blogs - media sosial

Selamat Tinggal Periscope, Selamat Datang Squad!

10 Dec 26, 2020
Selamat Tinggal Periscope, Selamat Datang Squad!

Beberapa hari lalu muncul konfirmasi resmi dari Twitter melalui blog mereka bahwa mulai bulan Maret 2021 mendatang, aplikasi video yang selama ini digunakan, yaitu Periscope akan berhenti beroperasi. Alasannya cukup beragam dan salah satunya adalah karena Periscope dirasa kurang begitu dapat bertarung dengan baik melawan aplikasi-aplikasi video lain yang sekarang ini banyak bermunculan.

Akan tetapi belum ada satu bulan sejak pemberitahuan bahwa Twitter akan menurunkan Periscope dari platform mereka serta menariknya dari Apple App Store serta Google Play Store, ada kabar bahwa jejaring sosial berlogo burung biru tersebut sudah mempersiapkan penggantinya yang bernama Squad.

Squad App

Squad merupakan startup berbagi video seperti Zoom atau Google Meet yang baru saja diakuisisi oleh Twitter. Aplikasi Squad sendiri sekarang ini sudah tidak dapat lagi setelah satu hari akuisisi terjadi. Bahkan pengakuisisian Squad oleh Twitter juga ditwitkan oleh akun resmi Squad pada tanggal 11 Desember 2020 kemarin.

“Kita telah diakuisisi oleh Twitter! Tim kita sangat senang atas semua hal yang kita pelajari seperti tentang audio dan komunikasi video dan akan kita bawa ke platform ini. Terima kasih atas dukungan kalian semua dan menjadi bagian dari perjalanan kita. Kita mematikan Squad app pada tanggal 12 Desember dan secara langsung kita akan melakukan transisi ke Twitter. Tolong beritahukan teman Anda dan bagikan kabar ini,”

Lantas apa kira-kira keuntungan Twitter mengakuisisi Squad dan menurunkan Periscope? Pada dasarnya, kedua aplikasi tersebut walaupun sama-sama berbasis video, akan tetapi berbeda dalam fungsi dan penggunaannya.

Periscope lebih condong ke aplikasi video dengan durasi pendek seperti halnya TikTok ataupun story pada Instagram, sedangkan Squad sendiri lebih berjalan pada konsep seperti halnya Zoom ataupun Google Meet.

Twitter diperkirakan memandang bahwa di era seperti sekarang, maka banyak orang yang akan memanfaatkan platform video conference seperti itu agar menghemat waktu, biaya dan tempat. Oleh karena itu mereka rela menurunkan Periscope dan fokus pada Squad sebagai penggantinya.