ACCESSTRADE Indonesia

Smartphone dengan Resolusi Lensa Besar Sudah Tentu Hasilkan Foto Berkualitas, Benarkah?

Admin
others Nov 24, 2020

Saat ini, banyak vendor mobile dunia yang tidak hanya bersaing dengan mengeluarkan produk smartphone yang dilengkapi layar bagus, desain cantik, mesin andal sampai dengan baterai besar, melainkan juga mempersenjatai produknya itu dengan fitur lensa kamera yang memiliki resolusi besar.

Dari awalnya yang hanya beresolusi setingkat VGA kemudian masuk ke era PureView seperti  yang ditawarkan Nokia dengan Nokia 808 PureView-nya sampai dengan sekarang ini, yaitu smartphone dengan lensa mulai dari 48MP, 64MP hingga 108MP. Semua diciptakan untuk dapat memberikan keleluasan dan kepuasan terhadap para pengguna produk dalam melakukan aktivitas fotografi.

Hanya saja, benarkah dengan semakin tinggi resolusi lensa kamera pada smartphone itu memiliki artian bahwa hasil foto atau video yang didapatkan juga sangat bagus atau berkualitas? Berikut jawabannya.

Sebuah gambar atau foto terdiri dari titik-titik visual informasi yang dikenal dengan nama pixels. Dan di atas kertas, memang terkesan bahwa jumlah megapiksel yang lebih besar akan menghasilkan foto yang baik atau setidaknya memiliki fleksibilitas yang lebih besar dan tidak pecah ketika diperbesar. Hanya saja, pemikiran tersebut tidak benar karena yang menjadi tolak ukur bagus tidaknya sebuah hasil foto adalah pada sensor lensa, bukan pada besaran megapikselnya.

Dengan sensor yang baik, maka kemungkinan untuk menangkap noise akan lebih rendah dan juga dapat secara cepat mengunci serta mengabadikan momen atau suatu objek, walaupun di tempat yang minim cahaya. 

Banyak vendor mobile dunia yang sangat membanggakan produk smartphonenya yang dilengkapi dengan lensa beresolusi besar. Tapi pada kenyataannya, sensor lensa yang digunakan adalah sama, yaitu 12MP yang menggunakan pixel binning untuk membagi setiap piksel menjadi rasio 9:1 agar dapat mencapai besaran resolusi yang diinginkan. Jadi dapat dikatakan, besaran piksel tersebut tergantung dari software di dalam perangkat, bukan asli dari lensanya.

Oleh karena itu kenapa dalam setiap penjelasan oleh vendor-vendor mobile tersebut akan fitur kamera pada produknya akan mengatakan bahwa ketika digunakan di tempat yang minim cahaya atau saat malam hari, maka maksimal resolusi yang dipakai adalah 12MP bukannya yang di atas itu. Hal tersebut disebabkan software untuk pixel binningnya akan bekerja ekstra keras untuk dapat mengumpulkan dan menangkap cahaya yang masuk, mengeluarkan dan meminimalisir noise sampai dengan menata setiap piksel untuk dijadikan gambar.

Itu juga menjadi satu alasan kenapa sampai sekarang ketika banyak vendor mobile dunia berlomba-lomba melengkapi produk smartphone terbarunya dengan kamera utama yang miliki resolusi besar, Apple sebagai produsen iPhone tetap memakai kamera dengan resolusi 12MP. Dan saat diujicobakan kualitas dan ketajamannya, hasil yang didapatkan dari lensa kamera iPhone lebih bagus, terang dan detail dibandingkan dengan lensa kamera smartphone lainnya.

Jadi pada intinya adalah lensa kamera smartphone dengan resolusi besar tidak dapat dijadikan acuan bahwa nantinya akan dapat menghasilkan foto bagus dan berkualitas. Hal itu dikarenakan yang berperan utama dalam bagus atau berkualitas tidaknya sebuah foto itu adalah sensor bukan resolusi lensanya.

Artikel Terkait
how to
Tanpa modal, tapi bisa hasilkan komisi sampai 70%. Memang bisa? Syaratnya, cukup dengan ikuti cara daftar afiliasi Niagahoster dan jadi mitra dalam program tersebut, maka Kamu bisa ambil komisinya.
Sep 28, 2022
how to
Siapa bilang ibu rumah tangga tidak bisa menjajal menjadi affiliate marketer atau afiliator? Sekarang ini teknologi khususnya dunia digital sedang trend dengan dunia pemasaran afiliasi. Lantaran, program pemasaran afiliasi ini begitu menggiurkan.
Sep 28, 2022
affiliate marketing
Untungnya saat ini teknologi internet sudah berkembang begitu juga cara pemasaran dengan online. Nah, sebelum bergabung Kamu perlu mengetahui apa yang dimaksud dengan program afiliasi marketing, cara kerjanya,hingga apa saja keuntungannya.
Sep 28, 2022
affiliate marketing
Jika Kamu tergiur mencoba bisnis afiliasi marketing karena komisi yang didapat dan minim modal, Kamu perlu memahami apa itu pengertian afiliasi marketing. Pasalnya, bisnis afiliasi marketing yang sedang trend ini tidak hanya sebatas komisi saja.
Sep 27, 2022
affiliate marketing
Siapa yang mau menambah pundi-pundi uang? Jika Kamu salah satunya, maka mencoba pekerjaan afiliator bisa jadi jawabannya. Sebab, pekerjaan afiliator ini menjadi daya tarik tersendiri dan tantangan buat anak muda.
Sep 26, 2022
how to
Gemar desain? Ingin punya uang tambahan? Caranya gampang, Kamu bisa dapat uang jajan tambahan lewat aplikasi Canva ! Cukup dengan daftar afiliasi Canva yang mudah, Kamu bisa memperoleh penghasilan yang cukup lumayan.
Sep 25, 2022