blogs - media sosial

TikTok Kalahkan Facebook, Instagram bahkan WhatsApp

10 Jan 13, 2021
TikTok Kalahkan Facebook, Instagram bahkan WhatsApp

Tahun 2020 memang sudah berlalu dan banyak orang yang harus berada di rumah sepanjang waktu dikarenakan pandemi yang terus menyebar dan belum diketahui kapan bakal berakhir. Tidak sedikit orang harus bekerja dengan sistem WFH atau work from home sampai dengan anak-anak yang harus belajar di rumah secara online agar dapat memutus rantai penyebaran virus.

Selain itu, tidak sedikit pula yang bosan akan lebih menyibukkan diri dengan beraktivitas menggunakan perangkat mobile mereka. Oleh karenanya, pada tahun 2020 kemarin itu dapat dikatakan bahwa banyak developer atau perusahaan yang mendulang keuntungan karena aplikasi buatan mereka diunduh secara massal.

Dari pengamatan apptopia, sebuah firma analisis data yang berkaitan dengan aplikasi mobile, selama tahun 2020, baik Apple App Store ataupun di Google Play Store, ada banyak aplikasi yang diunduh. Mulai dari aplikasi untuk komunikasi, game, fotografi dan lain sebagainya.

Dari semua aplikasi yang diunduh tersebut, tidak menyangka bahwa TikTok menduduki peringkat pertama dalam daftar 10 aplikasi paling banyak diunduh sepanjang tahun 2020 untuk kategori worldwide dengan jumlah pengunduhannya sebanyak 850 juta kali. 

Bahkan TikTok mampu mengalahkan Facebook sebagai platform media sosial dengan pengguna terbesar di dunia. Dalam daftar tersebut, Facebook menduduki peringkat ketiga di bawah WhatsApp, sedangkan Instagram ada di urutan keempat dan Zoom ada di posisi ke-5.

Tidak hanya untuk ukuran worldwide saja, untuk lingkup Amerika Serikat saja, TikTok juga tetap berada di urutan pertama sebagai aplikasi yang paling banyak diunduh sepanjang tahun 2020 dengan jumlah pengunduhan 89 juta. Di lingkup Amerika Serikat ini, Facebook dan semua produknya terlempar dari 2 besar karena posisi kedua dikuasai oleh Zoom.

Selain itu, tidak hanya memimpin di kategori Most Downloaded Apps 2020 wilayah dunia dan Amerika Serikat, TikTok juga menyabet posisi pertama sebagai aplikasi yang memperoleh pendapatan kotor tertinggi dunia di tahun 2020 dengan jumlah USD 540 juta atau sekitar Rp7,65 miliar.

Sedangkan untuk cakupan wilayah di Amerika Serikat saja, TikTok terlempar dari daftar 10 besar Highest Grossing Apps 2020. Urutan pertama didapatkan YouTube dan Tinder di posisi kedua. Sedangkan Disney+ ada di daftar ketiga yang diikuti secara berurutan oleh Pandora, Bumble, Twitch, Hulu, Netflix, HBO Max dan Google One.