blogs - digital marketing

Tips Terbaik Ciptakan Digital Marketing Campaign yang Efektif

10 Sep 15, 2020
Tips Terbaik Ciptakan Digital Marketing Campaign yang Efektif

Di masa pandemi COVID-19 sekarang ini, pengusaha harus memutar seribu akal untuk memasarkan produknya. Dengan adanya peraturan social distancing, melakukan pemasaran secara door-to-door maupun lewat penyelenggaraan event tidak mungkin lagi dilakukan. Kampanye pemasaran digital pun mulai dilirik oleh para pemilik usaha. Dengan strategi yang tepat, teknik pemasaran modern ini bisa membawa banyak sekali profit bagi usaha Anda. Berikut adalah tips terbaik dalam membuat digital marketing campaign terbaik selama masa pandemi Corona.

Tentukan Tujuan Anda

Sebelum menerapkan kampanye digital marketing campaign, sangatlah penting bagi Anda untuk mengetahui tujuan dari pemasaran tersebut. Apakah Anda ingin menggaet jumlah followers dan likes terbanyak? Atau Anda ingin respons dari calon pembeli ke email Anda? Anda juga ingin angka konversi dari pembeli potensial menjadi konsumen mengalami peningkatan. Dengan menentukan tujuan, Anda pun akan lebih tahu jenis marketing campaign bentuk digital yang sesuai. 

Tentukan Target Pasar Anda

Meluncurkan produk tanpa mengetahui target pasar bagaikan menembak dengan menggunakan penutup mata. Hasil yang Anda dapatkan pun pastinya menjadi kurang maksimal. Anda bisa melakukan pemetaan dengan mudah menggunakan perangkat web analytics. Dengan tool tersebut Anda akan dapat mengetahui orang-orang seperti apa yang membeli produk yang ditawarkan. Lain soal jika Anda baru pertama kali membuka usaha. Maka, Anda perlu melakukan sedikit riset. Lakukan penelitian untuk mendapatkan gambaran demografi dari calon konsumen produk Anda. Jangan hanya ‘mencuri’ target pasar mereka, tapi Anda bisa memanfaatkan data yang didapat dengan menciptakan target pasar khusus untuk produk Anda sendiri. 

Ingatlah, bahwa Anda tidak bisa menarget semua orang. Tentukan target pasar Anda dan lakukan strategi pemasaran digital sesuai dengan target yang Anda buat. Misalnya, Anda dapat menjual berbagai produk camilan praktis untuk kaum pekerja yang maha sibuk. Atau, Anda juga bisa menawarkan produk kopi dengan citarasa unik dengan target pasar para pencinta kopi. Dengan target pasar yang semakin terarah, peluang untuk menyukseskan bisnis Anda pun semakin terbuka lebar.

Ciptakan Model atau Persona Pembeli

Cara lain untuk memudahkan Anda dalam menggunakan taktik digital marketing campaign adalah, dengan membuat persona pembeli. Persona pembeli ini merupakan sosok imajiner yang memiliki gambaran umum tentang target pasar Anda. Beri nama target pasar tersebut, misalnya Dono atau Dini. Jangan lupa berikan rentang usia untuk model pembeli Anda ini. Persona tersebut juga harus memiliki pekerjaan, kesukaan dan ketidaksukaan, serta penghasilan yang ia buat tiap tahun. 

Untuk memudahkan, Anda bisa memanfaatkan data target pasar yang sudah dibuat sebelumnya. Membuat model pembeli ini memang tidak bisa dilakukan secara instan. Anda membutuhkan kesabaran, waktu, dan tentunya banyak latihan dalam membaca pasar sekaligus psikologi seseorang saat mereka sedang online. Anda juga bisa berkonsultasi dengan penyedia jasa digital marketing untuk membuat model pembeli yang tepat.

Tentukan Budget

Pemasaran digital memang paling murah, namun bukan berarti Anda tidak akan mengeluarkan uang sepeserpun. Karena, seringkali Anda akan membutuhkan bantuan perusahaan pemasaran digital untuk menyusun strategi pemasaran untuk usaha yang dilakukan. Kalaupun Anda ingin menjalankan pemasaran online ini sendirian, Anda juga perlu memaksimalkannya dengan menggunakan layanan Google Ads dan Facebook Ads. Tentunya, hal tersebut membutuhkan biaya. Sebelum menggunakan layanan ads tersebut, Anda juga harus memiliki target penghasilan yang realistis. Dengan demikian, Anda dapat merencanakan seberapa besar budget untuk membayar layanan iklan online tersebut. Terlalu banyak menggunakan ads online tanpa disertai dengan perencanaan matang dapat menjadi bumerang bagi usaha Anda. 

Pilih Platform Media Sosial yang Efektif Bagi Anda

Setelah memilih tujuan, target pasar, dan budget, langkah selanjutnya yang harus Anda pilih adalah platform untuk melakukan pemasaran online. Platform tersebut bisa bermacam-macam, salah satunya yang banyak digunakan adalah platform media sosial. Ada banyak sekali media sosial yang bisa Anda gunakan sebagai media pemasaran online. Mulai dari Facebook, Instagram, hingga Pinterest. Anda bahkan bisa melakukan pemasaran menggunakan platform LinkedIn. 

Tentu saja, menggunakan metode email subscription atau berlangganan email juga bisa jadi cara untuk membuat semakin banyak orang mengetahui usaha Anda. Jangan hanya satu, Anda bahkan dapat memanfaatkan beberapa platform media sosial sekaligus untuk menjalankan usaha yang dilakukan. Dengan pengelolaan yang tepat, Anda pun dapat mencapai target yang diinginkan. Seiring dengan bertumbuhnya bisnis, Anda juga bisa membuka lowongan kerja admin untuk mengelola media sosial.

Formulasikan Rumus Marketing Lewat Email

Seperti yang diulas sebelumnya, strategi marketing digital juga meliputi email marketing. Dengan menggunakan email, Anda bisa  menjangkau para calon konsumen potensial. Email juga dapat membantu Anda mendata seberapa besar calon konsumen yang bersedia untuk berlangganan email produk. Jangan lupa aktifkan fitur email otomatis untuk mengirimkan katalog, penawaran promo, dan promosi-promosi menarik lainnya kepada calon konsumen.