Kejar Untung dari Internet? Wajib Cek Dulu Jenis-Jenis Google Ads

Kejar Untung dari Internet? Wajib Cek Dulu Jenis-Jenis Google Ads

Admin
digital marketing Aug 19, 2020
SHARE ON
1688998870_kejar-untung-dari-internet-wajib-cek-dulu-jenis-jenis-google-ads-1.jpg

Setiap pemilik usaha tentu ingin produk atau jasa yang ditawarkan dikenal oleh banyak orang. Semakin dikenal, tentu peluang mendapatkan keuntungan yang besar juga akan semakin tinggi. Mengenalkan produk Anda ke masyarakat luas kini terasa lebih mudah berkat adanya internet. Di mana kini Anda bisa memasang iklan lebih praktis dan menjangkau konsumen dengan jumlah yang jauh lebih banyak. Akan sangat disayangkan jika Anda tidak menggunakan internet dengan maksimal untuk menunjang penjualan.

Google ads menjadi salah satu solusi yang tepat bagi Anda yang ingin memanfaatkan internet untuk mengejar keuntungan sebanyak-banyaknya. Tidak tanggung-tanggung, Google kini memiliki lima jenis iklan yang bisa Anda pilih, diantaranya yakni Search Ads, Shopping Ads, Display Ads, Video Ads, dan terakhir Universal App Campaign. Sebelum memutuskan untuk menggunakan iklan yang mana, ketahui terlebih dahulu perbedaan dan karakteristik dari jenis-jenis google ads berikut.

1. Search Ads

Jenis Google Ads yang satu ini menjadi yang paling populer di kalangan pemilik usaha. Penggunaan search ads diklaim mampu meningkatkan penjualan dan keuntungan Anda setiap bulannya. Cara kerja search ads juga terbilang sangat simpel. Dengan menggunakan iklan satu ini, brand usaha Anda akan secara otomatis masuk dalam daftar pencarian di laman pertama. Hal ini menjadi salah satu cara yang sangat mudah untuk menjangkau konsumen dengan jumlah yang lebih banyak.

Sebagai contoh, apabila konsumen mencantumkan keyword “sepatu bola”, berbagai macam brand sepatu bola akan langsung muncul dalam daftar pencarian tersebut. Jika brand Anda telah didaftarkan dalam google ads, bukan tidak mungkin usaha Anda akan muncul dalam daftar pencarian teratas. Sehingga masyarakat yang sedang mencari sepatu bola terbaru, secara tidak langsung akan diarahkan menuju situs resmi brand sepatu bola Anda. Hal ini tentu tidak akan terjadi jika Anda tidak menggunakan jenis google ads satu ini.

2. Shopping Ads

Seperti yang Anda ketahui, laman pencarian Google juga dilengkapi dengan beberapa menu, diantaranya images, news, videos, maps, hingga shoppings. Menu shoopings akan memudahkan masyarakat yang ingin berbelanja produk kebutuhan mereka. Sebagai pemilik usaha, produk yang sedang Anda jual bisa dengan mudah muncul dalam menu shopping jika Anda menggunakan layanan shopping ads. Dengan menggunakan layanan iklan ini, informasi mengenai produk jualan Anda akan tercantum pada daftar teratas dalam pencarian google. Selain bisa mencantumkan nama merk dan jenis, Anda juga bisa menambahkan foto dan harga. Bisa dipastikan, penjualan Anda akan meningkatkan jika memanfaatkan jenis google ads satu ini.

3. Display Ads

Melihat berbagai macam iklan saat memasuki sebuah website tentu bukan hal yang baru bagi Anda. Bahkan, bisa dikatakan jika hal ini terjadi hampir setiap hari. Terlebih jika website yang Anda kunjungi merupakan situs yang sangat populer. Jika Anda tertarik untuk juga mencantumkan iklan pada situs website populer, Anda perlu menggunakan layanan display ads.

Iklan yang Anda daftarkan tidak akan secara sembarangan tercantum dalam website yang abal-abal. Sebaliknya, Google akan menyesuaikan produk Anda dengan audiens yang mengunjungi sebuah website. Dengan begitu, produk Anda bisa lebih relevan terhadap pengunjung dari sebuah website. Untuk lebih menarik konsumen, tawarkan promo yang menarik dalam konten display ads yang Anda daftarkan.

4. Video Ads

Sistem kerja video ads tidak jauh berbeda dengan shopping ads, yang membedakan hanyalah bentuk dari iklannya saja. Jika shopping ads menawarkan iklan dalam bentuk foto, video ads menawarkan iklan dalam bentuk video. Di mana video yang Anda iklankan akan muncul dalam menu videos pada mesin pencarian Google. Jenis google ads satu ini akan sangat cocok bagi Anda yang baru saja membuat sebuah konten iklan dalam bentuk video. Agar iklan yang Anda buat dapat mendapatkan audiens yang lebih banyak, penggunaan video ads bisa menjadi pilihan yang terbaik. Untuk membuat kemunculan video Anda bisa semakin tinggi, gunakan judul video yang paling relevan dengan bahasa yang mudah dimengerti.

5. Universal APP Campaign

Berbeda dengan keempat google ads sebelumnya, iklan satu ini lebih cocok bagi Anda yang telah meluncurkan aplikasi mobile. Dengan menggunakan iklan ini, jumlah pengunduhan aplikasi mobile Anda akan semakin meningkat dan diketahui oleh banyak masyarakat. Menariknya, aplikasi mobile yang Anda miliki tidak hanya dipromosikan dalam mesin pencarian saja. Aplikasi Anda juga akan muncul dalam iklan PlayStore hingga Youtube. Untuk semakin meningkatkan ketertarikan masyarakat untuk mengunduh aplikasi Anda, beri penawaran khusus yang bisa menguntungkan para user nantinya. Dengan begitu, masyarakat tidak lagi ragu melakukan pengunduhan aplikasi tersebut.

Itu tadi kelima jenis google ads yang bisa Anda pilih untuk meningkatkan penjualan. Setelah mengetahui cara kerja dan karakteristik setiap iklan tersebut, kini saatnya Anda memilih mana iklan yang paling sesuai dengan konten buatan Anda. Jika memungkinkan, tentu tidak ada salahnya jika Anda menggunakan lebih dari satu jenis google ads. Meski harus mengeluarkan biaya lebih banyak, keuntungan yang menanti Anda juga akan lebih besar.

Rizki Setyo
Content Author
Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.
Artikel Terkait