blogs - aplikasi

Software-software Editing Video Terbaik untuk Konten YouTube

10 Jan 26, 2021
Software-software Editing Video Terbaik untuk Konten YouTube

YouTube sekarang ini tidak hanya dipandang sebagai sebuah platform hiburan dan sharing video saja, melainkan juga sebagai tempat untuk mendulang keuntungan. Dikatakan begitu karena siapa saja yang menjadi seorang YouTuber dengan channel yang mempunyai banyak subscriber dan video yang dilihat ribuan atau jutaan kali, maka akan mendapatkan reward dalam jumlah tertentu.

Hanya saja, effort untuk dapat menciptakan sebuah video yang nantinya diunggah ke YouTube cukup besar. Setidaknya, seseorang harus mengetahui software-software editing agar video yang akan diunggah tidak mentah dan lebih menarik.

Bagi Anda yang ingin menjadi seorang YouTuber akan tetapi bingung mencari software editing video apa yang tepat untuk digunakan, berikut ini adalah daftar beberapa perangkat lunak yang dapat Anda unduh dan instal di perangkat PC.

Adobe Premiere Pro CC

Adobe Premiere Pro CC

Jika Anda seorang YouTuber veteran yang berpengalaman dalam pengeditan video dan menginginkan perangkat lunak lintas platform yang dikemas dengan fitur-fitur canggih dan alat kolaborasi yang fleksibel, maka Adobe Premiere Pro CC cocok untuk Anda.

Banyak YouTuber terkenal yang menggunakan Premiere Pro untuk mengedit videonya termasuk PewDiePie, Zack dari Jerry Rig Everything, Theo Jo, Linus Tech Tips, Jake Paul, Smosh sampai dengan Devinsupertramp. Adobe Premiere Pro CC ini juga support dengan berbagai format termasuk 4K, 8K, dan VR, hingga pengeditan secara kolaboratif melalui ruang pemutaran virtual. 

Apple Final Cut Pro X

Apple Final Cut Pro X.jpg

Jika Anda adalah seorang pengguna Mac dan mencari perangkat lunak untuk mengedit video YouTube, maka Apple Final Cut Pro X adalah pilihan yang tepat. Pertama kali diluncurkan pada tahun 2011, Final Cut adalah satu-satunya software video editing untuk perangkat berbasis MacOS yang selama bertahun-tahun  telah digunakan untuk mengedit film Hollywood. YouTuber terkenal yang menggunakannya untuk mengedit video mereka termasuk iJustine, Marques Brownlee, Austin Evans, Dude Perfect, dan Jonathan Morrison.

Dengan menggunakan software satu ini, maka Anda hanya membayarnya sekali saja untuk pemakaian seumur hidup. Apple Final Cut Pro X juga merupakan pilihan yang baik jika Anda melakukan semua pekerjaan Anda dalam ekosistem Apple, karena bekerja sangat lancar dengan koleksi iTunes dan Apple Photo. 

Pinnacle Studio 24

Pinnacle Studio 24

Pilihan bagus lainnya untuk pemula yang ingin mengedit video untuk diunggah ke YouTube adalah Pinnacle Studio 24. Memang untuk versi-versi lama, ada banyak laporan ketidakberesan akan software ini. Akan tetapi sejak diambil alih oleh Corel pada tahun 2012, banyak perubahan yang terjadi dan Pinnacle Studio telah dikembangkan menjadi perangkat lunak pengedit video profesional yang sangat hebat dan dapat diandalkan.

Walaupun tidak sehebat Adobe Premiere Pro CC ataupun Apple Final Cut Pro X, Pinnacle Studio 24 tetap dapat menjadi pilihan yang baik untuk pemula, dengan antarmuka yang tertata rapi dan sangat user-friendly.

CyberLink Power Director 365

CyberLink Power Director 365.jpg

Software edit video populer lainnya adalah Cyberlink Director Suite 365. Perangkat lunak ini dilengkapi dengan beberapa fitur lanjutan seperti pengeditan multi-kamera, pelacakan gerak, dan pengeditan 360 derajat . Jika Anda perlu membuat video dengan sangat cepat, ada program mini, di dalam Easy Editor, yang dinamakan Magic Movie Wizard.

Magic Movie Wizard berfungsi menggabungkan foto dan klip Anda secara otomatis dalam hitungan menit. Pengembang dari CyberLink Power Director 365 ini juga menjalin kemitraan dengan Shutterstock yang akan memudahkan penggunaan dan penyimpanan video Anda.

Artikel menarik lainnya yang bermanfaat untuk Anda: