ACCESSTRADE Indonesia

Simak Skill Digital Marketing yang Wajib Dimiliki di Era Ini

Admin
others Sep 02, 2020

Skill merupakan hal yang wajib dimiliki oleh setiap orang. Semakin banyak skill yang Anda miliki, membuat value dari diri Anda semakin tinggi. Skill Digital Marketing menjadi salah satu skill yang wajib dikuasai oleh kaum milenial yang hidup di zaman serba online ini. Terlebih bagi Anda yang juga memiliki keinginan untuk membangun sebuah bisnis maupun toko online. Sesuai dengan namanya, skill satu ini akan membuat Anda dapat menguasai teknik pemasaran atau marketing menggunakan media online. Baik itu sosial media, maupun media online lainnya.

Dengan menguasai skill satu ini, Anda bisa dengan mudah mengenalkan bisnis Anda pada jangkauan masyarakat yang luas. Bukan tidak mungkin, Anda pun bisa menyasar masyarakat lintas pulau hingga lintas negara sekalipun. Tak hanya dibutuhkan oleh bisnis berskala besar saja, skill ini juga dibutuhkan bagi Anda yang sedang membangun bisnis berskala kecil. Hal inilah yang membuat skill Digital Marketing wajib dikuasai dengan baik. 

Seseorang yang telah menguasai skill Digital Marketing akan disebut sebagai Digital Marketer. Bagi Anda yang ingin menjadi seorang Digital Marketer, yuk simak skill Digital Marketing yang wajib dimiliki di era ini.

Daftar Isi

Website Marketing

Website menjadi salah satu media yang tepat untuk mengenalkan bisnis Anda. Melalui website, Anda bisa memberikan informasi secara mendetail mengenai apa, siapa, dan bagaimana bisnis Anda. Proses pembuatan website tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit, sehingga akan sangat disayangkan jika website Anda nantinya hanya tampak biasa saja dan tidak menarik perhatian.

Disinilah peran seorang Digital Marketer sangatlah penting, di mana Anda harus mengetahui bagaimana teknik untuk membuat landing page, copywriting, hingga template yang paling sesuai untuk menggambarkan bisnis. Semakin menarik website yang Anda miliki, konsumen akan semakin betah mengunjungi website Anda.

SEO (Search Engine Optimization)

Setelah memastikan bahwa tampilan hingga konten yang ada di website begitu menarik, kini saatnya seorang Digital Marketer memikirkan bagaimana cara untuk meningkatkan jumlah kunjungan website. Hal tersebut bisa Anda lakukan dengan  menggunakan teknik SEO. Melalui teknik satu ini, Anda bisa membuat laman website berada di halaman pencarian teratas Google. Secara tidak langsung, nantinya akan banyak konsumen yang mulai mengunjungi situs website Anda. Jika ingin website Anda berada dalam laman pencarian teratas, tentu akan sulit jika Anda tidak menerapkan teknik satu ini.

SEM (Search Engine Marketing)

Jika SEO bagi Anda terasa sulit untuk dipraktekkan, Anda bisa membuat website muncul di halaman teratas melalui SEM. Melalui strategi satu ini, Anda selaku Digital Marketer perlu membayar biaya kepada Google Ads untuk setiap klik dari konsumen. Agar biaya yang Anda keluarkan nanti tidak sia-sia dan dapat lebih maksimal, pastikan Anda mempelajari SEM dengan baik. Dengan begitu, biaya yang Anda keluarkan akan sebanding dengan meningkatnya jumlah konsumen.

SMM (Social Media Marketing)

Seorang Digital Marketer juga harus memiliki kemampuan SSM yang baik untuk mengelola konten dan iklan di media sosial. Membuat konten yang menarik saja tentu tidaklah cukup. Anda perlu memanfaatkan iklan di sosial media untuk menjangkau konsumen dengan jumlah yang lebih banyak. Setidaknya, Digital Marketer harus dapat mempraktekkan Facebook Ads dan Instagram Ads. Meski harus mengeluarkan biaya untuk pemasangan iklan, namun Anda bisa mendapatkan keuntungan dan jumlah konsumen yang lebih banyak.

Display Advertiser

Saat mengunjungi sebuah website, tentu Anda sering melihat display banner, bukan? Strategi yang satu ini bisa Anda manfaatkan jika menawarkan sebuah promosi atau menawarkan produk baru. Dengan memasang iklan yang nantinya akan terpasang di situs website lain, jumlah kunjungan dalam website Anda secara otomatis juga akan semakin meningkat. Pemasangan Display Advertiser ini juga memerlukan biaya. Umumnya, biaya akan diberlakukan untuk setiap klik atau view.

Funneling Marketing

Strategi satu ini juga harus diterapkan oleh setiap Digital Marketer. Di mana Anda harus dapat mengintegrasikan setiap media yang dimiliki. Tidak hanya itu saja, sebagai Digital Marketer Anda juga harus memiliki strategi Funneling Marketing bersama divisi marketing lainnya. Semakin tepat rancangan Funneling Marketing yang dibuat, akan membuat proses pemasaran produk semakin maksimal saja. Secara tidak langsung, hal ini juga akan berdampak pada meningkatnya konsumen dan penjualan bisnis Anda.

Meningkatkan skill Digital Marketing kini juga semakin mudah saja. Anda bisa berpartisipasi dalam sebuah pelatihan khusus. Bahkan, kini sudah banyak pelatihan Digital Marketing yang diadakan secara online. Sehingga Anda pun bisa mengasah skill dari rumah sesuai dengan waktu yang Anda miliki. Menariknya lagi, tidak sedikit pelatihan Digital Marketing yang diadakan secara gratis, lho. Tunggu apalagi, segera asah skill Digital Marketing dan daftarkan diri pada pelatihan pilihan Anda.

Artikel Terkait
how to
Tanpa modal, tapi bisa hasilkan komisi sampai 70%. Memang bisa? Syaratnya, cukup dengan ikuti cara daftar afiliasi Niagahoster dan jadi mitra dalam program tersebut, maka Kamu bisa ambil komisinya.
Sep 28, 2022
how to
Siapa bilang ibu rumah tangga tidak bisa menjajal menjadi affiliate marketer atau afiliator? Sekarang ini teknologi khususnya dunia digital sedang trend dengan dunia pemasaran afiliasi. Lantaran, program pemasaran afiliasi ini begitu menggiurkan.
Sep 28, 2022
affiliate marketing
Untungnya saat ini teknologi internet sudah berkembang begitu juga cara pemasaran dengan online. Nah, sebelum bergabung Kamu perlu mengetahui apa yang dimaksud dengan program afiliasi marketing, cara kerjanya,hingga apa saja keuntungannya.
Sep 28, 2022
affiliate marketing
Jika Kamu tergiur mencoba bisnis afiliasi marketing karena komisi yang didapat dan minim modal, Kamu perlu memahami apa itu pengertian afiliasi marketing. Pasalnya, bisnis afiliasi marketing yang sedang trend ini tidak hanya sebatas komisi saja.
Sep 27, 2022
affiliate marketing
Siapa yang mau menambah pundi-pundi uang? Jika Kamu salah satunya, maka mencoba pekerjaan afiliator bisa jadi jawabannya. Sebab, pekerjaan afiliator ini menjadi daya tarik tersendiri dan tantangan buat anak muda.
Sep 26, 2022
how to
Gemar desain? Ingin punya uang tambahan? Caranya gampang, Kamu bisa dapat uang jajan tambahan lewat aplikasi Canva ! Cukup dengan daftar afiliasi Canva yang mudah, Kamu bisa memperoleh penghasilan yang cukup lumayan.
Sep 25, 2022