blogs - bisnis & culture

Tips Mengurangi Ketegangan Pada Mata Saat Memakai Komputer

10 Dec 22, 2020
Tips Mengurangi Ketegangan Pada Mata Saat Memakai Komputer

Sekarang ini, dikarenakan pandemi yang belum juga usai, banyak orang yang akhirnya bekerja di rumah atau dengan istilah WFH (work from home). Hal itu dilakukan untuk memutuskan rantai penyebaran virus yang sangat dapat dengan mudah menyebar dan menginfeksi siapa saja.

Ketika harus bekerja di rumah, maka mau tidak mau semua tugas kantor pindah dan dikerjakan di rumah. Anda harus menatap laptop atau komputer lebih lama dibandingkan ketika bekerja di kantor. Dikarenakan hal itu, terkadang mata menjadi lelah karena terlalu tegang. Untuk itu, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk mengurangi ketegangan pada mata setelah lama menatap layar komputer atau laptop.

Perbaiki Postur Tubuh Anda

Cara duduk bisa menjadi alasan di balik mata lelah Anda. Hal itu seperti yang diungkapkan oleh American Occupational Safety and Health Association. Sebelum mencari solusi perangkat lunak atau perangkat keras untuk masalah mata Anda itu, periksa apakah postur Anda sudah benar atau belum. Dalam banyak kasus, layar terlalu ke atas atau terlalu ke bawah dari mata justru akan membuat mata bekerja ekstra keras. 

Jika Anda menjulurkan leher atau membungkuk untuk melihat layar, mata Anda akan otomatis menjadi tegang. Coba gunakan dudukan laptop atau bahkan hanya tumpukan buku untuk menaikkan layar setinggi mata. Jika layar di atas ketinggian mata, coba angkat kursi Anda agar layar sejajar dengan mata.

Aturan 20-20-20

Aturan 20-20-20 dirasa cukup efektif untuk mengurangi ketegangan mata. Sederhananya, setelah setiap 20 menit melihat layar, lihatlah objek yang berjarak setidaknya 20 kaki selama 20 detik. Memang akan sedikit sulit dan membuang-buang waktu dengan melakukannya, akan tetapi dapat membantu mengurangi paparan cahaya yang diterima mata dalam jangka waktu lama.

Tangkal Emisi Cahaya Biru dengan Pengaturan Layar

Menurut Vision Council, salah satu perusahaan yang bergerak dalam industri optik, cahaya biru adalah salah satu penyebab kelelahan pada mata. Untuk membuat monitor Anda menjadi ‘ramah,’ Anda dapat melakukan pengaturan terhadap layar yang memancarkan cahaya biru yang langsung dapat mengenai mata. Caranya adalah dengan mengatur kecerahan dan kontras ke tingkat yang lebih nyaman saat dilihat

Menggunakan Tambahan Perangkat Keras

Meskipun solusi yang disebutkan di atas seharusnya sudah cukup baik untuk mengatasi ketegangan dan kelelahan pada mata, Anda dapat juga menggunakan perangkat lain seperti layar pelindung anti-silau atau lainnya agar lebih aman lagi. 

Kiat-kiat di atas secara teori sudah dapat membantu Anda dalam mengatasi masalah mata lelah atau tegang. Akan tetapi apabila permasalah tetap terjadi, Anda dapat meminta bantuan pakar medis untuk memeriksa kondisi kesehatan mata Anda.