blogs - media sosial

Tools Terbaik untuk Managing dan Scheduling Konten Instagram

10 Jan 19, 2021
Tools Terbaik untuk Managing dan Scheduling Konten Instagram

Jika dulu Instagram hanya digunakan sebagai media untuk berbagi dan pamer foto-foto menarik dan artistik, namun sekarang platform satu ini sudah memiliki fungsi lebih dari itu. Sekarang, Instagram juga menjadi salah satu platform sosial media yang dapat digunakan oleh para pebisnis ataupun marketer dalam menjaring dan mendapatkan pelanggan potensial sekaligus dijadikan alat untuk memperkenalkan produk atau layanan sebuah perusahaan.

Hanya saja, akan sedikit merepotkan ketika tidak memiliki tim yang khusus mengurusi platform media sosial satu ini untuk memperkenalkan produk atau layanan sampai dengan mencapai target market yang diinginkan. Dikatakan repot karena untuk menjadikan Instagram sebagai media pemasaran yang menarik, maka selain tampilannya harus bagus dan rapi, juga wajib secara konstan dan intens dalam uploading materi kontennya. 

Terlebih apabila menggunakan versi biasa, maka Anda tidak dapat mengatur jadwal upload konten-konten sampai dengan melihat data analisis untuk Instagram yang dimiliki sampai dengan mendapatkan hashtag yang tepat untuk ditampilkan di laman sosial media tersebut.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, berikut ini ada beberapa tools terbaik yang dapat digunakan sebagai ‘alat tempur’ dan dapat memudahkan Anda dalam managing dan scheduling setiap konten marketing dan segalanya di Instagram.

Shorby

Shorby merupakan sebuah tools yang dapat membantu untuk membuat tautan khusus di dalam postingan atau bio di Instagram Anda. Nantinya tautan tersebut dapat terhubung langsung dengan media lain yang URL-nya Anda gunakan, seperti website atau sejenisnya. Selain konten atau profile di bio, Anda juga dapat menambahkan nomor telepon atau nomor WhatsApp, ID Skype sampai dengan Facebook.

Shorby dapat digunakan secara gratis untuk perkenalan, sedangkan untuk versi lengkap dan lebih lamanya, Anda hanya perlu membayar sebesar USD 15/bulan. Dengan biaya tersebut, maka Anda akan mendapatkan 5 shortlink. Dan untuk paketan pro, Anda akan mendapatkan keleluasaan membaca data analisis yang mana terintegrasi langsung dengan Google Analytics dan lainnya.

Ninja Outreach

Ninja Outreach adalah sebuah alat yang dapat digunakan meneliti sekaligus menjangkau pelanggan berbasis research data. Dengan Ninja Outreach, Anda juga dapat membangun engage antara perusahaan dengan pelanggan secara mudah. Tidak hanya itu saja, terdapat juga fitur pencarian apapun di Instagram yang nantinya dapat Anda gunakan sebagai parameter dalam membuat strategi marketing selanjutnya.

Untuk pemakaian awal, Anda dapat memakai Ninja Outreach ini secara gratis, namun Anda hanya dapat mengoperasikan fitur standarnya saja. Untuk mendapatkan paket lengkapnya, maka Anda dapat berlangganan dengan harga USD 49 per bulannya.

HootSuite

Nah, bagi yang sering menggunakan sosial media untuk tujuan bisnis atau penyebaran konten, tentunya mengenal tools satu ini. Ya, HootSuite merupakan salah satu tools media sosial yang sangat populer. Dengan menggunakan HootSuite, Anda dapat melihat apa saja yang sedang terjadi di timeline dan juga untuk menganalisis data. Selain itu, fitur yang banyak digunakan adalah penjadwalan konten Instagram. Hanya saja, untuk dapat menggunakannya, Anda harus mengubah akun Instagram yang dimiliki dari Private ke Business.

HootSuite menawarkan paket gratis terbatas untuk 3 profil media sosial dan 30 pesan terjadwal yang mungkin cukup untuk beberapa pengguna. Paket berbayarnya adalah mulai dari USD 29 / bulan yang mencakup 10 profil sosial dengan penjadwalan konten yang tidak terbatas.

Sendible

Memiliki fungsi hampir sama seperti HootSuite, Sendible adalah tools untuk mengatur Instagram secara mudah. Anda dapat menjadwalkan semua konten, baik yang berbentuk gambar atau video, untuk dapat tampil di Instagram. Bahkan Anda juga dapat mengedit secara mudah, postingan lama dan menggantinya dengan yang baru.

Terdapat 2 pilihan dalam penggunaannya, yaitu versi gratisan dan yang berbayar. Untuk yang berbayar, maka akan ada banyak fitur yang dapat digunakan. Biayannya adalah sebesar USD 29 per bulan dan dapat digunakan di 12 profil berbeda dengan penjadwalan konten tak terbatas, posting RSS dan banyak lagi lainnya.

Combin

Combin merupakan tools yang sangat bermanfaat karena dapat menjadi solusi bagi para marketer dan pemilik usaha untuk memasarkan produk atau layanan sampai dengan merencanakan publikasi konten. Selain itu, dengan menggunakan Combin, Anda dapat mendeteksi siapa saja yang follow dan unfollow, mencari target audience sampai dengan mengatur jadwal tayang.

Terdapat 3 pilihan pemakaian untuk Combin ini, yaitu yang bersifat gratisan dengan fitur terbatas, paket Personal dengan biaya USD 15 per bulan dan Business dengan biaya USD 30 per bulan. Tentu saja, setiap paket memiliki perbedaan dalam hal fitur serta keleluasaan layanannya.

All-Hashtag

Sedangkan bagi yang tidak ingin mengunduh dan menginstal software atau tools untuk hanya sekadar mencari hashtag populer dan relate dengan produk atau layanan yang ditawarkan, maka Anda dapat menggunakan layanan dari sebuah website yang bernama all-hashtag.com. Di website ini, Anda dapat memiliki top hashtag, random hashtag ataupun live hashtag yang kemudian digenerate untuk mendapatkan hasilnya. Layanan dari All-Hashtag ini 100 persen gratis.