blogs - media sosial

Platform-platform Sosial Media Terbaik Sebagai Media Marketing

10 Dec 31, 2020
Platform-platform Sosial Media Terbaik Sebagai Media Marketing

Ketika zaman telah berubah, maka para pemilik bisnis juga wajib berbenah untuk mengadopsi apa yang sedang ngetren pada suatu waktu. Contohnya saja di era teknologi digital dan internet yang sangat maju seperti sekarang, penggunaan media sosial sebagai sarana pemasaran juga sangat layak untuk dipertimbangkan dan digunakan. 

Penggunaan platform sosial media sebagai sarana penunjang pemasaran dikatakan sangat layak dipakai karena Anda dapat mendengarkan, menganalisis sampai dengan terlibat langsung dalam proses engagement dengan komunitas atau pelanggan. Dengan begitu, maka Anda juga dapat menyelaraskan produk yang dijual dengan keinginan pelanggan serta mengikuti tren yang sedang berjalan

Hanya saja, dari sekian banyak platform media sosial yang ada sekarang ini, tentunya akan bingung untuk memilih mana yang paling tepat dan layak digunakan, bukan? Nah, berikut ini adalah platform-platform sosial media terbaik untuk dipakai sebagai media pemasaran.

Facebook

facebook

Walaupun dalam beberapa tahun terakhir platform media sosial besutan Mark Zuckerberg ini selalu diterpa berita negatif, akan tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa Facebook sampai saat ini masih berdiri sebagai jejaring sosial nomor satu dengan pengguna terbanyak di dunia.

Dari banyaknya pengguna di seluruh dunia itu, maka akan sangat tepat bagi para pebisnis untuk menjadikannya sebagai sarana pemasaran yang efektif. Bahkan melalui Facebook, Anda dapat menjaring banyak pelanggan potensial atau juga mengoptimalkan pemasaran terhadap target pasar yang diinginkan.

Dengan menggunakan Facebook, maka Anda sebagai pemilik bisnis atau produsen dapat secara langsung berinteraksi dengan para klien atau konsumen. Interaksi seperti ini dapat menumbuhkan tingkat engagement antara produsen dan konsumen.

Instagram

instagram

Instagram juga merupakan platform sosial media bagus untuk digunakan sebagai sarana pemasaran terefektif untuk saat ini. Jejaring sosial yang ada di bawah bendera Facebook ini sampai sekarang sudah memiliki jutaan pengguna di seluruh dunia dan terus bertambah setiap harinya.

Memang Instagram merupakan media sosial untuk berbagi foto, akan tetapi Anda dapat memanfaatkannya sebagai tempat mendisplay produk atau juga menggunakan fitur “Stories” yang dimilikinya sebagai media informasi langsung secara visual kepada para konsumen.

Ditambah lagi, sekarang ini Instagram sudah dilengkapi dengan fitur yang dinamakan “Checkout.” Fitur ini memiliki kemiripan fungsinya dengan fitur yang ada di kebanyakan toko online pada umumnya. Jadi Anda selain dapat membangun engagement dengan pelanggan, juga dapat berjualan secara langsung melalui Instagram.

Twitter

Pinterest

Walaupun sedikit berbeda konsep dengan Facebook, akan tetapi Twitter tetap menjadi salah satu platform yang tepat untuk dipakai sebagai media pemasaran yang efektif. Banyak perusahaan, pebisnis sampai dengan selebritis atau juga media online memakai platform berlogo burung biru ini, seperti berbagi cerita, menyebarkan informasi, mengunggah video pendek dan lain sebagainya. 

Dikatakan berbeda konsep dengan Facebook karena di Twitter scopenya akan benar-benar terjaga dan tidak akan meluas seperti yang kerap dialami di jejaring sosial buatan Mark Zuckerberg. Dikarenakan hal itu maka Anda sebagai pemilik bisnis atau produsen dapat lebih fokus dengan target pasar.

YouTube

 youtube

Apabila Facebook, Instagram ataupun Twitter lebih berkonsep pada tulisan dan tayang foto sebagai sarananya, maka YouTube memiliki konsep berbeda karena memakai model video sebagai media marketing digitalnya. 

Dengan menggunakan YouTube, Anda dapat menciptakan channel video terkait dengan perusahaan atau jenis bisnis yang sedang dikelola termasuk produknya. Jadi dapat dikatakan bahwa YouTube adalah sarana pemasaran berkonsep visual yang tidak ada batasan durasi untuk setiap video yang diunggah.

Bahkan Anda pun dapat monetizing video-video yang diunggah, jadi dapat dikatakan sekali jalan, akan mendapatkan 2 keuntungan sekaligus. Hanya saja, hal tersebut tergantung berapa banyak subscribers di channel Anda tersebut.

TikTok

tiktok

Seperti halnya YouTube, TikTok adalah platform berbagi video dengan durasi yang pendek. Konsep TikTok sendiri seperti halnya Stories di Instagram hanya saja berdiri sendiri tanpa ada platform induknya. 

Alasan kenapa TikTok dirasa cocok digunakan sebagai media pemasaran yang tepat karena para pebisnis dapat lebih mudah menyasar para millenials dan juga generasi Z sampai atasnya yang mana lebih banyak memakai aplikasi mobile satu ini dibandingkan dengan para generasi X ataupun baby boomer.

Quora

quora

Ya, memang dibandingkan beberapa media sosial di atas, Quora jauh lebih tidak terkenal di kawasan Indonesia. Namun bukan berarti platform ini tidak terkenal sama sekali. Masih ada yang mengetahui atau bahkan menggunakannya sebagai media interaksi. Dikarenakan hal itu, Quora juga dapat dipakai sebagai media pemasaran yang tepat untuk saat ini.

Pinterest

Pinterest

Konsep Pinterest ini sedikit mirip dengan Instagram yaitu berbagi foto atau gambar secara mudah. Nah, dengan menggunakan platform satu ini, Anda dapat menjadikannya sebagai wadah display untuk produk yang dipasarkan. Bahkan, Anda pun dapat lebih unggul dari kompetitor karena jarang ada yang melirik platform ini sebagai media pemasarannya.