blogs - gawai

Setelah Apple dan Samsung, Xiaomi Juga Bakal Jual Smartphone Tanpa Charger

10 Dec 29, 2020
Setelah Apple dan Samsung, Xiaomi Juga Bakal Jual Smartphone Tanpa Charger

Di awal perilisan seri iPhone 12 oleh Apple beberapa bulan lalu, banyak konsumen dan pencinta produk dari vendor mobile berlogo buah apel tersebut kecewa. Hal itu dikarenakan Apple tidak mengikutsertakan kepala charger dalam kotak kemasan produknya dengan alasan agar dapat lebih ramah lingkungan dan tidak menimbulkan sampah elektronik ketika charger tersebut sudah aus atau rusak nantinya. Bagi yang ingin memiliki charger khusus seri iPhone 12, Apple menjualnya secara terpisah.

Sontak saja, hal tersebut mendapatkan sindiran dari sang kompetitor terbesar, yaitu Samsung. Uniknya, setelah melakukan sindiran terhadap Apple karena tidak mengikutsertakan charger tersebut, tiba-tiba saja Samsung dikabarkan juga akan mulai meniadakan alat pengisi daya baterai untuk produk smartphonenya itu mulai tahun 2021 mendatang. 

Alasan Samsung melakukannya adalah produk smartphone Samsung terbaru nantinya masih dapat menggunakan charger dari model sebelumnya dan dapat lebih menghemat biaya produksi yang berimbas pada harga jual perangkat yang juga turun.

Dan sekarang ini, tiba-tiba saja CEO Xiaomi, Lei Jun, mengkonfirmasikan secara tegas bahwa dimulai dari produk smartphone terbaru nantinya, yaitu Xiaomi Mi 11 yang bakal hadir pada tanggal 28 Desember 2020 nanti, akan dijual tanpa charger di dalam box kemasannya. Alasan Jun terkait tidak adanya charger dalam box kemasan produk smartphone terbaru Xiaomi tersebut mirip dengan alasan Apple yaitu terkait dengan masalah lingkungan.

Padahal sebelumnya, Xiaomi Mi 11 sudah mengikutsertakan kepala charger dan kabelnya dalam box kemasan. Bahkan terdapat pula kotak khusus untuknya, akan tetapi kemudian perusahaan berbasis di Cina ini mengubah aturan dan menanggalkan charger dari box kemasan. 

“Xiaomi Mi 11 is officially unveiled with brand new packaging, so light and thin. Behind the thinnes, we made an important decision: in response to the call of technology and environmental protection, Xiaomi 11 canceled the included charger."

Today everyone has a lot of idle chargers, which is both your trouble and the burden of the environment. We are well aware that this decision may not be understood or even complained. Is there a better solution between industry practice and environmental protection? Next Monday, we will talk at the Mi 11 press conference,” tulis Jun dalam akun Weibo pribadinya.

Dengan bergabungnya Xiaomi sebagai vendor yang mulai memikirkan lingkungan hidup, bersama dengan Apple dan Samsung, maka diharapkan juga akan ada banyak vendor atau perusahaan lain yang memiliki visi dan misi sama.