blogs - aksesoris

Rugi Kalau Rusak Terus, Ini Tips Merawat Earphone Termudah

10 Aug 31, 2020
Rugi Kalau Rusak Terus, Ini Tips Merawat Earphone Termudah

Earphone adalah salah satu aksesoris yang paling banyak digunakan oleh manusia modern. Dengan menggunakan perangkat ini, Anda dapat menikmati berbagai macam lagu dari smartphone maupun MP3 player dimanapun. Dengan mendengarkan lagu lewat earphone, aktivitas apapun yang Anda lakukan pun akan terasa semakin menyenangkan. Sehingga, tak heran jika earphone menjadi perangkat yang tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Sayangnya, tidak banyak orang yang mengetahui tips merawat earphone. Sehingga, hal tersebut mengakibatkan earphone Anda cepat rusak. Akhirnya, Anda jadi harus membeli perangkat earphone baru lagi. Membeli earphone baru otomatis membuat Anda harus menambah pengeluaran bulanan. Bayangkan jika earphone rusak dalam hitungan bulan tiap tahunnya? Bisa dibayangkan betapa borosnya, bukan?

Seringkali, Anda berpikiran untuk membeli perangkat earphone yang mahal. Padahal, semahal apapun earphone tersebut, tetap saja dapat rusak jika tidak diperlakukan dengan baik. Agar awet, simak ulasan tips tips merawat earphone berikut ini.

 

  • Pastikan Telinga Anda Kering Sebelum Memakai Earphone

 

Air merupakan musuh bebuyutan dari earphone. Apabila ada tetesan air yang masuk ke dalam earphone, maka mengakibatkan earphone mengalami konsleting. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan lubang telinga kering sebelum menggunakan earphone tersebut. Apabila Anda ingin menggunakan earphone untuk berolahraga, sebaiknya gunakan perangkat earphone yang memiliki fitur waterproof. Dengan demikian, tetesan keringat dari telinga dan rambut Anda tidak akan mengakibatkan earphone kesayangan menjadi rusak. Aktivitas berolahraga pun pastinya jadi jauh lebih menyenangkan.

 

  • Atur Volume yang Pas

 

Tak disangka, pengaturan volume saat Anda menggunakan earphone ternyata sangat berpengaruh pada keawetan perangkat ini. Ada alasan mengapa Anda tidak boleh mendengarkan lagu dengan volume yang terlalu keras. Tidak hanya hal tersebut dapat merusak pendengaran, tetapi juga berpotensi merusak earphone Anda. Earphone tentunya didesain agar dapat menghantarkan suara dalam batas volume tertentu. 

Biasanya, perangkat smartphone saat ini sudah dilengkapi dengan volume limiter, atau pembatas volume. Apabila Anda menjangkau batas volume yang diperbolehkan, maka smartphone akan memberikan peringatan. Apabila Anda mengabaikannya, maka suara yang dihasilkan cenderung pecah. Jika hal tersebut berlangsung terus-menerus, earphone Anda pun lambat laun akan mengalami penurunan kualitas audio. Maka dari itu, selalu dengarkan lagu dalam volume yang wajar. 

Jangan Tarik Bagian Kabel Saat Melepas Earphone

Salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan oleh pengguna earphone adalah cara pencabutan steker yang salah. Yang paling sering terjadi adalah Anda mencabut earphone dengan menarik kabel. Padahal di dalam kabel tersebut terdapat serat-serat halus yang rentan putus. Begitu serat kabel tersebut putus, maka earphone akan kehilangan kemampuan untuk menghantarkan suara. Cara yang benar untuk mencabut earphone dari smartphone Anda adalah dengan menarik bagian steker. 

Jangan Melepas Earphone dengan Cara Digoyangkan

Mungkin Anda mengalami kesulitan dalam mencopot earphone. Sehingga, Anda harus menggoyang-goyangkan steker earphone sembari menariknya. Tak disangka, ternyata hal tersebut dapat membuat port jack earphone menjadi mudah rusak atau lecet. Earphone pun tidak bisa menancap di perangkat smartphone atau laptop dengan baik. Oleh karena itu, salah satu tips merawat earphone adalah dengan mencabut earphone langsung dengan menarik garis lurus. Jangan lupa untuk melakukannya secara perlahan-lahan.

Gulung Earphone dengan Rapi dan Baik

Seringkali, Anda meletakkan earphone di dalam tas begitu saja tanpa menggulungnya. Padahal, hal tersebut berpotensi mengakibatkan kabel earphone gampang tersangkut dan tertarik-tarik. Kabel earphone yang terus tertarik tanpa sengaja bisa mengakibatkan earphone jadi tidak bisa digunakan lagi. Earphone Anda juga bisa menjadi kusut dan sulit diurai. Oleh karena itu, Anda harus tahu cara menggulung earphone dengan benar. 

Tips merawat earphone ini bisa Anda lakukan dengan menggunakan 3 jari, yaitu jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis. Gulung kabel earphone dengan 3 jari tersebut. Jangan lupa untuk meninggalkan sisa kabel terurai sepanjang 10 cm. Setelah itu, lepaskan ketiga jari Anda dari gulungan kabel. Rapikan gulungan kabel dengan menggunakan tangan. Pastikan ada ruang kosong di bagian tengah. 

Gunakan sisa kabel yang terurai untuk mengikat dan kaitkan jack earphone di bagian tengah. Jangan lupa untuk menyimpannya di tempat khusus. Anda bisa membeli kotak khusus untuk menyimpan earphone dengan membelinya di toko peralatan aksesoris smartphone atau online. Anda juga bisa menggunakan kotak kacamata yang tidak terpakai untuk menyimpan earphone sebelum memasukkannya ke dalam tas.

Pilih Earphone dengan Jenis Jack Berbentuk L

Saat sedang memilih earphone, jangan lupa lihat penampakan dari jack-nya. Sebisa mungkin, pilihlah earphone dengan jack berbentuk L. Earphone dengan jenis jack ini terbukti lebih awet jika dibandingkan dengan tipe earphone yang menggunakan jack berbentuk huruf I. Bentuk steker jack yang melengkung membuat earphone ini dapat menancap dengan lebih kencang. Yang paling penting, bentuk jack ini juga memudahkan Anda untuk mencabutnya. 

Demikianlah beberapa tips merawat earphone. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda.