ACCESSTRADE Indonesia

Tips Optimasi SEO Toko Online Agar Makin Terlihat di Google

Admin
digital marketing Oct 04, 2020

Dari waktu ke waktu, toko online semakin mendapatkan peminat. Banyak pengusaha kecil hingga menengah yang menggunakan platform media sosial dan blog untuk mempromosikan berbagai usahanya. Membuat blog saja ternyata tidak cukup. Untuk membuat toko online Anda mendapatkan banyak pengunjung, maka sangatlah penting untuk mengenali lebih dalam tentang kaidah SEO. SEO merupakan salah satu modal utama yang dibutuhkan setiap pemilik toko online. 

Optimasi SEO diharapkan mampu meningkatkan jumlah orang yang datang berkunjung, dan syukur-syukur menggunakan jasa yang Anda sediakan. Masing-masing toko online biasanya menerapkan trik SEO yang berbeda-beda. Namun, secara garis besar berikut adalah tips optimasi SEO toko online yang layak untuk Anda ketahui.

Daftar Isi

Hati-Hati dengan Konten Duplikat

Salah satu tips optimasi SEO yang perlu Anda terapkan adalah, meneliti konten yang akan diposting. Berhati-hatilah agar tidak ada konten duplikat, atau konten yang benar-benar sama dengan toko online lainnya. Hal ini sering ditemukan pada toko online, dimana mereka hanya melakukan copas pada deskripsi dan keterangan produk yang ada. Akibatnya, toko-toko online tersebut pun akan menerima sanksi dari Google. Jika Anda ingin mengoptimasikan toko online dengan menggunakan SEO, maka buatlah deskripsi konten yang menarik dan beda dari lainnya. Karena bagaimanapun juga, konten yang Anda buat akan menjadi cermin dari usaha toko online yang dikelola.

Kuasai Konten Strategi

Cara lainnya untuk mengoptimasi toko online Anda dengan kaidah SEO adalah dengan memastikan bahwa Anda memiliki strategi konten. Content strategy sangatlah diperlukan untuk memastikan bahwa konten Anda diterima dan disukai oleh Google. Untuk itu, Anda perlu memperkaya konten dengan topik yang unik dan berkualitas. Namun, di saat yang sama konten tersebut juga harus berhubungan dengan bidang usaha yang Anda miliki. Dengan konten yang unik dan menyegarkan serta relevan, situs toko online yang Anda kelola akan menduduki peringkat yang baik di dalam hasil mesin pencarian. 

Hindari Menggunakan Deskripsi Produk yang Dikeluarkan dari Produsen

Beberapa produsen memang kerap memberikan deskripsi produk untuk kemudian Anda copy dan paste. Walaupun praktis, namun hal tersebut tidak disukai oleh mesin pencari. Bisa-bisa, peringkat toko online Anda tidak terdongkrak gara-garanya. Oleh karena itu, alangkah baiknya untuk menulis ulang deskripsi produk yang akan dijual. Gunakan kata-kata yang menarik, unik, dan tentunya, SEO friendly. Selain itu, Anda juga dapat memperkuat kata deskripsi dengan memanfaatkan keyword yang paling banyak dicari orang-orang. Dengan begitu, semakin besar pula peluang Anda mendapatkan rangking tertinggi di Google.

Jangan Hanya Bergantung Pada Pay per Click

Salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan toko online adalah, terlalu menggantungkan diri pada fitur Pay per Click. Layanan Pay per Click seperti Google Ads memang dapat membantu meningkatkan peluang rangking Anda di mesin pencarian. Namun, begitu Anda berhenti berlangganan, maka visibilitas yang selama ini didapat akan langsung hilang. Selain itu, kebanyakan pengguna internet justru tidak menyukai toko online yang memasang terlalu banyak banner promosi. PPC memang seharusnya tidak dijadikan sebagai instrumen utama dalam mendatangkan pengunjung. Sebaliknya, layanan Pay per Click harus menjadi fitur yang mendukung penggunaan strategi optimasi SEO. 

Manfaatkan Optimasi pada Gambar Produk

Selain mengoptimasi konten, Anda juga dapat mengoptimasi toko online lewat gambar-gambar yang dipajang. Hal ini karena kebanyakan calon konsumen mencari produk berdasarkan gambar. Misalnya, produk kecantikan, produk kesehatan, maupun mainan anak. Anda dapat memanfaatkan kebiasaan calon pengunjung toko online dengan menambahkan keyword pada bagian tag dari gambar atau foto yang dipromosikan. Namun, bukan berarti Anda harus memasukkan kata kunci sebanyak-banyaknya ke dalam caption atau alternative tag. Anda hanya membutuhkan satu atau dua keyword yang relevan dan memiliki kedudukan yang kuat untuk ditangkap oleh Google.

Buat Meta Deskripsi yang Unik dan Menarik

Meta deskripsi memang menjadi salah satu metode yang banyak digunakan oleh pemilik toko online dalam menciptakan konten. Namun, strategi tersebut baru akan berhasil jika Anda mengetahui cara membuat meta deskripsi yang tepat. Jangan gunakan meta deskripsi yang digunakan oleh toko-toko online lainnya. Karena, hal tersebut justru bisa mengakibatkan dampak negatif pada optimasi SEO toko online Anda. Buatlah rangkaian meta deskripsi yang unik dan mampu menarik perhatian dari para pembaca. Semakin menarik meta description yang Anda cantumkan, akan semakin besar pula peluang toko online Anda muncul di mesin pencari.

Jangan Lupa Menyertakan Review Produk

Salah satu cara terbaik untuk mengoptimasi toko online Anda adalah dengan meningkatkan trust dari para konsumen. Salah satu caranya adalah dengan mengunggah review produk yang Anda pasarkan. Tambahan ulasan review dari pelanggan tersebut tentunya dapat membuat toko online Anda jadi terlihat kredibilitasnya. Dengan meningkatnya trust yang dimiliki, maka akan semakin banyak pula orang yang berkunjung dan membeli atau menggunakan jasa Anda.

Itulah beberapa tips optimasi SEO untuk toko online yang dapat Anda praktekkan. Dengan pengaplikasian yang tepat, tentunya ilmu di atas dapat membantu toko online Anda mampu bersiang di era digital saat ini. 

Artikel Terkait
how to
Tanpa modal, tapi bisa hasilkan komisi sampai 70%. Memang bisa? Syaratnya, cukup dengan ikuti cara daftar afiliasi Niagahoster dan jadi mitra dalam program tersebut, maka Kamu bisa ambil komisinya.
Sep 28, 2022
how to
Siapa bilang ibu rumah tangga tidak bisa menjajal menjadi affiliate marketer atau afiliator? Sekarang ini teknologi khususnya dunia digital sedang trend dengan dunia pemasaran afiliasi. Lantaran, program pemasaran afiliasi ini begitu menggiurkan.
Sep 28, 2022
affiliate marketing
Untungnya saat ini teknologi internet sudah berkembang begitu juga cara pemasaran dengan online. Nah, sebelum bergabung Kamu perlu mengetahui apa yang dimaksud dengan program afiliasi marketing, cara kerjanya,hingga apa saja keuntungannya.
Sep 28, 2022
affiliate marketing
Jika Kamu tergiur mencoba bisnis afiliasi marketing karena komisi yang didapat dan minim modal, Kamu perlu memahami apa itu pengertian afiliasi marketing. Pasalnya, bisnis afiliasi marketing yang sedang trend ini tidak hanya sebatas komisi saja.
Sep 27, 2022
affiliate marketing
Siapa yang mau menambah pundi-pundi uang? Jika Kamu salah satunya, maka mencoba pekerjaan afiliator bisa jadi jawabannya. Sebab, pekerjaan afiliator ini menjadi daya tarik tersendiri dan tantangan buat anak muda.
Sep 26, 2022
how to
Gemar desain? Ingin punya uang tambahan? Caranya gampang, Kamu bisa dapat uang jajan tambahan lewat aplikasi Canva ! Cukup dengan daftar afiliasi Canva yang mudah, Kamu bisa memperoleh penghasilan yang cukup lumayan.
Sep 25, 2022