blogs - gawai

Setelah Apple, Samsung Juga Tidak Ikut Sertakan Charger dalam Box Produk Smartphonenya

10 Dec 18, 2020
Setelah Apple, Samsung Juga Tidak Ikut Sertakan Charger dalam Box Produk Smartphonenya

Sesaat setelah Apple merilis produk smartphone terbarunya, iPhone 12 series, banyak yang langsung kecewa karena perusahaan Cupertino tersebut ternyata tidak mengikutsertakan charger di dalam box produk smartphone mereka tersebut. Charger untuk iPhone 12 series tersebut dijual terpisah dan membuat banyak orang harus mengeluarkan uang tambahan untuk membelinya.

Salah satu alasan kenapa Apple menjual iPhone 12 series tersebut tanpa charger dalam box pembeliannya karena ingin mengurangi dampak pencemaran terhadap lingkungan. Memang terkesan klise dan tidak masuk akal, akan tetapi Apple sudah memutuskan untuk melakukan hal ini mulai dari dirilisnya iPhone 12 series.

Uniknya, sempat melakukan sindiran melalui akun jejaring sosial resminya terkait dengan keputusan Apple meniadakan charger dalam box produk smartphonenya, ternyata ada kabar bahwa Samsung akan meniru langkah perusahaan saingannya itu. 

Menurut sebuah laporan dari website teknologi dari Brasil, Technoblog, mengungkapkan bahwa Samsung akan meniadakan charger di dalam box produk smartphonenya nanti. Hanya saja, hal tersebut hanya untuk produk-produk smartphone kelas flagship saja, seperti Samsung Galaxy S21 series salah satu contohnya.

Dalam laporan tersebut, pihak Technoblog meneliti sertifikasi yang dikirimkan Samsung ke pihak ANATEL di Brazil terkait dengan beberapa produk flagship terbaru mereka yang akan dirilis pada tahun 2021. Dalam sertifikasi tersebut, dicatatkan secara resmi apa saja nantinya yang akan ada di dalam box produk, hanya saja tidak ada keterangan mengenai charger di dalamnya. Oleh karena itu, pihak Technoblog kemudian menyimpulkan bahwa ada kemungkinan Samsung bakal mengikuti langkah Apple Inc untuk meniadakan charger untuk produk smartphone flagshipnya nanti.

Bahkan tidak hanya dari laporan Technoblog saja, ada laporan yang sama dari sebuah media Korea Selatan, ETNews, yang mengatakan bahwa kemungkinan besar bahwa Samsung tidak akan mengikutisertakan charger dalam paket pembelian produk smartphonenya. Hal tersebut dikarenakan rata-rata smartphone besutan Samsung memiliki bentuk charger yang sama, maka pengguna masih dapat memakai model sebelumnya. 

Selain alasan tersebut, Samsung juga ingin mereduksi biaya pembuatan yang akan berimbas pada harga produk. Dengan ditiadakannya charger, maka ada kemungkinan harga smartphone-smartphone flagship Samsung akan lebih murah dibandingkan sebelumnya.