blogs - digital marketing

Tools Digital Marketing untuk Tumbuhkan Bisnis

10 Jan 05, 2021
Tools Digital Marketing untuk Tumbuhkan Bisnis

Apabila Anda adalah seorang digital marketer dan selalu ingin sukses untuk mempromosikan layanan dari perusahaan atau juga produk yang dijual, maka Anda tidak dianjurkan untuk melakukan promosi secara manual. Anda harus memakai tools-tools khusus untuk dapat membantu aktivitas promosi tersebut. 

Dalam dunia digital marketing, ada satu planning framework yang harus Anda ketahui. Planning framework tersebut bernama RACE yang mana terbagi menjadi 4 bagian, yaitu Reach, Act, Convert dan Engage. 

Dari semua bagian tersebut, ada tools-tools khusus yang dapat Anda gunakan dan kesemuanya sudah tersedia di internet. Memang sebagian besar tools yang dapat digunakan berkategori berbayar, akan tetapi akan sangat membantu Anda sebagai seorang digital marketer.

REACH

Tools-tools yang dapat Anda gunakan di bagian ini antara lain:

Website Audience Comparing Tools yang mana sangat tepat untuk digunakan oleh para digital marketer untuk mendapatkan insights tentang source traffic dan pengunjung. Tools-toolsnya adalah Google Analytic dan Alexa.

SEO Keyword Analysis Tools yang merupakan alat-alat yang tepat untuk mencari sumber data di internet dan tools-tools yang direkomendasikan adalah SEMrush, Google Trends, Google AdWords Keyword Planner dan SEMcoop.

SEO Rank Checking Tools atau tools untuk mengetahui daftar posisi keyword berdasarkan ranking di mesin pencari besar, seperti Google, Bing, Yandex dan lain sebagainya. Tools dapat digunakan adalah SEMrush, MOZ, Google Search Console, Rank Tracker dan Advanced Web Ranking.

SEO Backlink Analysis Tools. Dengan menggunakan tools-tools ini, maka Anda dapat mengetahui backlink profile pada sebuah artikel atau di website. Tools yang direkomendasikan antara lain Moz, Majestic dan Google Search Console. 

ACT

Tools-tools yang dapat Anda gunakan di bagian ini antara lain:

On-Site Push Notifications Tools. Dengan memakai ragam tools yang masuk dalam kategori ini, maka Anda dapat meningkatkan engagement pelanggan atau pengunjung website. Tools-toolsnya antara lain Salecycle, Evergage, Brightinfo, Hellobar dan Sendpulse.

Blogging Tools yang dapat membuat web Anda lebih baik dibandingkan blog pada umumnya dan juga dapat meningkatkan profile link website yang bersangkutan. Tool yang baik untuk digunakan adalah Wordpress Tools, Blog Topics Generator, Drupal.

Page Engagement Tools adalah alat yang memiliki fungsi untuk meningkatkan engagement para visitor dan juga untuk mengetahui page views, bounce rate sampai dengan time on site. Untuk melakukannya, tools-tools inilah yang digunakan Hotjar dan Crazyegg.

CONVERT

Tools-tools yang dapat Anda gunakan di bagian ini antara lain:

Personalization for Ecommerce Tools adalah alat untuk mengkustomisasi secara cepat dan tepat. Peralatan yang dapat dipakai adalah Monetate, Salecycle, Omniconvert dan Evergage.

A/B and Multivariate Testing Tools merupakan kategori tools yang dapat digunakan untuk membantu Anda dalam bereksperimen sebelum web page yang diinginkan dapat ditampilkan ke publik. Tools-tools nya antara lain Google Optimize, Optimizely dan Convert.

ENGAGE

Tools-tools yang dapat Anda gunakan di bagian ini antara lain:

Live Chat Tools. Dengan memakai tools-tools ini, maka Anda dapat secara cepat berinteraksi atau menjawab pertanyaan apapun dari konsumen layaknya seorang customer service. Tools-toolsnya antara lain Zendesk, Liveperson dan Livechat.

Social Media Publishing Focus Tools memiliki fungsi untuk mengatur dan memonitori semua aktivitas dan segala hal yang menyangkut akun-akun media sosial yang Anda miliki. Untuk melakukannya, Anda dapat menggunakan Hootsuite atau Buffer.

Social Media Campaigns Tools dapat berfungsi sebagai media marketing yang sangat efektif. Walaupun berbayar, akan tetapi tools-tools ini dapat menjadi suatu investasi yang sangat penting dan bermanfaat. Tools-tools tersebut antara lain Pagemodo, Woobox, Spredfast dan Shortstack.

Untuk mempromosikan layanan perusahaan maupun produk yang dimiliki atau dijual, maka marketing campaign dirasa sangat penting untuk dilakukan. Agar hasilnya optimal, maka ada beberapa tools yang dapat digunakan untuk menjangkau, berinteraksi, mengubah, mengatur sampai melibatkan banyak hal.