blogs - aplikasi

Telegram vs Signal vs WhatsApp, Mana yang Terbaik untuk Anda?

10 Feb 26, 2021
Telegram vs Signal vs WhatsApp, Mana yang Terbaik untuk Anda?

Sesaat setelah WhatsApp menginformasikan perubahan kebijakan terbarunya yang dirasa sangat merugikan banyak pengguna layanannya, maka tidak sedikit yang akhirnya berbondong-bondong menurunkan aplikasi tersebut dari smartphone mereka dan kemudian beralih ke penyedia layanan sejenis, yaitu Telegram atau juga Signal.

Terlepas dari karut marut tentang perubahan kebijakan WhatsApp sampai dengan ekspansi para pengguna tersebut, sejauh ini WhatsApp, Telegram dan Signal dapat dikatakan sebagai 3 aplikasi pengiriman pesan yang terbaik dan tersedia baik di Google Play Store ataupun di Apple App Store. Hanya saja, untuk penggunaannya, semuanya kembali tergantung pada kenyamanan Anda sebagai pemakainya.

Nah, bagi yang masih belum memiliki aplikasi chat di dalam smartphonenya dan bingung untuk memilih mana yang terbaik dari ketiganya, berikut ini adalah sedikit informasi terkait dengan Telegram, WhatsApp dan Signal yang dapat dijadikan parameter dan pemikiran sebelum memutuskan untuk menggunakan aplikasi yang mana yang terbaik.

Ketersediaan

Telegram

Telegram tersedia untuk semua platform utama, termasuk Android, iOS, PC, Mac, dan bahkan Linux. Selain itu, tersedia juga ekstensi untuk diaplikasikan di website atau juga di Chrome. Salah satu hal terbaik tentang Telegram adalah tidak ada batasan berapa banyak perangkat yang dapat Anda gunakan sekaligus. Bahkan jika Anda memiliki banyak perangkat smartphone dan komputer, Anda dapat masuk ke akun Telegram Anda di semuanya dan semuanya berfungsi tanpa hambatan.

Signal

Dalam hal ketersediaan, Signal adalah yang terlemah dari ketiga aplikasi ini. Pengembang Signal hanya menyediakan versi untuk Android, iOS, Mac, Windows, dan PC. Tidak ada aplikasi untuk Web atau Chrome. Walaupun Anda dapat masuk ke akun Signal di beberapa perangkat, akan tetapi ada batasan sampai dengan maksimal 5 akun saja yang dapat difungsikan secara langsung.

WhatsApp

Sedikit mirip dengan Telegram, WhatsApp tersedia untuk banyak perangkat, yaitu mulai dari Android, iOS, PC, Mac sampai dengan untuk dipasang di website atau juga di Chrome. Hanya saja untuk pemakaiannya, WhatsApp sama seperti Signal yang membatasi penggunaan hanya di 4 perangkat aktif saja. 

Enkripsi

Telegram

Untuk masalah enkripsi pesan yang terkirim atau diterima, semuanya akan diamankan menggunakan client-server/server-client standar. Dengan enkripsi standar ini, maka memungkinkan bagi Anda untuk mengakses apapun yang dilakukan di Telegram menggunakan banyak perangkat lain.

Untuk lebih mengamankan pesan yang terkirim atau yang diterima menggunakan enkripsi end-to-end, maka Anda masih harus menambahkan fitur Secret Chats terlebih dahulu. Jadi dalam artian bahwa pihak Telegram tidak menyediakan secara default fitur tersebut dan Secret Chats tidak support pada chat kelompok atau group.

Signal

Berbeda dengan Telegram, semua pesan yang diterima atau terkirim menggunakan Signal, akan dienkripsi secara end-to-end dengan artian, pihak Signal pun tidak dapat membaca apalagi mengakses semua data atau pesan tersebut. 

Hal itu menjadi jawaban dari kenapa Signal hanya tersedia untuk sedikit perangkat saja dan lebih ketat dalam penggunaannya. Pihak pengelola Signal sendiri juga ingin mengutamakan sisi privasi pelanggan di atas segalanya, oleh karena itu, mereka benar-benar concern akan hal tersebut. 

WhatsApp

WhatsApp hampir identik dengan Signal dalam hal ini, mengingat bagaimana semua percakapan dienkripsi secara end-to-end secara default. Ini berarti bahwa hanya Anda dan orang yang Anda kirimi pesan yang dapat melihat konten percakapan dan tidak ada orang di antaranya, bahkan WhatsApp sekalipun yang dapat melihat apa yang sedang terjadi dalam percakapan. Enkripsi end-to-end tersebut juga support di group chat. Enkripsi default ini adalah mengapa Anda hanya dapat masuk ke WhatsApp di satu ponsel dalam satu waktu. 

Voice/Video Calls

Telegram

Panggilan suara dan video di Telegram memungkinkan Anda untuk berkomunikasi di luar obrolan berbasis teks. Panggilan suara dienkripsi secara end-to-end menggunakan teknologi yang sama seperti saat menggunakan Secret Chats dan menggunakan koneksi peer-to-peer. Untuk kualitasnya, voice atau video calls via Telegram dapat dikatakan sangat bagus karena developernya menggunakan codec audio dan video terbaik. 

Signal

Panggilan suara dan video merupakan fitur yang dimiliki Signal. Dibandingkan dengan Telegram, Anda akan menemukan banyak fitur hebat lainnya, seperti enkripsi end-to-end untuk panggilan suara dan video, panggilan grup dalam obrolan grup sampai dengan pengaturan audionya, termasuk speaker dan mikrofonnya. Sayangnya untuk voice dan video calls di Signal dibatasi maksimal 8 orang saja. 

WhatsApp

Untuk panggilan suara atau video di WhatsApp sangat mirip dengan Signal yang artinya ada banyak hal menarik dan bermanfaat untuk penggunanya. Panggilan suara dan video dienkripsi secara end-to-end untuk menjaga keamanannya. Sama seperti Signal, panggilan grup WhatsApp dibatasi hingga 8 orang sekaligus.

Ketiga aplikasi ini sangat bagus dan memiliki kualitas yang berbeda. Oleh karenanya, dari informasi di atas, Anda dapat lebih mudah memutuskan mana aplikasi chatting yang terbaik untuk digunakan.

Artikel lain tentang aplikasi yang mungkin Anda akan tertarik untuk membacanya: