blogs - gawai

Tips Memperpanjang Usia Baterai Smartphone

10 Dec 18, 2020
Tips Memperpanjang Usia Baterai Smartphone

Setiap barang buatan manusia tentunya memiliki usia produksi yang mana akan tidak lagi berfungsi ketika sudah berakhir masanya. Salah satunya adalah baterai. Berbicara masalah baterai ini, khususnya yang digunakan pada smartphone, ada banyak orang yang salah dalam penggunaan dan perawatan yang menjadi usianya menjadi lebih pendek daripada yang telah ditentukan oleh pabriknya.

Oleh karenanya, dibutuhkan cara khusus untuk dapat memperpanjang atau setidaknya memperlambat usia baterai smartphone tersebut agar tetap dapat digunakan dalam jangka waktu lama sebelum nantinya memang harus digantikan dengan yang baru. Berikut ini adalah beberapa tips sederhana yang dapat Anda lakukan untuk memperpanjang usia baterai atau menjaganya agar tetap dapat memberikan kualitas yang maksimal.

Konstan dalam Pengisian Baterainya

Secara teknis, untuk mendapatkan hasil maksimal, maka untuk mengisi ulang baterai harus menunggu kapasitasnya benar-benar 0% dan baru dapat diisi ulang kembali. Memang tetap diperbolehkan bagi Anda untuk mengisi ulang baterai walaupun belum benar-benar habis. Akan tetapi menurut penelitian, ketika Anda sering mengisi baterai yang masih terisi cukup banyak dengan siklus berlompatan atau tidak konstan, maka akan menurunkan kapasitas penyimpanannya. 

Memang dalam tampilan akan terlihat baterai terisi 100% akan tetapi sebenarnya ketika baterai sudah mulai menurun kualitasnya, maka kapasitas penuhnya hanya akan sekitar 80 – 85% saja. Untuk itu, apabila memang Anda sering menggunakan ponsel pintar dan juga kerap melakukan pengisian ulang, maka buatlah secara konstan. Dengan artian, apabila Anda sering mengisi ulang baterai ketika berada di posisi 20%, maka usahakan untuk terus mengisi ulang baterainya di posisi tersebut. Jangan lebih atau kurang.

Jaga Smartphone Tetap dalam Temperatur Stabil

Ya, memang kebanyakan smartphone canggih atau keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan sistem pendingin di dalamnya. Hanya saja tidak semua produk mobile dilengkapi dengan fitur tersebut. Oleh karenanya, jangan sampai menggunakan smartphone sampai panas atau juga meletakkannya di tempat yang terlalu dingin karena hal tersebut dapat membebani baterai dan memperpendek masa pakainya.

Meninggalkan smartphone di dalam mobil yang terparkir di lapangan parkir pada saat siang hari juga sangat tidak disarankan karena selain dapat membuat baterai berkurang performanya, risiko konsleting juga dapat terjadi setiap waktu. 

Hindari Penggunaan Charger Third-Party yang Tidak Jelas Produknya

Sekarang ini sudah sangat banyak charger third-party berbagai merk dijual di pasaran. Memang ada yang cukup berkualitas buatan perusahaan ternama, akan tetapi ada pula yang tidak jelas asal-usulnya dan buatan dari mana. Hindari menggunakan charger seperti itu karena dapat membuat sistem di dalam baterai menjadi rusak dan memperpendek usianya.

Gunakan Dark Theme 

Tidak semua smartphone dilengkapi dengan tema gelap, akan tetapi apabila ada, pakailah tema tersebut agar tidak membebani daya baterai. Dengan semakin banyak cahaya yang memancar dan menerangi layar, maka semakin cepat pula daya baterai habis. Di saat itu jugalah, maka baterai akan bekerja terlalu keras untuk membagi permintaan dari sistem atau juga aplikasi lainnya.