blogs - aplikasi

Tak Mau Kalah dari Aplikasi Chat Lain, Telegram Luncurkan Fitur Video Call

10 Aug 31, 2020
Tak Mau Kalah dari Aplikasi Chat Lain, Telegram Luncurkan Fitur Video Call

Dengan merebaknya pandemi COVID-19, fitur video call atau video conference pun jadi semakin banyak digunakan. Pengembang aplikasi chatting pun nggak melewatkan kesempatan ini. Telegram pun tidak mau kalah. Telegram adalah jenis aplikasi pesan instan terbaru yang baru-baru ini semakin banyak digunakan. Hingga saat ini, Telegram banyak diunduh dan digunakan oleh kurang lebih 300 juta pengguna di tahun 2020. Jumlah tersebut pun terus bertambah hingga sekarang. 

Fitur-fitur yang ada di dalam Telegram pun cukup lengkap. Banyak orang yang menggunakan Telegram sebagai aplikasi untuk chatting bersama dengan teman-teman dekat maupun untuk kebutuhan kerja. Untuk mendukung aktivitas penggunanya, pengembang aplikasi chatting ini pun meluncurkan fitur Video Call. Adanya fitur tersebut tentunya sangatlah melengkapi aplikasi ini. Pasalnya, selama ini Telegram hanya memiliki fitur panggilan suara saja. Peluncuran fitur Video Call oleh Telegram tentunya semakin mempersengit persaingan antar aplikasi digital. 

Bagaimana dengan keamanan privasi para pengguna? Mengenai itu, Anda tidak perlu khawatir. Karena aplikasi Video Call dari Telegram ini sudah dilengkapi dengan sistem keamanan end-to-end encryption. Ini artinya, Anda tidak perlu khawatir bahwa ada pihak dari luar yang menyadap percakapan tanpa sepengetahuan. Fitur ini juga diterapkan oleh Telegram pada semua fitur-fitur yang ada di dalamnya. Sehingga, Anda dapat menggunakan fitur ini dengan nyaman. 

Telegram juga akan terus melakukan perbaikan dan penambahan fitur-fitur tambahan pada fitur Video Call ini. Salah satunya, adalah fitur indikator bahwa verifikasi dalam bentuk 4 buah emoticon. Saat Anda melakukan panggilan video call dengan teman atau rekan kerja, maka aplikasi akan memunculkan 4 buah emotikon. Apabila keempatnya memiliki emoticon yang sama, itu berarti panggilan yang dilakukan sudah berhasil terenkripsi. 

Selain itu, fitur Video Call pada Telegram juga mendukung model picture-in-picture. Dengan fitur tambahan ini, Anda dapat tetap membuka dan membalas chat yang masuk selagi bercakap-cakap di dalam video call. Fitur ini pastinya sangatlah berguna, terutama bagi Anda yang sedang melakukan multitasking. Tak hanya fitur Video Call saja, aplikasi ini juga rencananya akan menambahkan fitur animasi emoji yang bisa Anda gunakan di kolom chat. Tentunya, hal tersebut membuat aktivitas chatting menggunakan Telegram jadi terasa semakin menyenangkan.

Dalam beberapa waktu ke depan, Telegram juga berencana untuk meluncurkan fitur Group Video Call. Fitur ini memudahkan Anda untuk melakukan Video Call Conference. Hal ini pastinya membuat Anda jadi semakin bersemangat untuk mengikuti kabar-kabar terbaru dari Telegram.