blogs - aplikasi

Software-software Edit Foto Terbaik untuk Para Pemula

10 Jan 27, 2021
Software-software Edit Foto Terbaik untuk Para Pemula

Untuk seorang fotografer profesional, tentunya banyak yang sudah tidak lagi membutuhkan software-software photo editing karena hasil jepretan menggunakan kamera mereka sudah sangat bagus. Hanya saja, hal tersebut tidak terjadi dengan para fotografer yang masih bertaraf pemula. Dibutuhkan software-software editing agar hasil dari fotonya terlihat bagus dan sesuai dengan yang diinginkan, baik dari sisi tone atau dari penambahan hal lainnya.

Bagi seorang pemula dalam dunia fotografi, tentunya akan dipusingkan dengan sebegitu banyaknya software editing photo yang tersedia di pasaran. Oleh karenanya, berikut ini adalah rekomendasi software editing photo terbaik yang dapat Anda gunakan.

Skylum Luminar 4

Skylum Luminar 4

Skylum Luminar 4 adalah versi terbaru dari semua seri Skylum Luminar yang pernah dirilis. Pada versi terbaru ini, Skylum Luminar 4 mendapatkan banyak tambahan fitur baru serta sistem antarmuka yang lebih bersih dan user-friendly. Pembaruan tampilan dan penambahan fitur ini ini sangat mengurangi beban kerja Anda dengan membuat tugas lebih mudah diselesaikan. Misalnya, Anda sekarang dapat mencapai penyesuaian kulit dalam sebuah foto hanya dalam hitungan detik.

Dengan menggunakan Skylum Luminar 4, Anda dapat melakukan pengeditan foto secara cepat tanpa harus beralih atau menggunakan program lain yang berbeda. Dan berbeda seperti yang ada pada Adobe Photoshop atau Adobe Lightroom, di Skylum Luminar 4, masing-masing tab pengeditan dibuat berbeda dan memiliki ikon jelas untuk menggambarkan fungsinya.

Adobe Photoshop

Adobe Photoshop

Meskipun Anda mungkin merasa kesulitan dalam mengoperasikan Adobe Photoshop karena masih benar-benar sebagai editor foto pemula, secara berkala dan dengan latihan yang berkelanjutan, pasti Anda dapat melakukan editing photo menggunakan software andalan dari Adobe ini. Hal itu dikarenakan Adobe Photoshop masih menjadi salah satu perangkat lunak pengedit foto terbaik untuk semua kalangan. Adobe Photoshop adalah program pengeditan berbasis lapisan, yang memerlukan waktu beberapa lama untuk terbiasa, tetapi upaya ini sepadan dengan hasil yang didapatkan nantinya

Ada banyak fitur yang dimiliki Adobe Photoshop, mulai dari layer yang dapat dibuat berlapis-lapis, filter, efek dan banyak tools lain yang dipunyainya. Bahkan dapat dikatakan bahwa tidak ada efek yang tidak bisa Anda dapatkan dengan Photoshop. Pengeditan semakin sempurna ketika Anda menggunakan produk Adobe lainnya, Adobe Lightroom, sebagai penyempurna akhirnya.

RawTherapee

RawTherapee

RawTherapee adalah software open-source yang masuk kategori perangkat lunak non-destruktif dan tersedia untuk digunakan secara gratis. Software ini dirancang untuk memproses gambar mentah Anda di berbagai platform. Dengan RawTherapee, Anda dapat mengedit foto dari kamera digital atau smartphone secara cepat dan mudah karena program ini memang dirancang khusus untuk pemula.

Anda dapat membuat semua penyesuaian foto dasar menggunakan RawTherapee, serta menyelesaikan pengeditan yang lebih rumit termasuk koreksi warna dan perawatan spot. Dan, seperti Lightroom, RawTherapee menampilkan riwayat pengeditan Anda di menu bilah sisi samping yang membuatnya sangat mudah untuk melacak perubahan dari foto pertama sampai versi finalnya.

Darktable

Darktable

Memang dibuat untuk dapat digunakan khusus oleh para fotografer, darktable menjadi media yang sangat tepat untuk dipakai mengedit foto secara detail. Terdapat fitur manajemen warna profesional, integrasi lintas platform, organisasi gambar dan sejumlah fitur khusus termasuk Haze Removal, Lens Correction, Dithering, Split Toning, Watermarking dan banyak lagi lainnya.

Untuk fotografer pemula yang hanya ingin mempelajari satu program, darktable adalah alat yang sangat tepat digunakan. Seperti Lightroom, software ini adalah editor foto sekaligus pengatur gambar dengan cepat dan mudah. Dan, selama proses pengorganisasian dan pengeditan, darktable mempertahankan gambar asli Anda.

Photopea

Photopea

Photopea adalah software online yang memiliki banyak fitur menarik dan tersedia secara untuk dapat digunakan secara cuma-cuma di internet. Sebenarnya, dalam banyak hal, Photopea adalah salinan dari Adobe Photoshop, hanya saja di menu drop-downnya memiliki sedikit perbedaan dalam pengorganisasiannya. Akan tetapi menu-menunya memiliki fungsi yang relatif sama.

Faktanya, jika Anda menemukan tutorial Photoshop untuk efek pengeditan foto dengan efek tertentu, langkah-langkahnya pun juga dapat diterapkan pada Photopea dengan tingkat keberhasilan yang tinggi. Memang ada beberapa hal tertentu yang dapat dilakukan di Photoshop tidak dapat diaplikasikan di Photopea, akan tetapi secara keseluruhan Anda akan mendapatkan pemahaman tentang mengedit gambar dengan relatif cepat dengan menggunakan langkah-langkah tutorial Photoshop di Photopea.

Corel AfterShot Pro

Corel AfterShot Pro

AfterShot Pro adalah photo editing software yang menawarkan opsi pengeditan foto dasar dan lanjutan. AfterShot Pro memungkinkan Anda menambahkan watermark ke dalam foto untuk melindunginya dari pencurian gambar ketika sudah diunggah ke website atau platform media sosial lainnya. Dengan AfterShot Pro, Anda juga dapat menghilangkan noda, memperbaiki masalah lensa dan white balance, serta menerapkan plugin untuk mendapatkan pengeditan yang konsisten di seluruh rangkaian gambar.

Hal yang menarik dari AfterShot Pro adalah software ini didesain untuk dapat digunakan oleh para pemula secara mudah. Anda dapat melakukan pengeditan multi-versi atau mengedit beberapa versi foto master tanpa merusak file gambar aslinya. Saat Anda baru mulai mempelajari pengeditan foto, Anda pasti ingin bereksperimen dengan berbagai efek. Dengan AfterShot Pro, Anda dapat dengan mudah membuat beberapa versi yang diedit sambil mengetahui gambar asli Anda aman dari perubahan.

Artikel menarik lainnya yang mungkin Anda tertarik untuk membacanya: