blogs - digital marketing

Tips Menyusun Content Plan Media Sosial, Efektif Tingkatkan Engagement Konsumen

10 Oct 16, 2020
Tips Menyusun Content Plan Media Sosial, Efektif Tingkatkan Engagement Konsumen

Saat ini, media sosial sudah bukan hanya menjadi sarana untuk menjalin silaturahmi. Anda bahkan bisa memanfaatkan relasi yang dibangun lewat dunia maya untuk membesarkan bisnis yang tengah dijalani. Tentu saja, Anda perlu untuk menyajikan konten-konten yang relatable sehingga mampu menarik perhatian teman-teman, yang otomatis menjadi target pasar Anda. Supaya konten yang Anda muat lebih relevan dan disukai, Anda akan memerlukan perencanaan konten media sosial. Berikut adalah sejumlah tips menyusun content plan media sosial yang dapat membantu meningkatkan tingkat engagement calon konsumen.

Ketahui Merek yang Anda Jual

Sebagai penjual, Andalah yang paling memahami produk yang ditawarkan. Misalnya, Anda menjual produk alat kebersihan rumah tangga. Maka Anda harus mengenali seluk-beluk tentang keunggulan, tips dan trik menggunakan peralatan tersebut sehingga mampu memberikan hasil yang maksimal. Cari tahu lebih dalam tentang keunggulan produk yang Anda miliki. Cari tahu juga keunikan dari produk yang Anda jual. Poin keunikan itulah yang bisa Anda gunakan sebagai konten untuk menarik pembeli.

Kenali Target Audiens Anda

Pemasaran yang baik adalah pemasaran yang terarah. Pertama-tama, Anda perlu memiliki gagasan tentang target audiens yang dituju. Misalnya, Anda menjual produk-produk perawatan wajah dengan bahan-bahan yang alami. Maka, target audiens Anda bukan hanya kaum Hawa saja. Namun, lebih tepatnya adalah perempuan muda yang memiliki masalah dengan kulit sensitif. Untuk menentukan target ideal Anda juga bisa menggunakan beberapa faktor, seperti usia, jabatan kerja, domisili tempat tinggal, pendapatan per bulan, permasalahan yang dihadapi, jenis media sosial yang banyak digunakan.

Dengan melakukan rumusan ini, dijamin akan sangat membantu Anda dalam menentukan target audiens yang juga sekaligus menjadi target pasar. Agar target penjualan Anda terpenuhi, gunakan platform media sosial yang digunakan mayoritas target pasar. 

Lakukan Analisis Kompetitor

Tips menyusun content plan media sosial lainnya adalah dengan meneliti kompetitor. Dengan melakukan analisis kompetitor, Anda jadi dapat mengetahui sejauh mana keberhasilan optimasi dari saingan. Anda juga perlu mengetahui letak kegagalan dari kompetitor. Dengan demikian, Anda dapat menyusun strategi konten plan yang lebih baik lagi. Anda juga bisa menggunakan pengetahuan tersebut untuk mendominasi media sosial yang tidak sempat dioptimalkan oleh pesaing. 

Demikianlah beberapa tips menyusun content plan media sosial. Tentunya, penjualan tersebut hanya dapat ditingkatkan jika Anda melakukan strategi content planning ini secara tekun. Selamat mencoba!