Perbedaan Komisi Xtra dan Komisi Shopee Untuk Memaksimalkan Cuan

Perbedaan Komisi Xtra dan Komisi Shopee Untuk Memaksimalkan Cuan

Admin
affiliate marketing Jul 30, 2024
SHARE ON
1722307996_shopee-base-extra-dan-triple-komisi.jpg

Pasti Kamu sering mendengar tentang komisi di Shopee, kan? Tapi tahukah Kamu bahwa ada dua jenis komisi yang bisa Kamu manfaatkan, yaitu Komisi Shopee dan Komisi Xtra. Mengetahui perbedaan antara kedua komisi ini sangat penting agar Kamu bisa memaksimalkan pendapatan dari program afiliasi Shopee di Accesstrade. Pengetahuan tentang perbedaan komisi ini juga membantu Kamu untuk memilih program afiliasi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan target audiens. Dengan begitu, Kamu tidak hanya bekerja lebih cerdas tetapi juga lebih efisien. Yuk, kita bahas lebih dalam!

Perbedaan Komisi Xtra dan Komisi Shopee

Berikut adalah beberapa perbedaan komisi xtra dan komisi shopee yang dapat dilihat berdasarkan berbagai faktor, diantaranya yaitu:

1. Persentase Komisi

Pertama-tama, mari kita lihat perbedaan dalam persentase komisi antara Komisi Shopee dan Komisi Xtra. Komisi Shopee dibagi menjadi dua kategori, direct dan indirect. Untuk direct conversion, Kamu akan mendapatkan komisi sebesar 4%, sementara untuk indirect conversion, komisinya adalah 1%.

Direct conversion sendiri adalah komisi yang Kamu dapatkan dari setiap pembelian langsung melalui link afiliasi yang Kamu bagikan. Artinya, jika seseorang mengklik link-mu dan langsung membeli produk, Kamu akan mendapatkan 4% dari total nilai transaksi. Sedangkan, indirect conversion merupakan komisi yang diberikan jika seseorang mengklik link afiliasi Kamu, tetapi melakukan pembelian di toko lain. Misalnya, user mengklik link produk di toko A tetapi checkout produk di toko B. Dalam kasus ini, Kamu akan mendapatkan 1% dari total nilai transaksi.

Untuk komisi Xtra memberikan keuntungan yang lebih besar karena komisinya bisa mencapai hingga 56%, tergantung pada merchant yang berpartisipasi. Setiap merchant memiliki skema komisi yang berbeda-beda, sehingga Kamu bisa mendapatkan komisi yang lebih tinggi dibandingkan dengan Komisi Shopee.

Menariknya, Komisi Xtra ini sifatnya bonus dan hanya berasal dari direct conversion. Jadi, kalau Kamu mendapatkan Komisi Xtra, otomatis Kamu juga akan mendapatkan double commission bersama Komisi Shopee. Ini berarti, Kamu bisa mendapatkan dua kali komisi untuk setiap transaksi yang memenuhi syarat.

2. Flow Konversi

Sekarang, kita bahas tentang flow konversi. Memahami flow konversi sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara Kamu bisa mendapatkan komisi dari setiap transaksi.

Direct Conversion

5% (komisi shopee) + up to 56% (extra commission)

Indirect Conversion

1% (komisi shopee)

Indirect Conversion adalah jenis komisi yang tetap bisa dapatkan meskipun user tidak langsung membeli produk yang kamu promosikan. Jadi ketika kamu berhasil membuat user klik link yang kamu sebarkan dan user melakukan pembelian kamu akan tetap mendapatkan komisi.

3. Batas Maksimum Komisi

Ini dia yang penting, batas maksimum komisi. Untuk komisi Shopee affiliate, ada batas maksimum sebesar Rp12.000. Artinya, jika Kamu mendapatkan konversi dengan nilai checkout Rp1.000.000, Kamu hanya mendapatkan komisi Rp12.000. Ini adalah batas maksimal yang bisa Kamu dapatkan dari satu transaksi.

Namun, Komisi Xtra tidak memiliki batas maksimum atau cap. Jadi, jika Kamu mendapatkan konversi dengan nilai checkout Rp1.000.000 dari toko dengan komisi 10%, Kamu bisa mendapatkan dari Komisi Xtra sebanyak Rp100.000 dan ditambah Rp12.000 dari Komisi Shopee. Ini berarti, semakin besar nilai transaksi, semakin besar pula komisi yang bisa Kamu dapatkan serta tanpa adanya batasan maksimum.

4. Merchant yang Berpartisipasi

Terakhir, mari kita lihat merchant yang berpartisipasi dalam program komisi ini. Memilih merchant yang tepat sangat penting untuk memaksimalkan cuan.

Komisi Shopee berlaku untuk semua toko di Shopee. Ini memberikan Kamu kebebasan untuk mempromosikan berbagai macam produk dari berbagai toko. Jadi, Kamu tidak terbatas pada satu jenis produk atau toko tertentu.

Sedangkan, komisi Xtra hanya berlaku untuk toko Shopee Mall dan Star Seller. Toko-toko ini biasanya memiliki reputasi yang baik dan produk yang berkualitas. Dengan mempromosikan produk dari toko-toko ini, Kamu bisa meningkatkan kepercayaan audiens dan berpotensi meningkatkan konversi yang lebih tinggi, meskipun secara komisi lebih terbatas.

Bonus Tambahan 3 Komisi Eksklusif

Nah, selain Komisi Shopee dan Komisi Xtra, ada juga bonus tambahan komisi eksklusif yang hanya tersedia di ACCESSTRADE. Campaign brand in marketplace adalah program eksklusif kerjasama langsung antara ACCESSTRADE dan brand dengan status toko di Shopee sudah Shopee Mall dan Star Seller. Program ini memberikan Kamu kesempatan untuk mendapatkan komisi tambahan yang lebih besar tentunya.

Campaign Brand in Marketplace

Untuk perhitungan komisi dengan brand in marketplace, menggunakan flow direct conversion. Begini kira-kira skema perhitungan komisi dengan brand in marketplace:

Setelah Kamu mengetahui skema diatas, kemudian tentukan brand yang sesuai dengan niche dan audiens Kamu, khususnya untuk brand yang sudah masuk ke Shopee Mall dan Star Seller. Lalu, promosikan produk dengan strategi yang menarik, seperti dengan konten yang kreatif atau entertainment.

Program AT Triple Commission

Saat ini ACCESSTRADE sedang mengadakan program agar kamu bisa mendapatkan bonus 3 komisi dari satu konversi, bonus komisi tambahan sampai 5JT rupiah untuk 10 orang, produk gratis setiap minggu, dan 100 AT super poin setiap bulannya!

Untuk mendapatkan benefit menarik tersebut, kamu perlu mendaftarkan diri terlebih dahulu pada halaman berikut: Program AT Triple Commission.

Rizky Setyo
Content Author
Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.
Artikel Terkait