ACCESSTRADE Indonesia

Masih Bingung Apa yang Dimaksud Dengan Program Afiliasi? Ini Penjelasannya

Admin
affiliate marketing Sep 28, 2022

Baca Juga: Apa Itu Afiliasi Marketing? Pemasaran Online yang Bisa Bikin Cuan!

Pesona bisnis afiliasi marketing, hingga sekarang ini masih banyak peminatnya. Komisi yang berlipat dengan minim modal, membuatnya banyak diminati. Tak hanya oleh kaum milenial, bahkan ibu rumah tangga pun bisa bergabung dalam bisnis ini. Untungnya saat ini teknologi internet sudah berkembang begitu cepat, termasuk cara pemasaran online di dalamnya. Nah, sebelum bergabung Kamu perlu mengetahui apa yang dimaksud dengan program afiliasi marketing, cara kerjanya, hingga apa saja keuntungan dari bisnis ini.

Daftar Isi

Tren Afiliasi Marketing di Indonesia

Bisnis afiliasi marketing di Indonesia, sudah berkembang kurang lebih 3 tahun belakangan ini. Terlebih ketika pandemi menyerang, bisnis ikut mati suri. Namun untungnya, ada banyak cara menuju roma. Bisnis ini terbilang mudah dan minim modal.

Perlahan perekonomian mulai meningkat berkat bisnis afiliasi marketing. Dimana afiliasi marketing ini adalah bisnis kerjasama, mitra kerja, yang sama-sama ingin mendapatkan keuntungan. Caranya adalah dengan memasarkan produk jualan ataupun layanan jasa dengan cara kemas yang berbeda yakni dengan online atau digital.

Perusahaan membutuhkan pihak kedua atau pihak ketiga, yaitu pelaku affiliate marketer. Atau orang yang bekerja sama dengan perusahaan agar produk/ jasa yang dipromosikan menambah banyak. Mulai dari target pembeli, audiens dan juga mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya.

Walau siapapun bisa menjadi affiliate marketer atau affiliator, langkah pertama yakni bergabung dengan perusahaan yang membuka program afiliasi marketing. Namun, tahukah apa yang dimaksud dengan program afiliasi marketing?

Apa yang Dimaksud dengan Program Afiliasi Marketing?

Program afiliasi adalah program atau kesempatan yang memungkinkan, untuk mendapatkan komisi apabila Kamu berhasil membuat orang lain melakukan transaksi. Nah, untuk komisinya berbeda-beda tergantung dari keseriusan orang tersebut dan kebijakan perusahaan yang diikuti.

Dalam konteks marketing, program afiliasi adalah salah satu strategi pemasaran dengan skema kerjasama antara pemilik produk dan pihak lain di luar perusahaan yang turut menjalankan pemasaran. Nah, dalam afiliasi marketing ini menggunakan media online sebagai alat pemasaran mereka. Beberapa orang kerap memanfaatkan hal ini, untuk mencari uang secara online karena skema kerjannya cukup sederhana.

Untuk memahami apa yang dimaksud dengan program afiliasi marketing, ketahui dahulu cara kerja program afiliasi ini.

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan program afiliasi marketing seperti di atas. Terdapat tiga pihak berkontribusi langsung dalam menjalankan skema program afiliasi ini, yakni:

- Pemilik Produk: Ini bisa berupa perusahaan, penjual, vendor, merchant dan lainnya. Merekalah yang memulai program afiliasi ini.

- Afiliator: Orang yang bergabung dengan program afiliasi. Bertanggung jawab untuk memasarkan produk pemilik program afiliasi, kepada calon konsumen hingga tertarik melakukan transaksi.

- Konsumen: Konsumen atau pelanggan dapat membeli produk dari melalui afiliasi.

Cara Kerja Program Afiliasi

 apa yang dimaksud dengan program afiliasi

Agar lebih memahami apa yang dimaksud dengan program afiliasi marketing, berikut ini cara kerja program afiliasi:

  • Daftar Program Afiliasi

Untuk berpartisipasi dalam program afiliasi, Anda harus mendaftar terlebih dahulu. Pada umumnya, pendaftaran dapat dilakukan di situs web perusahaan.

Setelah registrasi, akan mendapatkan kode referral. Kode atau link refferal unik ini wajib dipakai oleh afiliator dalam setiap pemasarannya agar mengetahui keberhasilan dari produk yang dipromosikan.

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan program afiliasi ini. Selanjutnya, afiliator bisa langsung melakukan pembuatan konten pemasaran atau iklan promosi.

  • Aktif Berpromosi

Ketika telah bergabung menjadi afiliator, tentu akan mengharapkan penghasilan. Nah untuk menambah penghasilan inilah, perlu aktif dalam berpromosi. Promosi bisa dilakukan berupa, membuat konten atau membuat iklan menarik agar konsumen mau melakukan transaksi.

Setelah Kamu memiliki konten untuk dipromosikan atau diiklankan. Cara selanjutnya tinggal menyebarkan tautan afiliasi tersebut, melalui media-media yang akan digunakan. Sematkan link/ CTA di tulisan jika menggunakan blog, kemudian lakukan optimasi agar blog terindex mesin pencari alias dengan bantuan SEO.

Begitu juga dengan YouTube, buatlah konten yang semenarik mungkin untuk mengarahkan penonton mengklik tautan yang Kamu promosikan. Bila menggunakan sosial media, cukup menulis beberapa kalimat ‘menggoda” dan menambahkan gambar pendukung yang telah Kamu buat sebelumnya. Diakhiri dengan memberikan CTA dengan klik tautan.

Biasanya untuk bisa menarik perhatikan, adalah dengan mengikuti tren yang sedang populer saat ini. Tapi ingatlah, buat konten yang relevan antara trend dan promosi Kamu ya. Karena jika tidak relevan, maka siap-siap diabaikan.

  • Mendapatkan Penghasilan

Penghasilan dari bisnis afiliasi berasal dari pengunjung yang membeli produk menggunakan kode referal Kamu. Dengan menggunakan kode referal, konsumen akan mendapatkan diskon produk. Sementara itu, selaku afiliator akan mendapatkan komisi dari penjualan. Komisi yang didapatkan biasanya sangat bervariasi, tergantung kebijakan dari merchant (perusahaan afiliasi) yang dipilih.

Komisi Program Afiliasi

Ketika Kamu sudah memahami apa yang dimaksud dengan program afiliasi di atas, selanjutnya perlu tahu juga penilaian komisi yang diberikan dari empunya program afiliasi.

Ternyata, tidak semua program afiliasi memberikan komisi berdasarkan transaksi pembelian. Ada beberapa program afiliasi yang juga memberikan komisi untuk action-action tertentu.

Berikut adalah beberapa jenis komisi yang umum diterapkan pada program afiliasi:

1. CPS (Cost Per Sale)

Komisi dihitung saat terjadi transaksi pembelian oleh konsumen.  Komisi biasanya dihitung berdasarkan persentase nilai produk atau jasa.

Metode ini yang cukup umum diterapkan pada suatu program afiliasi.

2. CPL (Cost Per Lead)

Anda akan mendapatkan komisi setelah suatu lead atau arahan diselesaikan oleh calon konsumen. 

Lead di sini mengacu pada tahap registrasi. Jadi, konsumen melakukan pendaftaran atau sign up di suatu program yang ditentukan perusahaan. 

Komisi biasanya akan diberikan, saat konsumen berhasil mendaftar hingga resmi tergabung menjadi member program terkait.

3. CPA (Cost Per Action)

Sekilas hal ini tampak serupa dengan CPL. Namun, hal yang membedakan secara signifikan adalah perintah yang diminta.

CPL biasanya memberi perintah yang sedikit lebih kompleks. Butuh menarik minat audiens untuk mendaftarkan di suatu program.

Perintah pada CPA biasanya lebih sederhana. Biasanya hanya meminta mengisi survey, polling atau hal-hal sejenisnya.  

4. CPC (Cost Per Click)

Kamu akan mendapatkan komisi tiap kali ada calon konsumen melakukan klik di kode referral milikmu, kemudian diarahkan ke website perusahaan dan menambah traffic website milik perusahaan.

Baca juga : Ungkap Affiliate Marketing Shopee yang Bisa Bikin Cuan Terus

 

Contoh Program Afiliasi di Indonesia

apa yang dimaksud dengan program afiliasi di Indonesia 

Saat ini, khususnya di Indonesia sudah banyak perusahaan yang membuka program afiliasi marketing. Atau membutuhkan jasa affiliate marketer untuk menambah penjualan, target pasar, hingga menuai keuntungan besar.

Shopee Affiliate program

Hampir semua penduduk Indonesia, pasti tahu dan menjadi pengguna dari aplikasi e-commerce Shopee. Perusahaan Shopee sendiri, terbilang perusahaan e-commerce yang sukses di Indonesia dan bersaing dengan e-commerce Tanah Air.

Walau sudah jutaan pengguna, shopee tetap membuka program affiliate marketing atau membutuhkan jasa affiliator sebagai pihak kedua pemasaran. Soal komisi, Shopee menawarkan komisi yang cukup besar. Mulai dari 5-10% di tiap penjualan yang berhasil. Daripada dipakai belanja saja, mendingan Anda mendaftar menjadi affiliate marketer shopee.

Tokopedia Affiliate Program

Pesaing Shopee asal Indonesia ini juga cukup menjanjikan,bisa dilihat dari penggunanya yang jutaan. Anda langsung saja join dan bermitra dengan Tokopedia affiliate melalui situsnya. Jika sudah memenuhi kriteria dan mendapatkan link ID afiliasi, maka bisa langsung  digunakan mempromosikan produk milik Seller atau merchant.

Selanjutnya, dapat membagikan link tersebut ke pengguna lainnya melalui channel sosial Media yang dimiliki. Apabila jika terjadi transaksi tentunya  akan mendapatkan komisi menggiurkan.

Lazada Affiliate program

Selain Tokopedia dan Shopee, ada e-commerce populer lainnya. Lazada ini telah menjadi pelopor kemunculan berbagai e-commerce Indonesia. Tentu saja, karena pelopor para pengikut, pengunjung hingga penggunanya sudah mencapai jutaan orang.

Ketika Anda bergabung memulai cara menjadi affiliate marketer di platform ini, Lazada bisa menawarkan komisi 10%, lho.

Blibli Affiliate program

Toko online selanjutnya yang bisa dicoba untuk menjadi affiliator adalah Blibli. Blibli dengan simbol biru ini, menyediakan program afiliasi untuk memasarkan berbagai produknya. Tapi, bedanya tidak perlu mempromosikan produk satu persatu. Jadi, jauh lebih praktis. Komisi yang diperoleh menggunakan sistem pembayaran per penjualan, atau komisi diberikan tiap adanya transaksi penjualan. 

Bukalapak Affiliate program

Toko online asal Indonesia, Bukalapak juga membuka program affiliate marketing untuk meningkatkan penjualan produk-produknya.

Ketika sudah menjadi mitra affiliatornya, dapat memilih kategori produk yang ingin dipasarkan. Komisinya sendiri berkisar antara 2-5%. Lumayan bukan, dapat komisi cuma bekerja dari rumah?

Tiket.com

Teruntuk bagi yang mempunyai ketertarikan di bidang travel, hobi jalan-jalan bisa join dan bermitra dengan afiliasi Tiketcom.

Kamu yang bergabung dengan Tiket.com Affiliate program. Berkesempatan mendapat akses eksklusif ke berbagai voucher dan tiket perjalanan (pesawat, kereta, bus, dll) serta akomodasi (villa, hotel, dll) yang tak ditawarkan untuk publik.

Itu belum termasuk komisi persenan, jika berhasil mengajak orang lain membeli layanan Tiket.com lewat link/kode afiliasi Kamu. Namun, komisi Tiketcom Afiliate hanya dapat ditarik per bulan melalui ajuan “Invoice” di website.

Hostinger

Jika sedang mencari program affiliate berkomisi tinggi, mungkin program afiliasi dari Hostinger Indonesia ini bisa dicoba. Program ini cocok untuk situs atau blog yang memiliki topik atau ketertarikan terkait teknologi.

Niagahoster

Selain hostinger, adapula Niagahoster. Siapa yang tak tau layanan web hosting terbesar di Indonesia ini. Niagahoster menawarkan komisi yang terbilang besar dari program afiliasi lain, yakni sampai 70% per penjualan.

Bagaimana, sudah tahukan apa yang dimaksud program afiliasi? Semoga artikel ini telah menjawab pertanyaan Kamu seputar dunia afiliasi marketing, apa yang dimaksud dengan program afiliasi, cara kerja hingga contoh program afiliasi marketing. Jika sudah paham, Yuk daftar sekarang di program afiliasi Accestrade Indonesia.

Baca juga : Pekerjaan Afiliator Jadi Solusi Dapatkan Passive Income Menggiurkan

 

Artikel Terkait
affiliate marketing
Setelah kamu mengenal dunia afiliasi, sangat mudah bagi kamu untuk teralihkan dan mencoba semua cara untuk menghasilkan cuan. Maka dari itu, pahami cara pemasaran produk afiliasi yang terdapat pada artikel ini. Bisa bikin kamu semakin cuan setiap harinya.
Dec 01, 2022
how to
Accesstrade menawarkan berbagai kemudahan yang bisa kalian nikmati, termasuk pembagian komisi yang menggiurkan serta memiliki berbagai fitur yang bisa memudahkan kalian.
Nov 30, 2022
how to
Ingin meraup cuan hingga jutaan rupiah melalui affiliate marketing Shopee di Accesstrade? Terapkan 10 strategi bisnis affiliate marketing paling rekomendasi saat ini yang dapat anda pakai di semua chanel online Anda.
Nov 30, 2022
affiliate marketing
Peluang affiliate marketing tiktok paling banyak di sukai masyarakat indonesia saat ini
Nov 29, 2022
affiliate marketing
Rekomendasi produk untuk bisnis Afiiasi Tokopedia, bisnis afiliasi yang memiliki komisi cukup besar
Nov 27, 2022