ACCESSTRADE Indonesia

Pemasaran Afiliasi, Definisi, cara kerja dan manfaatnya untuk bisnis

Admin
affiliate marketing Nov 25, 2022

Baca Juga: Simak 6 Cara Pemasaran Menggunakan Afiliasi, Program Yang Efektif dan Menguntungkan di Accesstrade

Ada berbagai strategi pemasaran digital yang dapat kalian gunakan untuk mempromosikan bisnis kalian. Salah satunya yang kini sedang menjadi trend adalah affiliate marketing. Affiliate marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang paling efektif karena terbukti meningkatkan penjualan dan perkembangan bisnis.

Afiliasi pemasaran adalah model bisnis yang menerapkan dan menawarkan komisi kepada seseorang yang membantu memasarkan produk. Proses komisi terjadi pada saat produk terjual atau transaksi benar-benar terjadi. Affiliate Marketing merupakan sistem promosi yang mempromosikan bisnis dari tiga sisi, yaitu penjual, layanan afiliasi, dan konsumen.

Ketika kalian menerapkan pemasaran afiliasi, kalian harus memilih strategi yang tepat dan efektif. Produk atau layanan yang ditawarkan dimaksudkan untuk membatasi biaya program afiliasi. Sebagai penjual, kalian juga dapat menawarkan produk kepada pihak ketiga yang menyediakan layanan untuk menyelenggarakan program afiliasi, sehingga kalian tidak perlu khawatir tentang pelaksanaan program ini sendiri.

Daftar Isi

Pengertian affiliasi dan cara kerjanya

Stock Photo Ilustrasi Affiliate

Affiliate marketing adalah sebuah program pemberian komisi untuk seseorang yang sudah sukses dalam mempromosikan sebuah produk atau jasa melalui jalur digital seperti website dan media sosial, singkatnya bisnis afiliasi adalah program yang dijalankan oleh perusahaan tertentu yang membayar kalian jika berhasil membuat orang lain menggunakan atau membeli produk melalui tautan afiliasi. Untuk jumlah komisi atau pendapatan yang diperoleh tergantung dari kebijakan perusahaan tempat kalian mendaftar sebagai afiliator. Nilainya berupa persentase dari harga jual produk yang ditawarkan mulai dari 2% hingga 20%. 

Kalian dapat menjalankan program afiliasi kalian di mana saja, kapan saja. Selain itu, kalian juga dapat mengikuti lebih dari satu program afiliasi untuk mendiversifikasi pendapatan pasif kalian. Dengan kata lain, metode ini jauh lebih mudah ditangani daripada beriklan di Internet, yang memerlukan riset kata kunci, menentukan target pasar, dll. Berbeda dengan memasang iklan di Google Ads atau media sosial yang membutuhkan biaya tinggi. 

Cara Kerja Bisnis Affiliasi

Menerapkan affiliate marketing tidak membutuhkan proses yang sulit. kalian hanya perlu menemukan seseorang yang ingin bekerja sama dengan kalian untuk menjual produk. Selain itu, proses pemasaran diserahkan kepada pemilik jasa. Menerapkan strategi pemasaran afiliasi hanya memungkinkan modal kecil, tetapi dapat menghasilkan keuntungan besar. Yang kalian butuhkan hanyalah sebuah perangkat komputer, jaringan internet dan seorang karyawan yang tugasnya merekrut orang-orang yang ingin bekerja sama untuk memasarkan produk.

Hal pertama yang perlu kalian lakukan adalah mendaftar terlebih dahulu ke perusahaan afiliasi dan kemudian kalian akan mendapatkan tautan afiliasi dari jaringan afiliasi.

Setelah itu lakukan promosi link di website atau blog, media sosial, forum online. Siapa pun yang mengklik tautan tersemat dan membeli produk atau layanan yang ditawarkan akan menerima komisi berdasarkan berapa banyak produk atau layanan yang terjual.

Dengan variasi imbalan yang diperoleh, jumlah pembayaran biasanya bergantung pada produk atau layanan yang kalian jual dari pengecer atau perusahaan yang menawarkan produk atau layanan tersebut.

Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa pemasaran afiliasi adalah penghasilan pasif yang menghasilkan pendapatan dan relatif mudah bagi pemula bahkan jika kalian tidak memiliki situs web.

Pihak Yang Terlibat Dalam Bisnis Affiliasi

Pemasaran afiliasi memiliki tiga pihak yang terlibat langsung, berikut pihak-pihak tersebut:

Pedagang atau seller:

Pengusaha, perusahaan atau organisasi dengan produk untuk dijual. Produk yang dijual dapat berupa barang, perangkat lunak atau layanan. Pemasar afiliasi biasanya tidak terlibat langsung dalam proses penjualan, mereka hanya menerima penjualan dan membayar komisi kepada afiliasi bila diperlukan.

Affiliator:

Pengiklan individu atau organisasi yang bertanggung jawab untuk memasarkan produk pedagang yang tujuan utamanya adalah menghasilkan hasil melalui tautan afiliasi atau kode rujukan. Salah satu manfaat dari kode rujukan adalah mereka menawarkan manfaat seperti add-on gratis, diskon, dll. Yang dapat digunakan afiliasi untuk menarik pelanggan. 

Pelanggan:

Konsumen yang membeli produk dari merchant berdasarkan informasi dan iklan dari afiliasi. Biasanya, pelanggan yang mendaftar layanan atau membeli produk menggunakan kode referral afiliasi menerima penawaran berupa diskon atau keuntungan lainnya.

5 Manfaat Affiliasi Untuk Bisnis Owner

Stok photo ilustrasi affiliate

Afiliasi pemasaran memungkinkan perusahaan untuk memasarkan produk mereka secara efektif dengan anggaran dan sumber daya yang lebih kecil dan dengan tingkat risiko yang terkendali dengan baik. Itu karena perusahaan hanya membayar lalu lintas yang berubah menjadi transaksi. Pada saat yang sama, perusahaan juga dapat mengharapkan keuntungan yang tinggi, kesadaran merek yang meningkat, dan pertumbuhan bisnis berkat pemasaran yang kreatif.

Afiliasi pemasaran memiliki manfaat yang tidak dapat ditandingi dengan strategi lain. Di era digital, metode ini dapat dikembangkan secara optimal untuk mendorong pertumbuhan bisnis. Cara ini merupakan rencana cepat untuk meningkatkan kesadaran dan kepercayaan publik, termasuk konversi ke pelanggan.

Bagi perusahaan yang memilih untuk berafiliasi, hubungan antar perusahaan tersebut saling menguntungkan. Di bawah ini adalah keuntungan dari perusahaan yang berafiliasi dengan perusahaan lain:

  1. Jangkau pelanggan baru

Salah satu keuntungan bisnis dengan hubungan afiliasi adalah dapat menjangkau lebih banyak pelanggan baru.

Bergabung dengan perusahaan yang memiliki pengalaman di area pasar tertentu akan memudahkan perusahaan kalian memasuki pasar tersebut.

Ikatan antara satu perusahaan dan perusahaan lain juga bisa menjadi strategi hemat biaya untuk memasuki pasar baru. Ini karena afiliasi dapat mengurangi berbagai biaya yang dikeluarkan oleh bisnis apapun sebelum memasuki pasar baru untuk menarik pelanggan potensial.

  1. Perluasan pasar ke daerah-daerah baru

Keunggulan perusahaan yang bermitra adalah dapat memperluas pasar ke wilayah baru. Mengakses area yang berbeda untuk menawarkan produk atau layanan merupakan tantangan besar bagi perusahaan. Ini karena wilayah atau pasar mungkin sudah dikuasai oleh perusahaan lain. Oleh karena itu, lebih sulit bagi perusahaan sejenis untuk menarik pelanggan.

Tetapi perusahaan induk yang bekerja dengan bisnis kalian melalui afiliasi dapat membantu kalian memperluas ke pasar ini. Dengan begitu, risiko kegagalan bisnis juga bisa diminimalkan.

  1. Menciptakan sinergi antar perusahaan

Keuntungan selanjutnya yang dapat dicapai perusahaan dengan perusahaan terafiliasi adalah dapat menciptakan sinergi antar perusahaan terafiliasi. Ketika beberapa perusahaan bekerja sama, mereka dapat menambah nilai bisnis dengan menawarkan produk atau layanan secara lebih kuat. Jika masing-masing anak perusahaan memiliki bisnis dan sumber daya yang saling melengkapi, mereka dapat saling menguntungkan.

  1. Risiko kecil

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bisnis atau merek hanya membayar komisi saat terjadi konversi. Ini menghadirkan risiko rendah, sehingga metode ini sangat cocok untuk perusahaan dengan anggaran kecil. .

  1. Peningkatan kesempatan investasi

Karena penggabungan perusahaan dapat meningkatkan nilai setiap perusahaan yang terlibat, hal itu juga dapat meningkatkan peluang investasi. Dengan cara ini, perusahaan dapat memperoleh perusahaan lain untuk sahamnya dan dengan demikian menghasilkan investor. Kemitraan yang mengarah pada investasi ini dianggap lebih menguntungkan. 

Ini karena potensi pengembalian perusahaan induk dari investasi pada mitra bisa lebih besar daripada pengembalian dari investasi lain yang dapat mereka alokasikan modal.

Keuntungan sistem afiliasi untuk kalian

Ilustrasi image

Jika berbicara tentang keuntungan afiliasi secara umum, sistem pemasaran ini cukup menguntungkan. Pemilik produk tidak mengeluarkan biaya tambahan untuk mempromosikan produk karena dilakukan oleh afiliasi.

Kalian bisa menjual segala macam produk yang dipasok oleh supplier, tidak perlu membayar biaya staff lain karena semuanya menjadi tanggung jawab perusahaan. Selain itu, pasar afiliasi benar-benar terbuka dan semua jenis afiliasi dapat berpartisipasi.

  • ROI tinggi

Pemasaran afiliasi telah terbukti memiliki pengembalian investasi yang jauh lebih tinggi daripada kebanyakan strategi pemasaran. Salah satu alasan utamanya adalah audiens target kalian memilih untuk percaya dan percaya pada produk yang dipromosikan oleh afiliasi. Afiliasi memiliki dampak yang lebih langsung pada pengikut mereka.

  • Modal minimal

Kalian tidak membutuhkan banyak modal untuk memulai metode ini. Yang lebih penting adalah memilih program dan mitra yang tepat untuk menentukan siapa yang terbaik untuk memasarkan produk dan meningkatkan transaksi. 

  • Lalu lintas yang sesuai

Dengan bergabung dengan audiens yang biasanya spesifik pada areanya, kalian bisa mendapatkan trafik yang lebih terarah (tertarget). Orang yang menganggap produk atau layanan kalian bermanfaat akan mengunjungi situs web kalian.

  • Lebih fleksibel

Kalian dapat dengan mudah mengurangi atau memperluas program afiliasi kalian dengan sedikit atau tanpa biaya. Langkah penting dalam pertumbuhan perusahaan, namun tetap dengan risiko minimal.

  • Tidak diperlukan keahlian/kriteria khusus

Kalian tidak harus langsung menjadi pemasar untuk menjadi afiliasi, kalian bisa melakukannya dengan mengetahui bisnis kalian. Ada banyak cara untuk menjalankan dan mengelola program affiliate marketing. Gunakan pengalaman pemasaran kalian sebelumnya dan coba cari tahu apa yang paling berhasil dan menghasilkan keuntungan paling banyak. Ubah dan ulangi pola yang berhasil untuk mendapatkan hasil yang ditargetkan.

Kekurangan dan kelebihan affiliasi

Ilustrasi affiliate program

Bisnis afiliasi adalah sistem penjualan produk atau jasa dengan lebih menekankan pada penggunaan internet dan dilakukan secara online melalui website. Pengusaha yang terlibat dalam bisnis ini menerima komisi ketika produk dan layanan berhasil dijual. Bisnis ini lebih mengedepankan penggunaan internet dan dioperasikan secara online melalui website.

Ini adalah industri yang terjangkau dan produktif yang bisa jadi sulit di sisi lain. Tantangan ada di tangan kalian dan kinerja bergantung pada tekad, pendekatan, dan strategi mitra yang kalian pilih. Berikut adalah beberapa pro dan kontra yang perlu diketahui sebelum memilih dan memulai bisnis afiliasi.

Di antara banyak jenis bisnis online yang populer saat ini, afiliasi adalah pilihan paling populer baik untuk perusahaan yang membuat program ini maupun yang bekerja untuk menerbitkannya.

Tidak ada pendapatan yang dijamin

Ibarat dua sisi mata uang yang sama, bisnis afiliasi populer ini memiliki kekurangan yang tidak bisa kalian hindari. Sebelum kalian mencoba program afiliasi, kalian harus menyadari kelemahan berikut.

Gaji berbasis kinerja dapat menjadi peluang luar biasa dan risiko yang signifikan. Tidak ada janji bahwa bekerja sebagai pemasar afiliasi akan mudah dan kalian akan segera mulai mendapatkan penghasilan yang kalian inginkan. Ini adalah tantangan yang harus kalian hadapi dan lakukan apa saja untuk memaksimalkan peluang kalian, tetapi umumnya sulit memprediksi berapa banyak uang yang akan kalian memenangkan karena tidak ada jaminan.

Tidak perlu mengeluarkan banyak modal dan Fleksibel

Cukup bermodalkan laptop, hp, dan koneksi internet kalian sudah bisa mulai mendaftarkan diri lalu menjalankan bisnis affiliasi. Berbagai kemudahan ditawarkan pada bisnis ini, menjadikan affiliate marketing sebagai opsi pemasaran terbaik yang ada saat ini.

Menggunakan pemasaran afiliasi, kalian dapat bekerja dan menghasilkan di mana saja. Kalian bahkan bisa mengerjakan bisnis ini sambil bersantai di rumah dan lebih banyak menghabiskan waktu bersama keluarga. Modal utama yang dibutuhkan untuk menerapkan affiliate marketing hanyalah smartphone/laptop dan koneksi internet.

Kalian tidak perlu melakukan penawaran setiap hari seperti bekerja di kantor. kalian memiliki hak untuk membuat jadwal kerja. Dengan kata lain, jika kalian menjalankan bisnis affiliate marketing, kalian dapat mengatur waktu kerja dan liburan kalian sendiri.

Itulah berbagai penjelasan mengenai bisnis pemasaran afiliasi, dengan cara daftar yang cukup mudah sudah siapkah kalian untuk mendapatkan keuntungan tanpa mengeluarkan modal sedikitpun. Belum lagi pendapatan yang didapat tidak memiliki batasan setiap bulannya, sehingga kalian dapat meraup komisi sebanyak-banyaknya sesuai dengan performa dan strategi afiliasi yang digunakan. 

Baca Juga: Gampang! Cara Daftar Afiliasi Zalora Nggak Pakai Ribet

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
how to
Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate Marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil,
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023