blogs - gawai

Poco M3, Smartphone Canggih Terbaru dari Xiaomi di Penghujung Tahun 2020

10 Dec 03, 2020
Poco M3, Smartphone Canggih Terbaru dari Xiaomi di Penghujung Tahun 2020

Setelah lama ditunggu dan hanya beredar rumor-rumornya saja, akhirnya Xiaomi secara resmi merilis produk smartphone mid-range terbarunya yang masuk jajaran Pocophone, yaitu Poco M3. Smartphone satu ini diciptakan untuk menyasar pengguna muda yang suka tampil gaya dan penuh warna.

Dari desainnya, Poco M3 ini tidak begitu berbeda dengan kebanyakan Pocophone lainnya, hanya saja ketika dibalik, maka modul untuk kameranya berbeda dengan model lain. Modul kamera belakang Poco M3 ini dibuat dengan desain yang cukup besar dan menutupi sisi atas bagian belakang produk. Untuk bagian belakangnya memang material yang digunakan bukan dari alumunium dan benar-benar glossy, akan tetapi tidak menunjukkan bahwa ponsel ini terlihat murahan.

Material yang digunakan adalah plastik polycarbonate dengan warna doff secara menyeluruh tanpa gradasi apapun. Terdapat 3 pilihan warna, yaitu POCO Yellow, Cool Blue dan Power Black. Dimensinya sendiri adalah 162.3 x 77.3 x 9.6 mm dengan berat 198 gram. Bagian depannya terbuat dari kaca yang sudah dilindungi dengan menggunakan Corning Gorilla Glass 3. 

Layarnya menggunakan jenis LCD dengan ukuran 6,53 inci dan memiliki resolusi sebesar 1080 x 2340 pixels FHD+. Density layarnya adalah 395 ppi dengan tingkat kecerahan minimal 400 nits. Layarnya juga sudah mengantongi sertifikat TÜV Rheinland Low Blue Light dan support dengan Color Temperature Adjustment, Standard Mode, Reading Mode 2.0 sampai dengan Sunlight Mode.

 

Beranjak ke bagian dalam, Poco M3 ini menggunakan operating system Android 10 dengan user interface MIUI 12. Sedangkan chipset yang dipakainya adalah Qualcomm SM6115 Snapdragon 662 (11 nm) dengan prosesor Octa-core yang memiliki clock rate 2.0GHz serta GPU Adreno 610. Teknologi AI di dalamnya adalah Qualcomm AI Engine generasi ketiga. RAM di dalamnya sebesar 4GB LPDDR4x dengan 2 pilihan ROM, yaitu 64GB (UFS 2.1) dan 128GB (UFS 2.2).

Pada bagian depan terdapat punch hole atau diistilahkan Dot Drop Display untuk menempatkan lensa kamera yang memiliki resolusi sebesar 8MP. Sedangkan pada bagian belakang terdapat 3 buah lensa kamera yang masing-masing mempunyai resolusi 48MP (wide), 2MP (macro) dan 2MP (depth sensor).

Baterai yang dipakainya berjenis non-removable Lithium Polymer dengan kapasitas 6000 mAh dan sudah support teknologi fast charging 18W serta support reverse charging. Sayangnya, produk satu ini baru dipasarkan di Amerika Serikat dengan harga sekitar Rp2,1 jutaan untuk yang varian 4GB/64GB atau Rp2,3 jutaan untuk yang varian 4GB/128GB. Belum diketahui kapan Poco M3 ini akan masuk ke pasaran Tanah Air.