Pekerjaan Afiliator Jadi Solusi Dapatkan Passive Income Menggiurkan

Pekerjaan Afiliator Jadi Solusi Dapatkan Passive Income Menggiurkan

Admin
affiliate marketing Sep 26, 2022
SHARE ON
1688711815_pekerjaan-afiliator-jadi-solusi-dapatkan-passive-income-menggiurkan-1.jpg

Siapa yang mau menambah pundi-pundi uang? Jika Kamu salah satunya, maka mencoba pekerjaan afiliator bisa jadi jawabannya. Sebab, pekerjaan afiliator ini menjadi daya tarik tersendiri dan tantangan buat anak muda. 

Apa itu afiliator?

Afiliator merupakan, sebutan orang yang mengikuti program afiliasi atau kata lainnya pelaku afiliasi. Dimana afiliasi ini merupakan, kerjasama antar perusahaan yang menyediakan program afiliasi dengan individu atau perusahaan lain. Tujuannya, untuk menambah pemasaran, memperluas target pasar dan mencapai keuntungan sebesar-besarnya.

Sederhananya, afiliator adalah sebutan bagi seseorang yang melakoni program afiliasi. Yakni, sebuah konsep kemitraan bisnis yang tentunya mendapatkan imbalan berupa komisi. Jadi, bagi orang yang mengikuti program afiliasi sama halnya mengambil kesempatan untuk menambah pundi-pundi pemasukan dengan tanpa modal. 

Nah dengan minimnya modal, maka siapapun bisa melakoni pekerjaan afiliator. Mulai dari anak sekolahan, mahasiswa, karyawan, ibu rumah tangga, content creator dan lainnya.

Apa tugas afiliator?

Tugas afiliator adalah, menawarkan produk perusahaan kepada orang lain atau calon pembeli dan akan mendapat komisi bila berhasil melakukan pembelian. Dalam dunia bisnis khususnya marketing, afiliator memiliki peranan yang penting apalagi untuk produk atau layanan jasa yang baru.

Para afiliator, menjadi penghubung antara perusahaan dengan mitra atau konsumen. Misalnya untuk tujuan ekspansi bisnis, pengembangan, pemasaran bahkan penjualan produk suatu perusahaan. Dengan cara tersebutlah, afiliator nantinya memperoleh keuntungan atau penghasilan dari mitra afiliasi. Besaran komisi ditentukan oleh brand atau perusahaan yang menyelenggarakan afiliasi, mulai dari beberapa persen saja hingga puluhan persen.

Untuk mengajak orang mau membeli produk atau jasa yang ditawarkan, disarankan harus rajin mempromosikan produk melalui berbagai konten online. Seperti postingan blog, Instagram, TikTok atau video di YouTube channel.

Bagaimana Cara Kerja Afiliator?

Ketika Kamu telah mendapatkan pekerjaan afiliator, tentu perusahaan afiliasi atau program afiliasi yang diikuti akan memberikan ID atau Link kode referral khusus. Link atau kode referral ini, wajib dipakai dan disertakan selama promosi.

Ketika konten promosi berhasil menarik calon pembeli dan meng-klik link atau gunakan kode referral itu. Maka Kamu bisa mendapatkan poin atau komisi sebagai keuntungannya. Nah, itu dia sedikit penjelasan dari tugas afiliator yang bisa dilakukan.

Apakah afiliator melanggar hukum?

Ada beberapa landasan hukum yang berkaitan pada pekerjaan afiliasi pemasaran, diantaranya adalah:

1. UU Perlindungan Konsumen

Hak sebagai konsumen diatur dalam Undang-Undang Perlindungan Konsumen Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Republik Indonesia yang berlandaskan pada Undang Undang Dasar 1945 Pasal 5 ayat (1), Pasal 21 ayat (1), Pasal 27 , dan Pasal 33 yang dapat diketahui sebagai berikut:

Hak mendapat barang/jasa yang sesuai

Konsumen berhak untuk mendapat produk dan layanan sesuai dengan kesepakatan yang tertulis. Sebagai contoh dalam transaksi secara online, apabila terdapat layanan gratis ongkos kirim, maka penerapannya harus sedemikian. Bila tidak sesuai, konsumen berhak menuntut hak tersebut.

Hak menerima kebenaran atas segala informasi pasti

Hal yang paling utama bagi para konsumen, guna mengetahui apa saja informasi terkait produk yang dibelinya. Produsen dilarang menutupi ataupun mengurangi informasi terkait produk maupun layanannya. Sebagai contoh apabila ada cacat atau kekurangan pada barang, produsen berkewajiban untuk memberi informasi kepada konsumen.

2.  surat az-Zalzalah ayat 7

"Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya Dia akan melihat (balasan)nya."

Dari pemaparan diatas, dapat disimpulkan bahwa affiliate marketing identik dengan jialah dimana affiliate marketer menempati posisi ‘amil sedangkan vendor atau pemilik barang sebagai ja’il. Seorang affiliate marketer hanya akan mendapatkan komisi apabila terjadi penjualan melaui link affiliate miliknya.

Komisi yang affiliate marketer dapatkan sesuai dengan presentase pada awal perjanjian kerja sama dan dibayarkan sesuai dengan sistem pembayaran komisi yang telah ditetapkan oleh pihak vendor dan disetujui oleh affiliate marketer.

Jadi afiliator dalam persepetif hukum Islam dan Undang-Undang diperbolehkan, jika informasi barang yang diperjualbelikan, tidak ada unsur penipuan dan memanipulasi data. Kemudian didalam KUH Perdata diantara kedua belah pihak antara affiliater dan merchant harus memenuhi syarat dan ketentuan perjanjian, serta saling menjaga dan melaksanakan perjanjian yang telah dibuat dan disepakati dengan baik dan benar (sumber: https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/61779).

Keuntungan Memiliki Pekerjaan Afiliator


Program afiliasi ini dirancang oleh perusahaan untuk pengembangan bisnis dengan bantuan pihak ketiga yang tidak terikat secara langsung dengan perusahaan. Nah, tentunya ada sejumlah keuntungan selain komisi yang diberikan. Berikut inilah keuntungan memiliki pekerjaan afiliator;

Dapat Penghasilan Tambahan

Keunggulan utama melakoni pekerjaan afiliator adalah, memiliki penghasilan tambahan yang jumlahnya cukup menggiurkan. Sebab, link atau kode referral afiliasi akan terus-menerus mendatangkan komisi selama tidak dihapus dari media sosial.

Komisi diberikan, setelah produk atau jasa benar-benar terbeli oleh konsumen. Pendapatan komisi, persentasenya tergantung pada mitra atau perusahaan yang telah diikuti program afiliasinya.  

Agar bisa terus meraup pendapatan dari program afiliasi, tentunya konten yang dibuat harus menarik. Agar mempengaruhi audiens, untuk membeli produk dari link referral ya. Oleh karena itu, harus kreatif dan memahami apa yang akan dipromosikan dan menyesuaikan topikmu.

Contohnya, jika ingin memulai topic atau niche seputar skincare and beauty. Maka, pembahasan mengenai teknologi menjadi kurang relevan. Karena skincare dan teknologi juga punya segment dan target audiens yang berbeda.

Tidak Memerlukan Modal Besar

Memulai pekerjaan afiliator adalah hal yang mudah. Apalagi bagi orng yang aktif di sosial media, serta memiliki kemampuan untuk membuat konten promosi yang efektif.

Selanjutnya, tinggal bergabung dengan suatu program afiliasi yang umumnya gratis. Dengan begitu, kamu tidak perlu mengeluarkan dana atau modal untuk mulai memasarkan produk yang ditawarkan perusahaan penyedia program afiliasi.

Namun, jika ingin mampu melakukan promosi yang lebih mendetail tentang kualitas produk. Kamu bisa mencoba produk brand tersebut. buatlah konten review atau mengulas sembari jualan.

Bisa Bekerja Dimanapun dan Kapan Saja

Kalau ingin bebas bekerja dari rumah, kafe, atau tempat lainnya. Menjadi afiliator adalah salah satu pilihan tepat. Cukup hanya membutuhkan handphone untuk bekerja dan koneksi internet yang stabil.

Selain itu, kamu tidak harus kerja dari pagi hingga sore ketika menjalani pekerjaan afiliator. Dengan begitu, bisa menjadikannya sebagai profesi sampingan setelah menyelesaikan pekerjaan utama.

Nah, ibu rumah tangga yang memiliki keinginan untuk mendapatkan income tambahan. Sangat cocok sekali nih, mencoba pekerjaan afiliator. Ketika suami kerja dan anak di sekolah, maka para ibu rumah tangga bisa memulai pekerjaan afiliator ini. Dengan membuat konten menarik dan relevan, yang juga sesuai kesukaan.

Contohnya, bagi ibu rumah tangga bisa membuat konten memasak. Dari alat-alat atau produk memasak yang mitra perusahaan iklankan.

Bisa Mencoba Program Afiliasi lainnya

Ingin mendapatkan lebih banyak penghasilan? Sah-sah saja kalau mau mengikuti lebih dari satu program afiliasi, lho. Namun, pastikan dulu bahwa kamu punya cukup waktu dan energi. Untuk membuat beberapa konten, sekaligus memantau efektifitas masing-masing promosi yang dilakukan. 

Selain itu, pelajari syarat dan ketentuan penyelenggara program afiliasi yang dipilih. Sebab, ada juga yang tidak memperbolehkan jika memiliki kerja sama dengan program afiliasi lainnya.

Baca Juga : Masih Bingung Apa yang Dimaksud dengan Program Afiliasi? Ini Penjelasannya

Program Afiliasi di Indonesia

Ketika kamu sudah mengetahui pekerjaan afiliator seperti apa dan keuntungannya sebagai afiliator. Tapi bagaimana sih contoh program afiliasi yang aman dan banyak dicari orang?

Shopee

Siapa yang tidak tahu perusahaan e-commerce satu ini yakni Shopee. Shopee telah menjadi salah satu e-commerce terbesar, yang layanannya terdapat di beberapa negara luas seperti Indonesia.

Selain fasilitas belanja produk secara online, kini Shopee juga menyediakan program khusus. Bagi, siapa pun yang ingin berbisnis afiliasi yaitu Shopee Affiliate Program.

Dari platform Shopee, bahwa  pengguna atau mitra afiliasi yang bergabung di program affiliasi Shopee. Mendapatkan kebebasan untuk berkreasi membuat konten produk, selama memenuhi syarat dan ketentuan dari Shopee.

Bisnis afiliasi, memberikan peluang bagi setiap orang yang tidak memiliki produk. Untuk dapat berbisnis dengan cara mempromosikan produk sekreatif mungkin di media sosial.

Bukalapak

Perusahaan e-commerce Bukalapak, juga membuka program afiliasi marketing untuk meningkatkan penjualan produk-produknya. Kamu bisa memilih kategori produk yang ingin mereka pasarkan. Komisinya berkisar antara 2-5%.

Niagahoster

Niagahoster sebagai penyedia layanan domain dan hosting terbaik di Indonesia, memiliki program afiliasi yang bisa dicoba oleh siapa pun. Jika memilih menjadi afiliator niagahoster, kamu bisa mendapat komisi hingga 70% lho! Menarik bukan?

Lazada 

Siapa yang tidak kenal platform e-commerce ini? Selain menjadi pelopor, Lazada juga salah satu market leader dari berbagai brand e-commerce Indonesia. Dimana pengunjung dan pengguna Lazada sudah pasti mencapai jutaan. Menjadi afiliator di platform ini, Lazada menawarkan komisi 10%. Hal ini, adalah kesempatan emas bagi para calon afiliator untuk meraih keuntungan.

Accesstrade Indonesia

Accesstrade Indonesia merupakan salah satu jaringan afiliasi terbesar di Indonesia. Jadi, bagi siapa pun yang memulai menjajal bisnis affiliate marketing. kamu bisa belajar dan mendapatkan keuntungan yang menarik. 

Ada ratusan brand atau produk yang berafiliasi melalui Accesstrade Indonesia. Affiliator tentunya akan mendapatkan keuntungan melalui 4 mekanisme. Pertama dengan CPS (Cost Per Sales), artinya afiliator akan menuai komisi dari tiap transaksi penjualan.

Kedua adalah CPL (Cost Per Lead), dimana setiap ada calon pembeli mendaftar atau mengunjungi iklan websitemu juga bisa menjadi komisi.

Ketiga adalah CPC (Cost Per Click). Setiap klik yang menuju ke iklan produk, juga bisa dinilai dan menjadi perhitungan komisi bagi afiliator. Keempat, CPI (Cost Per Install) mirip seperti CPL, CPI didapat tiap ada yang menginstal suatu aplikasi. Brand aplikasi biasanya berbasis layanan seperti game, e-commerce, life tools dan lainnya.

Nah, Jika diantara kalian ada yang penasaran.Silahkan bergabung ke Accesstrade, untuk mendapatkan komisi menarik di berbagai marketplace. Yuk, klik link berikut jika Anda ingin memulai menjadi affiliate marketer Anda bisa daftar gratis disini : Daftar sebagai affiliate marketer

Rizky Setyo
Content Author
Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.
Artikel Terkait