blogs - bisnis & culture

Tips Fotografi: Cara Dapatkan Hasil Foto Bagus Saat Malam Hari

10 Jan 01, 2021
Tips Fotografi: Cara Dapatkan Hasil Foto Bagus Saat Malam Hari

Anda yang punya hobi fotografi tentu sering mengabadikan momen-momen indah di malam hari. Sayangnya, di malam hari saat cahaya minim, hasil foto biasanya kurang maksimal. Entah itu gambar kurang tajam, berbayang, atau terlihat seakan pecah. Untuk mengatasi hal ini, ada beberapa tips fotografi untuk Anda yang hobi menjepret momen di malam hari, baik itu dengan kamera profesional ataupun dengan kamera smartphone.

Wajib pakai tripod

Saat cahaya minim, artinya kamera butuh waktu lebih lama untuk menangkap objek agar hasilnya tajam. Kalau memegang kamera dengan tangan, sudah pasti ada getaran atau gerakan yang akhirnya membuat foto terlihat buram. Itulah mengapa Anda butuh tripod yang kokoh dan kuat untuk menahan kamera agar bisa menangkap gambar dengan sempurna di malam hari.

Atur fokus secara manual

Bukan rahasia lagi kalau banyak orang yang lebih suka menggunakan autofocus karena bisa langsung menjepret objek dengan baik tanpa perlu lagi mengatur kamera. Tapi di malam hari, autofocus bukan pilihan yang baik mengingat minimnya cahaya sehingga pengaturan otomatis tidak akan berfungsi maksimal. Meski merepotkan, namun pengaturan manual adalah solusi terbaik agar hasil jepretan lebih ciamik.

Untuk pengguna kamera profesional, gunakan format RAW

Format JPEG memang banyak dipilih karena bisa menghemat space di dalam memori. Namun disisi lain, format ini juga mengkompres gambar cukup drastis, sehingga bisa jadi hasilnya kurang tajam terlebih jika foto diambil pada saat minim cahaya. Dengan mengatur foto pada format RAW, maka kualitasnya akan jauh lebih baik.

Jangan ragu ambil foto percobaan

Untuk Anda  yang sedang mempersiapkan diri mengabadikan momen penting di malam hari, penting sekali mencoba terlebih dahulu settingan kamera. Beberapa kali percobaan akan membuat Anda menemukan pengaturan yang tepat untuk mendapatkan hasil gambar terbaik.

Gunakan berbagai shutter speed berbeda

Hobi menjepret mobil yang melaju di malam hari? Tips fotografi ini wajib Anda coba! Mainkan saja shutter speed untuk menghasilkan kilatan cahaya dari lampu kendaraan yang akan terlihat sangat estetik dengan background malam hari yang gelap. Pengaturan ini juga bisa digunakan untuk Anda yang hobi menjepret langit malam.

Banyak sekali tips fotografi yang bisa diterapkan untuk mengambil foto di malam hari. Pastikan rutin berlatih supaya kepekaan Anda makin terasah.

Artikel menarik lainnya yang mungkin Anda tertarik untuk membacanya:

Cara Melacak Nomor HP Lewat Google Maps Tanpa Diketahui

Cara Melacak Hp dengan IMEI Super Mudah

Ini Cara Mengembalikan Akun FB yang Dibajak