Tips mengurangi Bounce Rate

BLOGS - TIPS Nov 24, 2016
Tips mengurangi Bounce Rate

Bagi anda yang sudah lama berkecimpung di dunia website pasti sudah kenal istilah Bounce Rate. Banyak hal penyebab bounce rate, mulai dari desain yang tidak menarik, flow website yang berbelit-belit sampai isi konten yang tidak sesuai yang diharapkan pengunjung.

Secara umum, Bounce Rate diartikan :

"Jumlah persentase pengunjung yang datang ke website/blog anda dan langsung pindah ke website lain tanpa melihat halaman lain dari website/blog anda. Atau dengan kata lain, hanya melihat satu halaman di website anda"

Jumlah Bounce Rate (BR) yang tinggi memberikan efek buruk bagi posisi website/blog anda di search engine terutama Google. Karena Google akan menganggap konten web anda tidak sesuai dengan judul, maka kesempatan untuk tampil di halaman depan akan semakin kecil, walau anda memiliki keyword bagus. Lebih parah lagi, Google bisa melakukan banned terhadap web anda.

Anda bisa menggunakan Google Analytic untuk melihat jumlah persentase bounce rate web anda. Jumlah bounce rate yang bagus adalah sekitar 20%, apabila angka anda diatas 30%, maka anda perlu melakukan perbaikan pada web anda. Berikut kami berikan tips mengurangi bounce rate yang sudah kami coba di website kami.

Perlu diperhatikan, modifikasi yang kami lakukan fokus pada tampilan web di mobile. Mengapa? Karena saat ini hampir 80% pengunjung web berasal dari pengguna smartphone. Trend ini diprediksi akan terus berlanjut di tahun 2017. Oleh karena itu kami sarankan desain web anda juga memperhatikan tampilan pada mobile.

Berdasarkan analisa kami melalui Google Analytic, bounce rate di website kami terjadi karena kebanyakan visitor tidak membuka halaman lain di website.Untuk itu, kami buat flow di tampilan mobile dimana pertama kali pengunjung hanya ditampilkan sinopsis dari artikel yang ingin dikunjungi.

Modifikasi yang kami lakukan adalah membedakan URL halaman artikel dengan URL halaman sinopsis. Dengan demikian pembaca secara otomatis akan mengunjungi 2 halaman untuk satu artikel. Yang perlu menjadi fokus utama dalam melakukan modifikasi ini adalah, anda harus yakin perpindahan tersebut tidak dirasakan oleh pembaca seperti loading ulang halaman. Karena hal tersebut akan membuat pengunjung membatalkan niatnya membuka halaman artikel.

Dengan modifikasi ini, dalam 2 minggu website kami mengalami penurunan bounce rate hampir sebesar 10%, lebih tepatnya 9,82%. Menggunakan modifikasi ini dikombinasikan dengan peningkatan kualitas konten dan pemeliharaan website agar bebas dari gangguan bug akan meningkatkan user experience website anda melalui mobile sehingga akan menjadikan pengunjung betah berlama-lama di website anda. Hasil akhirnya, persentase bounce rate website anda akan berkurang.

"

Sebagai referensi hasil modifikasi ini, anda bisa mengunjungi website kamidisinimelalui smartphone anda. Apabila anda memerlukan penjelasan lebih rinci tentang modifikasi ini, bisa kontak kami di email info@accesstrade.co.id