blogs - gawai

Deret Smartphone dengan Layar yang Miliki Refresh Rate 120Hz

10 Dec 29, 2020
Deret Smartphone dengan Layar yang Miliki Refresh Rate 120Hz

Perlombaan antar-vendor untuk menciptakan smartphone-smartphone yang memiliki layar hebat nampaknya semakin sengit terjadi pada tahun 2020. Ada banyak produk mobile yang menggunakan jenis layar berkualitas tinggi mulai dari OLED, AMOLED sampai dengan Super AMOLED atau juga Dynamic AMOLED.

Hanya saja, walaupun jenis layarnya bagus, akan tetapi tidak semua support dengan refresh rate 120Hz. Rata-rata berhenti pada refresh rate 90Hz. Kenapa refresh rate 120Hz lebih bagus daripada yang 90Hz, karena ketika digunakan untuk bermain game atau mengoperasikan aplikasi lain yang membutuhkan banyak sentuhan seperti menggambar dan sejenisnya, maka layar dengan refresh rate 120Hz lebih mudah dioperasikan dan tanpa ada lag atau jeda sepersekian detik.

Nah, berikut ini adalah beberapa produk mobile yang sudah dirilis ke pasaran dengan layar yang support refresh rate 120Hz.

Poco X2 dan Poco X3

Poco X2 dan Poco X3

Poco X2 dan Poco X3 adalah smartphone dengan layar yang dirilis di tahun 2020. Walaupun kedua perangkat mobile ini masih menggunakan jenis layar IPS LCD, akan tetapi keduanya sudah support refresh rate 120Hz. Untuk ukuran layarnya, baik Poco X2 ataupun X3 memiliki layar sebesar 6,67 inci dengan resolusi 1080 x 2400 pixels. Perbedaan pada sisi layar dari kedua produk tersebut adalah dari desainnya. Poco X2 menggunakan model double punch hole yang diletakkan di atas sebelah kanan, sedangkan Poco X3 memakai single punch hole yang terletak tepat di atas tengah.

OnePlus 8T, OnePlus 8T+ dan OnePlus 8 Pro

OnePlus 8T, OnePlus 8T+, dan OnePlus 8 Pro

Sama-sama dirilis pada tahun 2020, OnePlus 8T, OnePlus 8T+ dan OnePlus 8 Pro juga merupakan produk smartphone yang layarnya support dengan refresh rate 120Hz. Kesemuanya menggunakan jenis layar Fluid AMOLED yang dapat menampilkan 1 miliar warna di mana kebanyakan masih berada di kisaran 16 juta warna saja. Dari ketiganya, hanya OnePlus 8T dan OnePlus 8T+ saja yang memiliki spesifikasi layar yang sama, mulai dari ukuran sampai resolusinya, sedangkan OnePlus 8 Pro memiliki layar berukuran lebih besar dengan resolusi yang lebih tinggi dari kedua model lainnya.

Realme X3 dan Realme X3 SuperZoom

Realme X3 dan Realme X3 SuperZoom

Produk Realme seri X3 ini juga masuk dalam daftar smartphone dengan layar yang support refresh rate 120Hz. Keduanya menggunakan jenis layar IPS LCD berukuran 6,6 inci serta memiliki resolusi 1080 x 2400 pixels. Bahkan tingkat density dan rasio screen-to-body yang dimiliki kedua produk tersebut juga identik. Untuk perlindungan layarnya, Realme telah memasangkan teknologi Corning pada Realme X3 dan Realme X3 SuperZoom ini yaitu Corning Gorilla Glass 5.

Samsung galaxy S20 series dan Samsung Galaxy Note20 series

Samsung galaxy S20 series dan Samsung Galaxy Note20 series

Di tahun 2020 ini, ada banyak produk mobile kelas flagship yang dirilis Samsung. Produk-produk tersebut antara lain Samsung galaxy S20 series dan Samsung Galaxy Note20 series. Dikarenakan masuk kategori flagship, maka sudah barang tentu apapun yang dimiliki, termasuk dengan layarnya sangat berkualitas. Layar dari semua seri, baik Samsung galaxy S20 series dan Samsung Galaxy Note20 series, menggunakan jenis di atas Super AMOLED biasa dan support dengan refresh rate 120Hz. Layarnya pun juga rata-rata sudah dilengkapi dengan beragam fitur menarik serta terlindungi dengan Corning Gorilla Glass 6.

Xiaomi Mi 10T series

Xiaomi Mi 10T series

Seperti halnya Samsung galaxy S20 series dan Samsung Galaxy Note20 series atau seri flagship dari vendor lain, Xiaomi juga memiliki produk dengan layar bagus yaitu yang dipakai oleh semua seri Mi 10T. Bahkan tidak hanya tanggung di 120Hz, semua seri di Mi 10T ini support refresh rate 144Hz. Untuk jenis layarnya cukup beragam dan rata-rata adalah LCD dengan ukuran 6,67 inci FHD+. Ketika digunakan untuk bermain game dengan grafis tinggi ataupun menonton film dengan resolusi di atas 4K, layarnya masih cukup mampu mengatasinya.

Oppo Find X2 dan Oppo Find X2 Pro

Oppo Find X2 dan Oppo Find X2 Pro

Dua produk mobile kelas flagship dari Oppo, yaitu Oppo Find X2 dan Oppo Find X2 Pro juga dilengkapi dengan layar yang sangat bagus kualitasnya. Keduanya menggunakan jenis layar AMOLED yang mampu menampilkan sampai 1 miliar warna dan support teknologi HDR10+. Tidak hanya itu saja, layarnya juga support refresh rate 120Hz QHD+ Ultra Vision serta terlindungi dengan Corning Gorilla Glass 6. 

Asus ROG Phone 3

Asus ROG Phone 3

Tentu saja, Asus ROG Phone 3 juga masuk dalam daftar smartphone dengan layar yang berkualitas. Bahkan tidak hanya sampai 120Hz saja, refresh rate layarnya mencapai 144Hz. Lebih tinggi dibandingkan dengan refresh rate dari Black Shark 3 Pro yang hanya mencapai 90Hz. Asus ROG Phone 3 ini merupakan gaming phone yang membutuhkan kelancaran dalam pengoperasian layarnya dan refresh rate sebesar itu sudah sangat membantu para gamer dalam beraktivitas.

ZTE Nubia Red Magic 5G

ZTE Nubia Red Magic 5G

Seperti halnya Asus ROG Phone 3, ZTE Nubia Red Magic 5G juga merupakan gaming phone yang refresh rate layarnya mencapai 144Hz. Ditambah dengan jenis layar AMOLED berukuran 6,65 inci, dan berdesain bezel-less tanpa notch apapun di atasnya, maka gamer akan semakin leluasa ketika bermain menggunakan perangkat tersebut. Hanya saja, tingkat density yang dimiliki ZTE Nubia Red Magic 5G sedikit di bawah Asus ROG Phone 3, yaitu hanya 388 ppi.