Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Google Search Console

BLOGS - HOW TO Sep 14, 2016
Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Google Search Console

Setelah website anda selesai di develop, hal berikutnya yang perlu anda lakukan adalah membuat akun di Google Search Console. Fitur ini akan membantu anda mengetahui bagaimana cara kerja Google melakukan crawling data, analisa dan melakukan index. Dengan demikian akan membantu anda meningkatkan peringkat website anda terhadap mesin pencari Google.

Fitur ini bukanlah fitur baru dari Google, karena sebelumnya fitur ini diberi nama “Google Webmaster Tools”. Dan sejak tanggal 20 Mei 2015 namanya diganti menjadi Google Search Console. Di artikel ini kita akan menjalani proses pemakaian fitur-fitur yang relevan untuk website anda.

Verifiying Ownership (Pengesahan Kepemilikan)

Untuk memulai anda perlu melakukan verifikasi terhadap website yang ingin anda analisa, ini untuk membuktikan bahwa anda adalah benar-benar memiliki otoritas terhadap website tersebut. Ada beberapa metode verifikasi ini, semakin banyak metode verifikasi yang anda lakukan, akan semakin mudah untuk Google melakukan analisa.

Anda juga disarankan untuk verifikasi URL website anda tanpa “www”. Semakin banyak versi yang anda verifikasikan, Google akan melakukan lebih banyak crawl data, menganalisa dan akan memberikan laporannya ke anda.

Search Appereance (Tampilan Pencarian)

Fitur ini akan menunjukan seperti tampilan website anda pada halaman search result. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi tampilan ini dan tampilan ini juga akan mempengaruhi CTR (Click Through Rate) anda.

Structured Data

Pada halaman ini Google akan mengumpulkan seluruh data yang terstruktur beserta kemungkinan error dan menampilkannya dalam bentuk grafik. Dengan fitur ini anda bisa mengidentifikasi halaman mana saja yang berpotensi error sehingga bisa anda antisipasi dengan menggunakan tool seperti Structured Data Testing Tool.

Data Highlighter (Data Pokok)

Fitur ini membantu anda yang belum memiliki backend tapi tetap ingin menggunakan Structured Data. Cukup dengan kemudahan point – click, fitur ini akan membantu anda mengimplemetasikan structured data anda.

Caranya, mulai dengan URL dari website anda, pilih tipe informasi nya dan mulai di highlight. Ketika anda melakukan highliting, gunakan menu konteks untuk memilih tag.

Semua informasi tersebut akan muncul pada bar sebelah kanan. Apabila anda salah memilih (highlight), klik tombil “clear tag” dan mulai dari awal lagi.Informasi yang tidak mucul pada bar tersebut bisa anda secara manual, klik ikon gear lalu pilih “add missing tags”

HTML Improvements (Perbaikan HTML)

Halaman ini mengumpulkan error yang berhubungan dengan meta description, Judul dan konten yang tidak terindeks.halaman ini biasanya dipakai untuk mencari konten yang dobel pakai, atau sesuatu yang tidak disetujui oleh Google.

Sitelinks

Sitelinks digunakan untuk membantu pengunjung untuk melihat fitur / halaman lain didalam web anda melalui Search engine. Apabila anda merasa sitelink web anda salah atau tidak sesuai, anda bisa menurunkannya / menggantinya. Pilih halaman yang ingin anda ganti lalu masukan URL yang baru.

Search Traffic

Fitur ini untuk mengetahui asal domisili / geografis pengunjung web anda, domain mana yang memiliki link dengan website anda dan seperti apa struktur link internal anda.

Search Analytics

Fitur ini sebelumnya dikenal dengan nama Search Queries, merupakan salah satu fitur yang paling terkenal pada Goosle Search Console. Fitur ini akan memberian informasi tentang traffic organik dari Google, anda juga akan diinformasikan query, halaman, asal negara dan gadget yang dipakai pengunjung untuk mengakses ke website anda.

Dengan menggunakan filter yang tersedia anda bisa mengetahui performa website anda pada hasil mesin pencari Google seperti :

  1. Berapa banyak yang mencari menggunakan pencarian lewat gambar atau image search.
  2. Perbandingan rata-rata penggunaan desktop atau melalui gadget yang mengakses website anda.
  3. Perbandingan jumlah pengunjung di area tertentu pada periode sebelumnya dan periode sekarang. Dan sebagainya.

Link To Your Site

Yang paling menarik dengan fitur laporan link ini adalah, pemakaiannya tiidak dipungut biaya alias gratis. Fitur ini akan menampilkan domain mana yang terhubung dengan web anda, achor text dan halaman mana yang paling sering dikunjungi. Laporan ini bisa anda download dalam format Excel dengan klik tombol “more”

Internal Links

Link internal dan eksternal bisa membantu ranking web anda menjadi lebih baik. Disini anda bisa mengetahui halaman mana saja yang mendapat link internal paling sering. Anda tinggal klik URL nya untuk melihat keseluruhan list.

Manual Actions

Halaman ini memuat informasi tentang penalti yang sedang diberlakukan Google terhadap website anda. Halaman ini akan kosong apabila website anda tidak dalam masalah. Apabila anda terkena penalti dari Google, maka anda akan menerima pesan seperti dibawah:

Beberapa hal yang menyebabkan penalti adalah :

  1. Link yang tidak natural yang mengarah ke website anda
  2. Halaman kena hack
  3. Konten tidak lengkap atau tidak ada konten sama sekali
  4. Ada link redirect yang disembunyikan

Untuk mengatasi hal ini, ada banyak artikel yang bisa membantu, silahkan anda cari di Google. Gunakan kata kunci yang tepat seperti “Recover from Google penalty”

International Targeting

Dengan Google Search Console ini anda tidak perlu menggunakan “hreflang markup” lagi untuk mengetahui geografis pengunjung web. Anda cukup buka laporan dari Google Search Console International Targeting.

Mobile Usability

Google mengumumkan bahwa sejak tanggal 21 April 2015, website dengan design yang responsif untuk tampilan mobile (gadget) akan diperhitungkan ke ranking. Ini menguntungkan karena pemakaian internet melalui gadget semakin meningkat. Ada fitur Mobile Friendly Test untuk mengetahui apakah website anda termasuk kategori responsif untuk gadget.

Google Index

Di sini anda bisa mengetahui berapa halaman anda yang termasuk dalam indeks Google sekaligus mengetahui URL yang di blok oleh Google.

Index Status

Menunjukan jumlah halaman yang di indeks Google. Halaman-halaman ini adalah yang bisa diakses oleh Googlebot. URL yang tidak bisa diakses / diblok tidak ditampilkan disini.

Content Keyword

Menunjukan kata kunci (keyword) yang paling sering disebut dalam website anda.

Blocked resources

Menunjukan halaman mana saja yang di tidak bisa diakses atau di blok oleh therobot.txt.file.

Removed URLs

Fungsinya untuk menghilangkan halaman web dari indeks Google, anda juga bisa melakukan langkah preventif dengan menggunakan The robots.txt file. Hanya admin dengan akses penuh bisa melakukan hal ini.

Crawl

Sebelum halaman website anda masuk ke indeks Google, website anda perlu di crawl terlebih dahulu. Informasi tentang proses crawl bisa dilihat dibawah ini:

Crawl Errors

Menunjukan error yang ditemukan Googlebot dalam proses crawling yang dilakukan terhadap website anda.

Crawl Stats

Menunjukan jumlah halaman yang sudah di crawl selama 90 hari terakhir.

Fetch as Google

Sebuah alat diagnosa dimana anda bisa mensimulasikan bagaimana Google “menerjemahkan” halaman website anda. Dengan alat ini anda bisa mengira-ngira bagaimana nantinya browser membaca dan menampilkan website anda termasuk membaca tampilan gambar, javascript, CSS dan sebagainya.

Robot.txt Tester

Gunakan fitur ini untuk tes robots.txt yang baru serta untuk melakukan pemeriksaan terhadap error.

Sitemaps

Gunakan tombol disebelah pojok kanan atas untuk menambahkan atau edit Sitemap. Error yang terjadi pada sitemap juga akan muncul di halaman ini.

URL parameters

Fitur ini untuk membantu Google dalam mengenali parameter URL halaman website anda.

Security Issues

Apabila anda menerima pesan seperti dibawah ini sementara anda adalah admin web yang sah, maka kemungkinan web anda terkena hack. Untuk informasi lebih detail dan memperbaikinya, anda bisa buka halaman “Security Issues” ini.

Extra Settings

Site Settings

Disini anda bisa setting domin yang anda sukai, seperti memakai “www” atau tidak. Untuk itu anda perlu memverifikasi kepemilikan anda terhadap kedua versi domain tersebut. Anda juga bisa seting ulang crawl rate untuk memaksimalkan crawl Google terhadap website anda. Setiap seting crawl rate yang baru akan bertahan sampai 90 hari lalu anda harus seting ulang kembali.

Change Of Address

Berguna apabila merubah alamat website anda ke domain yang baru, agar membantu Google melakukan indeks terhadap website dengan doamin baru anda.

Summary

Tool dari Google ini terhitung sederhana, tetapi memiliki fungsi guna yang tinggi terlebih bagi anda yang baru saja meluncurkan website. Bagi website yang sudah eksis sebelumnya, Google Search Console juga sangat berguna sebagai pemantau performa website terhadap mesin pencari (search engine).

Sumber: "Everything You Need To Know About Google Search Console" by : Kevin Vertommen.