blogs - media sosial

TikTok Kalahkan Facebook di Tahun 2020

10 Dec 17, 2020
TikTok Kalahkan Facebook di Tahun 2020

Boleh jadi Facebook adalah sosial media nomor satu dunia sampai sekarang, akan tetapi untuk urusan aplikasi mobile apa yang paling sering diunduh baik di Google Play Store sampai dengan di Apple App Store, ternyata Facebook app masih kalah dengan aplikasi satu ini, TikTok.

Berdasarkan App Annie atau sebuah perusahaan yang bergerak dan memiliki layanan jasa dalam bidang aplikasi mobile, TikTok menduduki urutan pertama sebagai aplikasi paling banyak diunduh di tahun 2020 ini atau setidaknya ketika masa pandemi berlangsung. Bahkan menurut pihak App Annie, TikTok banyak diunduh karena memiliki fungsi yang beragam, tidak hanya sebagai aplikasi sosial media berbasis video saja, tapi juga sebagai sarana untuk menayangkan film-film lainnya dengan dibuat dalam durasi pendek dan berseri.

Disebutkan pula bahwa dalam tahun 2020 ini saja, TikTok diunduh sekitar 130 miliar kali secara global. Bahkan berdasarkan data dari SensorTower, dari awal tahun sampai Agustus 2020, TikTok terus memimpin sebagai aplikasi paling banyak diunduh di Google Play Store dan Apple App Store. Sedangkan Facebook sendiri berada di urutan 3 di daftar aplikasi terlaris di Google Play Store dan urutan ke-6 di Apple App Store.

Walaupun telah mendapatkan banning dari Amerika Serikat, akan tetapi uniknya, salah satu pasar terbesar TikTok adalah berasal dari Negara Paman Sam itu. Negara pasar lainnya adalah, Brazil, India, Turki dan Cina.

Untuk aplikasi populer lainnya ada Tinder kemudian YouTube, Disney+ dan Tencent. Facebook dan Facebook Messenger sendiri menduduki urutan setelah aplikasi-aplikasi tersebut. Ada juga aplikasi seperti Google Meet, Zoom, Instagram, Amazon, Snapchat, WhatsApp dan Telegram yang berada dalam 20 besar aplikasi paling banyak diunduh di tahun 2020.

Untuk ranah game, Free Fire merupakan game paling banyak diunduh secara global dalam tahun 2020 dan kemudian diikuti oleh Subway Surfers, Among Us, PUBG Mobile dan terakhir dalam 5 besarnya adalah Gardenscapes: New Acres. Akan tetapi dari kelimanya, Among Us adalah game yang memiliki kemajuan dan pertumbuhan sangat bagus karena tergolong game baru akan tetapi mampu bersaing dengan game-game dengan grafis bagus dan memiliki popularitas serta pemain loyal terlebih dahulu.