ACCESSTRADE Indonesia

Afiliasi Pemasaran, Penjelasan dan Cara Memulai Jadi Afiliasi Marketer dari Pemula sampai Profesional

Admin
affiliate marketing Nov 16, 2022

Baca Juga: Tips dan Trik Cara Menggunakan Affiliate Marketing Accesstrade Untuk Menambah Penghasilan

Bisnis Afiliasi Pemasaran sudah tidak asing terdengar di telinga, apalagi bagi para pelaku usaha bisnis online. Kata Afiliasi dalam KBBI diartikan sebagai pertalian, perhubungan, atau suatu bentuk kerja sama antara dua pihak.

Afiliasi Pemasaran merupakan strategi atau metode yang dilakukan secara online dengan tujuan mempromosikan produk atau jasa seseorang maupun perusahaan.

Umumnya pada sistem Afiliasi Pemasaran, ada 3 pihak yang terlibat, yaitu:

  1. Merchant – Dikenal juga sebagai creator atau brand. Pihak ini memegang kepemilikan atas suatu produk.
  2. Afiliasi Marketer – Pihak ini merupakan orang yang mempunyai power atau pengaruh untuk mengajak khalayak membeli atau menggunakan produk. Biasanya, Afiliasi Marketer adalah seorang blogger, influencer, atau perusahaan yang berfokus di bidang Afiliasi Pemasaran.
  3. Pelanggan – Pihak ini yang akan membeli atau menggunakan produk yang dipromosikan oleh Afiliasi Marketer.
Daftar Isi

promotion

Cara Kerja Afiliasi Pemasaran

Sebelum Anda berkecimpung di dunia bisnis Afiliasi Pemasaran, baiknya pertimbangkan beberapa hal dari berbagai sudut. Melansir Accesstrade, ada tiga langkah jitu yang bisa Anda ikuti agar mendapat komisi besar.

Pertama, pilih campaign dengan komisi terbaik. Di Accesstrade terdapat ribuan campaign dari brand ternama yang bisa menjadi ladang cuan.

Kedua, bagikan link Afiliasi ke berbagai channel promosi yang Anda miliki. Accesstrade mempunyai custom link generator untuk Publisher, Individual Blogger, atau Social Media Influencer.

Terakhir, dapatkan komisi maksimal dari action yang tervalidasi. Setiap promosi yang Anda lakukan, akan mendapatkan komisi dari para Merchant.

Setelah menimbang hal-hal tersebut, Anda bisa memulai langkah-langkah menjadi Afiliasi Marketer sebagai berikut:

1. Daftarkan diri Anda.

Pilih perusahaan yang bergerak di bidang afiliasi seperti Accesstrade, kemudian Anda bisa mendaftar melalui web untuk mendapatkan link. Untuk pendaftaran, pengisian data diri mudah dimengerti dan tidak rumit.

2. Share link.

Setelah mendapatkan link, Anda membagikan link tersebut ke berbagai kanal seperti webstie, media sosial,atau platform digital lainnya. Perlu diingat kembali, jika Anda ingin mendapat komisi yang besar maka harus rajin untuk mempromosikan produk ke berbagai kanal. Selain itu, konsisten juga diperlukan agar semakin memikat orang untuk membeli produk.

3. Anda mendapatkan komisi.

Jika ada orang yang tertarik dan membeli produk dari link yang dipromosikan oleh Afiliasi Marketer, maka transaksi tersebut akan tercatat di affiliate network. Catatan tersebutlah yang nantinya akan menjadi komisi bagi Afiliasi Marketer.

Komisi untuk Afiliasi Marketer sangat beragam, bergantung kepada kebijakan perusahaan, nilai jual produk, dan lain-lain. Biasanya ada tiga jenis pembayaran komisi bagi Afiliasi Marketer, yaitu komisi per klik, komisi per penjualan, dan komisi per lead.

Komisi per klik artinya Afiliasi Marketer memiliki link khusus untuk diarahkan ke halaman milik Merchant. Jika link tersebut diklik, maka Anda akan mendapatkan komisi. Untuk sistem ini terbilang mudah karena tidak memerlukan effort yang besar, maka komisi yang akan didapat pun tidak besar.

Untuk Komisi per penjualan memiliki komisi yang lebih besar dibanding Komisi per klik karena memiliki tingkat kesulitan menengah. Orang harus membeli suatu produk melalui link khusus milik Anda.

Sedangkan untuk Komisi per lead, Afiliasi Marketer harus bekerja keras untuk mengarahkan orang melakukan banyak effort atau tindakan. Misalkan, orang harus mengunjungi situs web milik Merchant, mendaftar akun, mengunduh software, dan lain-lain.

afiliasi marketer

Contoh Afiliasi Pemasaran di Indonesia

Saat ini, ada banyak platform digital atau perusahaan di Indonesia yang menawarkan program Afiliasi Pemasaran. Ada beberapa contoh program Afiiasi Pemasaran seperti berikut:

1. Platform Afiliasi Accesstrade

Di Indonesia terdapat platform yang dikhususkan untuk mewadahi bisnis Afiliasi Pemasaran seperti Accesstrade. Perusahaan ini sudah berdiri sejak 1999 dan beroperasi di Kawasan Asia Tenggara seperti Indonesia, Thailand, Vietnam, Singapura, dan Malaysia pada 2012.

Accesstrade didirikan bertujuan untuk mewadahi para advertiser (pengiklan), maupun publisher (penayang iklan) untuk meningkatkan performa dan return of investment (ROI).

Tak hanya itu, tujuan lainnya adalah agar jumlah advertiser meningkat dan mudah ditemui oleh publihser, sehingga membantu publisher menemukan campaign yang ada.

Ratusan advertiser hingga saat ini sudah bergabung bersama Accesstrade, mulai dari e-commerce, keuangan, hingga travel.

Sebanyak 30.000 publisher dimiliki oleh Accesstrade yang siap untuk mempromosikan produk milik Advertiser.

Platform Accesstrade memiliki kelebihan yang dapat memudahkan para Afiliate Marketer. Contohnya adalah pendaftaran yang mudah, program afiliasi beragam, dan ada program kode referral.

Selain itu, komisi dari Accesstrade dapat ditarik ketika mencapai minimal Rp200.000 setiap akhir bulan. Accesstrade cocok menjadi pilihan Anda ketika ingin mengikuti program Afiliasi Pemasaran dari banyak Merchant atau brand.

2. Marketplace

Belanja secara online sudah menjadi hal yang biasa dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Di zaman sekarang, fenomena belanja online sudah merajalela ke berbagai kalangan.

Saat ini, banyak marketplace khsusunya di Indonesia yang menyediakan program Afiliasi Pemasaran seperti contohnya Shopee, Tokopedia, dan lain-lain.

Komisi dari masing-masing Marketplace berbeda-beda. Untuk Shopee Affiliates Program digadang-gadang memberikan komisi mulai hingga 10% (maksimal Rp10.000) dari penjualan produk.

Terdapat perbedaan untuk komisi di Shopee, yaitu bagi anggota baru sebesar 10% dan bagi anggota lama sebesar 2,5%.

Untuk Tokopedia, komisi yang dijanjikan adalah sebesar 10% (maksimal Rp50.000) per produk yang terjual.

Berbeda dengan Shopee dan Lazada yang memberikan komisi hingga 10%, untuk marketplace seperti Blibli dan Bukalapak memberikan komisi tak lebih dari 5% dari produk yang terjual. Meskipun demikian, Anda tetap bisa menjadi Afiliasi Marketer melalui Accesstrade.

Anda dapat mempromosikan link produk ke berbagai platform digital seperti Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, atau Youtube.

3. Aplikasi  

Aplikasi seperti Shopback dan Bibit juga menerapkan sistem Afiliasi Pemasaran menggunakan kode referral.

Bedanya, pada aplikasi ini Anda tidak perlu mendaftar sebagai Afiliasi Marketer. Cukup membuat akun maka Anda akan mempunyai kode referral untuk dibagikan.

Sistem komisi Afiliasi Marketer yang didapat jika mengajak 1 orang untuk menggunakan aplikasi Shopback sebesar Rp12.500, dan untuk aplikasi Bibit sebesar Rp25.000.

Semakin banyak kode referral Anda dipakai untuk mendownload aplikasi tersebut, maka kesempatan Anda mendapatkan komisi juga semakin besar.

4. Hosting

Bagi para blogger, mempromosikan produk melalui hosting yang kamu gunakan. Komisi untuk Afiliasi Pemasaran hosting bisa dibilang cukup menggiurkan, yaitu mencapai 25 - 70%.

Untuk komisi, Exabytes menjanjikan 25%, Hostinger 60%, dan yang paling besar adalah Niagahoster 70%.

kelebihan dan kekurangan afiliasi marketer

Kelebihan dan Kekurangan Afiliasi Pemasaran

Digadang-gadang menjadi bisnis yang menggiurkan, Anda tetap perlu memperhatikan kelebihan dan kekurangannya. Anda bisa simak kelebihan dan kekurangan menjadi Afiliasi Marketer di bawah sebagai bahan pertimbangan sebelum berkecimpung di dunia Afiliasi Pemasaran.

1. Kelebihan

  1. Cenderung tidak butuh modal karena hanya menggunakan internet dan smartphone.
  2. Semakin rajin, keuntungan semakin besar komisi yang akan Anda dapat.
  3. Jam kerja yang fleksibel, bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun.
  4. Produk yang ditawarkan banyak dan beragam. Anda bisa menyesuaikan produk sesuai dengan target pasar yang sudah Anda pilih.

2. Kekurangan

  1. Penghasilan tidak tetap, hal ini bergantung kepada seberapa sering link dibagikan dan diklik oleh orang.
  2. Harus bersaing dengan Afiliasi Marketer lain karena saat ini bisnis Afiliasi sudah menjamur.
  3. Harus rajin untuk mendapatkan komisi yang besar.

tips agar komisi besar

Tips Agar Dapat Komisi Besar

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan menjadi seorang Afiliasi Marketer, Anda bisa ikuti tips di bawah agar mendapatkan komisi yang besar, yuk simak tips di bawah ini!

1. Jangan Salah Pilih Merchant

Menjadi Afiliasi Marketer harus jeli dalam mencari peluang dari Merchant. Cek dan pelajari mengenai komisi, peraturan, perjanjian kerja sama, dan lainnya saat memilih Merchant.

2. Membuat Konten Berkualitas

Untuk menarik perhatian khalayak, konten yang berkualitas sangat penting bagi Afiliasi Marketer. Disarankan untuk membuat konten yang up-to-date namun tidak clickbait agar tidak membuat konsumen kecewa.

3. Membuat Strategi Bisnis

Jika poin satu dan dua sudah terpenuhi, maka tentukan bagaimana Anda dapat mempromosikan produk agar menghasilkan komisi yang besar. Anda bisa memulai dengan menggolongkan harga, tipe produk, gender, usia, dan lain-lainnya.

4. Menerapkan SEO

Untuk memaksimalkan promosi yang Anda lakukan, perhatikan SEO berbagai platform. Optimalisasi SEO berguna untuk mengantarkan pembeli kepada link Anda.

Setelah mengulik tentang Afiliasi Pemasaran,  dapat disimpulkan bahwa bisnis tersebut tergolong mudah dijalankan mengingat penggunaan modal yang nihil.

Untuk mencapai komisi yang besar dari Afiliasi Pemasaran, diperlukan ketekunan dan konsistensi serta mengikuti perkembangan zaman. Apakah kamu tertarik menjadi Afiliasi Marketer? Daftarkan diri Anda di Accesstrade sekarang.

 

Baca Juga: Autocuan, Ini Cara Daftar Afiliasi Niagahoster & Dapatkan Komisi Hingga 70%!

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
how to
Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate Marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil,
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023