blogs - media sosial

Twitter Resmi Umumkan Periscope Berhenti Beroperasi Mulai Bulan Maret 2021

10 Dec 20, 2020
Twitter Resmi Umumkan Periscope Berhenti Beroperasi Mulai Bulan Maret 2021

Bagi pengguna Twitter, terntunya mengenal apa itu yang dinamakan Periscope. Ya, Periscope adalah aplikasi video streaming untuk perangkat berbasis Android dan iOS yang mana telah diakuisisi Twitter pada tahun 2015 lalu. 

Walaupun tidak ada konfirmasi mengenai hal ini, akan tetapi banyak pengamat yang mengatakan bahwa Twitter sengaja mengakuisisi Periscope, bahkan sebelum aplikasi tersebut dirilis secara resmi, karena ingin menyaingi aplikasi serupa yang populer, yaitu Meerkat.

Terlepas dari sejarah aplikasi dan alasan Twitter mengakuisisinya itu, ternyata setelah dirilis ke publik secara resmi mulai tanggal 26 Maret 2015 lalu, platform media sosial berlogo burung biru tersebut akan menghentikan operasional Periscope. Aplikasi live-streaming milik Twitter tersebut akan berhenti beroperasi pada bulan Maret 2021 mendatang.

“Hari ini, dengan berat hati kita memutuskan untuk menghentikan operasional Periscope sebagai aplikasi terpisah (dari Twitter) mulai bulan Maret 2021. Selamat tinggal Periscope,” tulis piha Twitter dalam blog resminya.

Tentunya akan menjadi satu informasi yang menyedihkan bagi para pencinta Periscope. Walaupun sekarang ini popularitasnya sudah kalah dengan beberapa aplikasi live-streaming lainnya, akan tetapi dulu Periscope pernah menjadi aplikasi favorit dan sangat populer di Apple App Store. Bahkan Periscope juga pernah menyabet gelar Apple App of the Year 2015.

Alasan Twitter menghentikan operasional Periscope karena merasa aplikasi tersebut sudah susah untuk bersaing dengan platform sejenis lainnya. Selain itu, biaya operasional Periscope juga tidak sedikit. Tidak hanya itu saja, popularitas dan jumlah pengguna Periscope dari tahun ke tahun selalu berkurang. 

Ditambah lagi, Periscope juga dirasa tidak memiliki peran signifikan untuk Twitter yang mana karena berdiri sebagai aplikasi terpisah, maka akan sulit diintegrasikan secara langsung antar-aplikasi. 

Jadi, pada bulan Maret 2021 nanti, setelah operasional Periscope dihentikan secara total, aplikasi ini akan resmi ditarik dari Google Play Store dan Apple App Store. Dan untuk sementara ini sampai waktu akan ditutupnya aplikasi tersebut, Twitter tidak akan memberikan update terbaru lagi. Sayangnya, Twitter tidak menyebutkan apa yang akan mereka gunakan sebagai pengganti Periscope tersebut nantinya.