blogs - media sosial

Langkah Ciptakan Content Plan untuk Social Media Marketing

10 Sep 21, 2020
Langkah Ciptakan Content Plan untuk Social Media Marketing

Saat ini, sosial media bukan hanya menjadi platform untuk berinteraksi dan bertukar kabar dengan teman-teman dari seluruh dunia. Platform ini juga bisa Anda manfaatkan untuk membesarkan usaha yang sedang dibangun. Salah satu teknik untuk memasarkan produk dan jasa yang Anda jual adalah dengan menggunakan social media marketing. Menguasai strategi pemasaran online dapat membantu Anda menjangkau target pasar yang lebih luas. Tentunya, keuntungan yang Anda peroleh pun akan menjadi lebih banyak. 

Untuk membuat strategi social media marketing, Anda membutuhkan suatu content plan, atau perencanaan konten. Rencana konten yang tepat pastinya akan mampu menjangkau target audience yang tepat juga. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan dalam membuat suatu content plan untuk pemasaran sosial media.

Pahami Psikologi Konsumen Ideal Anda untuk Meningkatkan Nilai Conversion

Dalam dunia social media marketing, menentukan target pasar Anda adalah bagian yang sangat penting. Sederhananya, Anda dapat membayangkan sosok konsumen ideal tersebut dengan memasukkan usia, jenis kelamin, kondisi demografis, dan lain sebagainya. Namun, selain itu Anda juga harus menambahkan kegiatan hobi yang mereka suka dan tempat target konsumen Anda tinggal. 

Selain itu, Anda juga perlu membayangkan diri sebagai calon konsumen tersebut. Tujuannya adalah untuk mendalami sikap mereka saat mencari tahu tentang produk yang diinginkan. Dari situ, Anda bisa membayangkan langkah-langkah apa dan pertanyaan yang mereka bayangkan sebelum melakukan pembelian. Dengan memahami sudut pandang dari calon konsumen, Anda pun dapat menetapkan pendekatan marketing yang sesuai. Konten yang Anda tawarkan pun akan sesuai seperti yang mereka cari. Dengan cara itu, Anda pun akan mendapatkan kepercayaan dari mereka. 

Pilih Platform Media Sosial yang Tepat

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh pelaku usaha adalah melakukan promosi di berbagai platform media sosial tanpa benar-benar memperhitungkan demografi dari pengguna platform tersebut. Akibatnya, hasil yang didapatkan pun menjadi kurang maksimal. Oleh karena itu, ada baiknya untuk melakukan riset lebih mendalam untuk mengetahui demografi network serta hasil timbal balik yang ditawarkan oleh masing-masing platform media sosial. 

Mencari Tahu tentang Topik Konten yang Sesuai

Setelah Anda menemukan platform media sosial yang sesuai, saatnya merencanakan konten untuk pemasaran. Dalam menentukan konten, Anda harus menyajikan sesuatu yang segar, unik, namun tetap relevan. Jangan hanya berbicara tentang “Anda” dan “bisnis Anda”, karena hal tersebut akan terasa sangat membosankan. Pemberian konten yang beragam dapat membantu meningkatkan tingkat engagement dari pembaca. Semakin relatable konten yang diberikan, pembaca pun akan semakin bersedia untuk mengikuti konten-konten yang Anda buat. Bahkan, hal tersebut juga dapat membuat calon konsumen memutuskan untuk membeli produk yang dijual. Di situlah Anda akan mendapatkan peningkatan nilai conversion.

Buat Kuesioner

Salah satu cara untuk membuat pembaca menjadi lebih engaged adalah dengan mengadakan polling atau kuesioner. Anda dapat membuat kuesioner dengan pertanyaan-pertanyaan seperti, konten apa yang pembaca butuhkan? Saat membuat kuesioner, tentunya Anda juga harus mempertimbangkan pertanyaan tersebut baik-baik. Pastikan bahwa pertanyaan yang diajukan dapat membantu Anda memperoleh hasil yang diinginkan. Untuk semakin menarik minat, Anda juga bisa memberikan penawaran rewards untuk mereka yang sudah melengkapi kuesioner yang tersedia. Bisa saja Anda memanfaatkan kesempatan tersebut dengan memberikan sample dari produk yang dijual. Untuk membuat kuesioner dan memajangnya di situs Anda, Anda dapat menggunakan tool seperti Google Forms. 

Cara lain adalah dengan membuka percakapan dengan anggota keluarga dan teman-teman. Dengan mengobrol santai, Anda bisa saja mendapatkan ide yang tidak terduga. Akan lebih baik lagi jika teman-teman atau keluarga Anda menjadi model dari konsumen ideal produk Anda. Dengan demikian, Anda pun akan mendapatkan saran-saran yang pastinya sangat berguna untuk memperkaya konten. 

Selain itu, Anda juga bisa melihat akun dari kompetitor bisnis. Dari situ pun, Anda bisa mendapatkan inspirasi. Siapa tahu cara yang mereka terapkan juga bisa Anda praktekkan. Tentu saja, Anda tidak boleh mencontek konten maupun ide mereka. Karena hal tersebut tentunya akan menjadi bumerang bagi bisnis Anda sendiri. Namun, Anda bisa menjadikannya sebagai inspirasi dan menggabungkannya dengan ide original Anda untuk membuat konten yang tepat. 

Buat Konten Secara Konsisten untuk Meningkatkan Trust

Trust atau kepercayaan konsumen terhadap produk-produk Anda tentunya tidak datang dari sekali mencoba. Anda perlu membuat konten dan publish konten tersebut secara lebih rutin untuk membantu calon konsumen merasa aman. Anda perlu membangun konten yang memungkinkan percakapan dua arah, layaknya percakapan offline. Semakin banyak informasi yang didapat tentang Anda dan bisnis yang Anda lakukan, semakin mantap pula calon konsumen untuk menggunakan jasa yang ditawarkan.