blogs - bisnis & culture

Tanggalkan Google, Apple Pilih Ecosia Sebagai Default Search Engine untuk iOS dan macOS

10 Dec 19, 2020
Tanggalkan Google, Apple Pilih Ecosia Sebagai Default Search Engine untuk iOS dan macOS

Selama ini, baik ketika membeli perangkat berbasis iOS ataupun macOS dan menggunakan peramban khusus untuk produk Apple, yaitu Safari, pasti search engine yang akan digunakan adalah Google. Hal itu karena Google merupakan search engine terbesar dan paling populer di dunia mengalahkan banyak mesin pencari lainnya.

Uniknya, walaupun sudah menjadi mesin pencari nomor satu dunia dan seakan-akan tidak akan tergantikan posisinya, menurut kabar yang pernah beredar, Google kabarnya membayar Apple miliaran Dolar untuk tetap menggunakan mesin pencari mereka sebagai default search engine di semua produk besutan perusahaan dari California itu.

ecosia

Hanya saja, ada kabar terbaru yang mengatakan bahwa Apple akan menurunkan Google sebagai default search engine untuk semua produknya dan menggantikannya dengan mesin pencari lain yang lebih ‘ramah’ dan tidak melakukan tracking kepada segala aktivitas penggunanya, yaitu Ecosia.

Ya, memang dibandingkan dengan Google atau bahkan search engine lainnya, seperti Bing, DuckDuckGo atau bahkan Yandex atau Yahoo!, nama Ecosia tidak begitu populer dan jarang ada yang mengetahuinya apalagi memakainya. Akan tetapi Apple Inc ingin menggunakannya sebagai default search engine untuk semua produk mereka karena Ecosia tidak melakukan tracking terhadap pengguna. Ecosia dalam website resminya juga mengatakan bahwa mereka mengerti dan memahami betapa penting privasi tersebut dan ingin tetap menjaga dan menomorsatukan hal tersebut.

Ecosia juga memiliki beberapa fitur menarik, seperti Not Tracking, Encrypting Search sampai dengan Anonymizing Data. Dengan fitur-fitur tersebut maka penggunanya akan merasa nyaman dalam beraktivitas karena identitas mereka sampai apapun yang mereka cari tidak akan dikumpulkan dan dijadikan sebagai bahan untuk dikirimkan ke perusahaan pengiklan atau sejenisnya.

Selain itu, Ecosia juga memiliki misi penting selain sebagai perusahaan penyedia media pencari di internet, yaitu semua pendapatan mereka yang berasal dari iklan yang didapatkan dari para pengguna perangkat berbasis iOS akan digunakan untuk menanam lebih dari 7 juta pohon di tahun 2020. Sampai sekarang ini, secara total sudah ada lebih dari 115 juta pohon yang telah ditanam. Dengan artian sudah melebihi ekspektasi yang mereka harapkan.

Dan sekarang ini, ketika membuka peramban, maka dalam daftar search engine akan ada nama Ecosia bersaing dengan Yahoo!, Bing, DuckDuckGo serta Google.