blogs - aplikasi

Mengenal Venmo, Aplikasi Transfer Duit Paling Aman Milik PayPal

10 Feb 04, 2021
Mengenal Venmo, Aplikasi Transfer Duit Paling Aman Milik PayPal

Mungkin selama ini Anda melakukan aktivitas transfer uang menggunakan ATM atau juga melalui bank jika jumlah yang dikirimkan cukup besar. Tapi akan sedikit merepotkan apabila Anda sedang sibuk akan pekerjaan atau aktivitas penting, namun harus mengirimkan uang ke pihak lain yang mana berarti Anda harus keluar dan menuju bank atau ke ATM.

Untuk mengatasi hal tersebut, ada sebuah aplikasi yang tepat guna dan dapat mengatasi masalah pengiriman uang tersebut secara cepat dan aman. Aplikasi tersebut dinamakan Venmo. Apa itu Venmo? Berikut ini adalah penjelasan singkatnya.

Venmo, Apakah Itu?

venmo

Venmo merupakan sebuah aplikasi untuk perangkat seluler berbasis Android dan iOS yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan transfer secara cepat dan sederhana. Venmo adalah cara baru untuk saling berbagi tagihan, mengganti biaya taksi dengan teman atau patungan membayar sewa kamar kos dengan teman sekamar. Sama seperti PayPal, Venmo juga terikat ke rekening bank atau kartu debit maupun kartu kredit. Meski begitu, Anda juga bisa mengisi saldo dalam aplikasi.

Aplikasi ini diluncurkan kali pertama pada tahun 2009 yang kemudian diakuisisi oleh Braintree pada tahun 2012. Hanya berselang satu tahun, kepemilikan Venmo beralih dari Braintree ke PayPal. Di tangan PayPal, Venmo berubah menjadi aplikasi yang sangat kompleks dan penuh dengan fitur-fitur menarik di dalamnya.

Yang membuat Venmo unik adalah fokusnya pada interaksi sosial, di mana setiap pembayaran dilengkapi dengan pesan terlampir yang dipublikasikan secara publik dengan jumlah total yang telah dihapus. Fungsinya tak jauh berbeda dengan media sosial lain, seperti Facebook atau Twitter.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Venmo merupakan platform khusus seluler, jadi untuk bisa menggunakannya Anda harus mengunduh dan menginstal aplikasinya dari Google play Store atau Apple App Store terlebih dahulu.

Setelah itu, Anda akan diminta untuk membuat akun. Dan jika ingin mengirim uang, Anda juga harus menautkan rekening bank atau kartu debit maupun kartu kredit. Namun sayangnya, saat ini Venmo baru bisa dinikmati oleh pemilik rekening bank di Amerika Serikat.

Pada dasarnya layanan ini berfungsi sebagai perantara dan mentransfer uang dari akun Venmo Anda ke akun teman. Biasanya dibutuhkan waktu beberapa jam atau bahkan beberapa hari hingga dana yang kita transfer muncul atau masuk ke akun pengguna lain.

Apabila Anda memiliki cukup saldo di akun Anda, jumlah uang akan dikurangi dari saldo tersebut. Tapi jika tidak, maka Anda harus memilih metode pembayaran, apakah dari rekening bank, kartu debit atau kartu kredit.

Apakah Venmo Gratis? Bagaimana Caranya Menghasilkan Uang?

Anda bisa membuat akun Venmo dan melakukan transfer dana secara gratis tanpa dipungut biaya apapun selama menautkan rekening bank atau kartu debit. Tapi jika Anda menautkan kartu kredit, akan ada biaya sebesar 3% dari perusahaan kartu kredit untuk setiap transaksi. Dan benar-benar hanya itu biaya yang dibebankan pada pelanggan.

Dan tahukah Anda, bahwa Venmo juga bisa menghasilkan uang? Ya, Venmo bisa menghasilkan uang dari beberapa sumber, salah satunya adalah transfer instan. Layanan ini memungkinkan Anda untuk mengirimkan uang dari aplikasi ke rekening bank AS atau kartu debit dan menerima uangnya dalam waktu 30 menit saja. Biayanya 1% dari nominal transfer. Tapi Anda juga tetap bisa mentransfer uang tanpa membayar sepeserpun, lho. Hanya saja akan ada waktu tunggunya, yakni antara 1 hingga 3 hari kerja.

Apakah Ada Batasan Transfer?

Ada. Venmo memberlakukan batasan seberapa banyak penggunanya bisa mentransfer ke pengguna lain setiap pekan. Untuk pengguna baru yang belum diverifikasi, batasannya adalah $ 299,99 per minggu. Setelah Anda memverifikasi identitas dengan mengirimkan identifikasi tertentu, seperti nomor Jaminan Sosial, kode pos dan tanggal lahir, maka batasan transfernya meningkat menjadi $ 4.999,99 per minggu. Anda bisa membelanjakan tambahan biaya sebesar $ 2.000 per minggu untuk authorized vendor.

Ada juga batasan dari Venmo mengenai berapa banyak uang yang bisa Anda transfer ke rekening bank. Batasan setiap pekannya adalah $ 999,99 untuk pengguna yang belum diverifikasi dan $ 19.999,99 untuk pengguna terverifikasi. Namun nominal tertinggi yang bisa Anda transfer sekaligus adalah $ 2.999,99.

Apakah Venmo Aman?

Well, secara umum, Venmo sangat aman digunakan untuk mentransfer uang ke teman atau untuk membeli barang di vendor resmi. Perusahaan mengenkripsi data Anda dan menyimpannya di lokasi yang aman, sehingga kemungkinan terjadinya pelanggaran keamanan sangat rendah. Akan tetapi, sama seperti semua layanan yang berkaitan dengan keuangan lainnya, Anda tetap diwajibkan untuk ekstra berhati-hati.

Aplikasi Venmo sendiri dilengkapi dengan beberapa langkah keamanan tambahan untuk menjamin keamanan akun Anda, seperti persyaratan PIN untuk setiap transfer. Jika Anda kehilangan ponsel atau mencurigai ada seseorang yang sedang menggunakannya tanpa sepengetahuan Anda, Anda bisa log out dari akun melalui situs web resmi.

Meski begitu, Venmo sendiri menyatakan bahwa layanan mereka ditujukan untuk penggunaan antar teman, jadi Anda tak boleh mentransfer uang ke orang tak dikenal. Anda juga tidak akan bisa mendapatkan kembali uang yang telah Anda transfer ke orang lain. Selain itu, pastikan Anda berhati-hati dengan apa pun yang Anda tulis pada setiap transaksi, karena semua komentar Anda bisa dibagikan ke publik. Pengaturannya memang bisa Anda ubah sesuka hati, tapi untuk pengaturan default sudah secara otomatis disetting publik semua.

Itulah sekilas fakta tentang Venmo yang perlu Anda ketahui.