blogs - bisnis & culture

Tips Menumbuhkan Ritel Online Baru Pasca Pandemi

10 Nov 20, 2020
Tips Menumbuhkan Ritel Online Baru Pasca Pandemi

Ketika pandemi berlangsung dengan sangat cepat menerpa semua negara di dunia, sektor perekonomian dan bisnis seakan langsung runtuh. Banyak orang kehilangan pekerjaan karena PHK besar-besaran, tidak sedikit dari pabrik dan perusahaan gulung tikar sampai dengan cukup banyak negara mengalami resesi.

Walaupun banyak perusahaan yang gulung tikar, akan tetapi beberapa di antaranya masih mencoba bertahan dengan segala kekuatan terakhir yang ada. Hanya saja, walaupun terkena imbas, toko-toko online dan eCommerce tetap berdiri untuk terus menjalani bisnis di tengah pandemi. Bahkan dibandingkan dengan ritel tradisional, ritel online ternyata lumayan mampu berkembang.

Oleh karenanya, sekarang ini banyak orang yang mencoba peruntungan dengan membuka ritel online sendiri. Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang patut diperhatikan jika ingin membuka ritel online pasca pandemi.

Pilih Model yang Sesuai dengan Kemampuan dan Sumber Daya Sendiri

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memikirkan dengan cermat bisnis e-commerce atau ritel online seperti apa yang dapat coba dikembangkan. Anda dapat mencoba menggunakan metode konvensional di mana bernegosiasi dengan produsen atau pemasok, kemudian menyimpan produk sebagai stok dan menjualnya sedikit demi sedikit.

Selain itu, Anda juga dapat membeli bahan mentah, mengolahnya dan menjualnya kembali dengan brand sendiri atau juga dapat benar-benar membuat produk baru yang dibuat berdasarkan pesanan. Sebenarnya ada banyak metode yang dapat digunakan dan semuanya tergantung dari mana yang lebih tepat dengan Anda, termasuk cocok dengan kemampuan, sumber daya dan sumber dana yang dimiliki.

Teliti Perkembangan Pasar, Perubahan yang Terjadi Sampai dengan Permintaan Konsumen

Tentunya, setelah pandemi mulai mereda atau terlewati masa-masa puncaknya, banyak orang yang membeli suatu barang dengan cara berbeda dari sebelum era Covid-19 berlangsung. Hal itu salah satunya disebabkan imbas dari perekonomian masing-masing orang menurun saat pandemi berlangsung. Maka mereka akan lebih memikirkan aspek prioritas daripada membeli sesuatu yang belum tentu dibutuhkan dalam jangka waktu dekat.

Oleh karena itu, Anda harus cermat dalam melihat perkembangan pasar dan juga perubahan yang terjadi dalam setiap hari atau minggunya. Ketika Anda harus membuka ritel online dengan menjual produk yang sudah terkenal sebelumnya atau menggunakan brand milik Anda sendiri, maka perhatikan hal-hal tersebut, perkembangan pasar dan perubahan yang terjadi. Selain itu, lihat juga apa saja yang sedang banyak dibutuhkan orang sekarang ini.

Jangan Mengejar Kuantiti, Mulailah dari yang Terkecil Kemudian Tingkatkan 

Ada kalanya seorang yang memiliki dana besar akan langsung menggunakannya untuk memborong produk-produk penting dan kemudian dijual lagi dengan harga yang menguntungkan. Ya, memang ada benarnya berpikiran tersebut, tapi semua orang tidak dapat menebak apa yang bakal terjadi setelahnya. Bisa saja permintaan akan barang-barang tersebut akan terus berlanjut, bisa jadi juga tiba-tiba berhenti dan tidak ada orang yang membutuhkannya.

Oleh karena itu, jangan mengejar kuantiti terlebih dahulu. Sedikit demi sedikit boleh dilakukan dengan ketekunan penuh. Optimalkan strategi penjualan dan kemudian kembangkan menjadi lebih tinggi lagi. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan metode memiringkan harga agar ritel online Anda mendapatkan kepercayaan dan dikenal oleh khalayak ramai.

Dan satu hal yang pasti, apabila dana yang Anda miliki lebih dari cukup, maka jangan letakkan semuanya dalam satu model bisnis saja atau seperti kata pepatah, “Jangan meletakkan semua telur dalam satu wadah. Pisahkan beberapa di antaranya di wadah yang berbeda agar tidak pecah.”