin, Anda termasuk pengguna smartphone yang loyal dengan Xiaomi?

Strategi Penjualan Xiaomi

Setiap kali merilis tipe smartphone baru, Xiaomi kerap menjualnya secara online. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa kemunculan produk terbaru Xiaomi kerap laris manis di pasaran. Bahkan, tak heran jika produk terbaru Xiaomi habis terjual di awal perilisannya. Tercatat di tahun 2013 lalu Xiaomi bahkan telah menjual 18.7 juta unit smartphone, lho. Penjualannya yang sangat drastis ini membuatnya berhasil menguasai pasar smartphone di Tiongkok sebagai urutan nomor satu. Sedangkan di mata dunia, Xiaomi berhasil menduduki urutan ke-3 di tahun 2014, setelah Samsung dan juga Apple.

Selain mengandalkan penjualan berbasis online, harganya yang murah juga menjadi salah satu strategi utama Xiaomi sehingga bisa menguasai pasar smartphone. Pihaknya mengklaim bahwa harga murah yang ditawarkan pada produknya dikarenakan Xiaomi memilih untuk mendapatkan keuntungan yang lebih sedikit. Bahkan, keuntungan yang didapatkan oleh Xiaomi dari setiap produknya rata-rata hanya mencapai 5%. Berdasarkan strategi ini, menjadi tidak heran jika Xiaomi menawarkan smartphone berspesifikasi canggih dengan setengah harga.

Lakukan Ekspansi Internasional

Mengingat dirinya sudah sangat sukses di pasar smartphone China, Xiaomi tak ragu untuk mulai menyasar konsumen mancanegara. Asia Tenggara menjadi salah satu kawasan utama yang disasar oleh Xiaomi untuk memasarkan produknya. Di sini masyarakat Indonesia juga telah menjadi sasaran dari Xiaomi. Sebagai langkah awal, Xiaomi kemudian mendirikan kantor di Singapura pada tahun 2014 lalu.

Secara resmi, berbagai seri dan tipe produk Xiaomi mulai dijual di pasar Singapura, diantaranya seperti Mi3 dan Redmi. Hanya butuh hitungan menit saja, produk Xiaomi bisa langsung ludes di pasar Singapura. Hal ini membuat Xiaomi semakin percaya diri untuk memperluas jangkauan distribusinya. Setelah merasa sukses di Singapura, Xiaomi akhirnya memutuskan untuk memasuki pasar smartphone Indonesia dan Malaysia.

Hingga akhirnya pada tahun 2017, Xiaomi telah memasarkan produknya di lebih dari 70 negara dan berhasil menjadi merk smartphone global. Bahkan, dengan mudahnya Xiaomi bisa menduduki urutan ke-1 sebagai smartphone tersebar di India, lho. Hal ini merupakan sebuah pencapaian yang besar, mengingat India termasuk pasar smartphone terbesar di dunia.

Xiaomi di Indonesia

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Xiaomi pada akhirnya masuk ke pasar smartphone di Indonesia setelah sukses di Singapura. Langkah awal Xiaomi di Indonesia pada tahun 2014 begitu disambut baik oleh pengguna smartphone dan mendapat banyak perhatian. Bahkan, hingga akhir tahun 2019 kemarin, Xiaomi telah memproduksi lebih dari 10 juta unit smartphone di Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa penggemar Xiaomi di Indonesia jumlahnya sangatlah banyak. Tercatat lebih dari 1.8 juga penduduk Indonesia bahkan sudah bergabung dalam Mi Community.

Tak Hanya Memproduksi Smartphone

TV Xiaomi

Anda salah besar jika beranggapan Xiaomi hanya fokus pada produk smartphonenya saja. Terlepas dari kepopuleran nama Xiaomi di pasar smartphone dunia, perusahaan yang satu ini juga memproduksi berbagai macam produk keren lainnya, lho. Mulai dari perangkat elektronik hingga produk olahraga. Sehingga jangan heran, jika Anda kerap menemukan brand Xiaomi saat membeli aneka kebutuhan rumah tangga.

Beberapa produk lainnya yang telah diproduksi Xiaomi diantaranya seperti Televisi, Air Purifier, Water Purifier, Timbangan, Rice Cooker, hingga sepeda listrik. Keseluruhan produk yang telah dijual oleh Xiaomi tersebut juga mengusung formula yang tak jauh berbeda dengan produk smartphonenya. Di mana Xiaomi menjual produk berspesifikasi unggul namun dengan harga yang terjangkau. Dengan kata lain, jangan ragu untuk membeli produk Xiaomi lainnya untuk memudahkan aktivitas harian Anda, ya.