blogs - gawai

Vivo Y52s, Smartphone Mid-range yang Support Jaringan 5G

10 Dec 17, 2020
Vivo Y52s, Smartphone Mid-range yang Support Jaringan 5G

Mendekati penghujung tahun 2020, Vivo sebagai salah satu vendor mobile besar dunia kembali merilis produk smartphone terbaru mereka yang dinamakan Vivo Y52s. Dan tentu saja mengacu pada namanya, Vivo Y52s ini merupakan penerus dari model sebelumnya yaitu Vivo Y51s.

Smartphone yang masuk dalam kategori mid-range phone ini masih mengadopsi desain dari model terdahulunya. Hanya saja, dari warnanya, Vivo lebih melakukan improvisasi dengan menggunakan 3 warna berbeda yang terinspirasi dari alam, yaitu Monet, Coral Sea dan Titanium Grey.

Pada bagian depan, Vivo Y52s memiliki layar besar berjenis IPS LCD dengan ukuran 6,58 inci yang berdesain bezel-less dengan waterdrop notch pada bagian atasnya. Resolusi layar dari smartphone satu ini adalah 1080 x 2408 pixel dengan tingkat density sebesar 400 ppi yang dirasa sangat besar untuk ukuran smartphone kelas mid-range.

Vivo Y52s

Hanya saja, layar dari Vivo Y52s ini tidak menggunakan pelindung buatan Corning seperti yang banyak digunakan smartphone-smartphone lain di pasaran, melainkan hanya damage-resistant glass biasa saja.

Beranjak ke bagian belakang, terdapat 2 buah lensa kamera yang salah satunya menjadi lensa utama dengan resolusi sebesar 48MP dan satu lagi mempunyai resolusi 2MP. Fasilitas untuk lensa belakangnya antara lain, night scene, portrait, photo, video, panorama, dynamic photo, slow motion, time-lapse photography, professional, AR cute shooting, short video, document correction, AF focus dan Super EIS video anti-shake. Sedangkan lensa kamera depannya memiliki resolusi sebesar 8MP.

Vivo Y52s ini masih menggunakan operating system Android versi 10 dengan tambahan user interface Funtouch OS 10.5 di dalamnya. Sedangkan untuk chipsetnya sendiri, Vivo memakai MediaTek Dimensity 720 5G SoC dengan prosesor Octa-core (2x2.0 GHz Cortex-A76 & 6x2.0 GHz Cortex-A55) dan GPU Mali-G57 MC3. Satu hal lagi, smartphone ini support tidak hanya untuk digunakan di jaringan 4G LTE saja, akan tetapi juga di jaringan 5G.

ROM di dalamnya berkapasitas 128GB UFS 2.1, namun sayangnya tidak ada slot untuk memory card. Sedangkan RAM-nya adalah sebesar 8GB LPDDR4X yang sudah lebih dari cukup untuk membantu memperlancar jalannya sistem dan meningkatkan performa perangkat.

Baterai di dalamnya adalah Lithium Polymer dengan kapasitas sebesar 5000 mAh yang sudah support teknologi fast charging 18W. Hanya saja untuk mendapatkannya bukan perkara mudah karena sepertinya Vivo hanya menjual smartphone satu ini di pasaran Cina dan India saja. Untuk harganya sendiri, Vivo Y52s dibandrol sebesar CNY 1898 atau sekitar Rp4,09 jutaan.