ACCESSTRADE Indonesia

10 Tips Menjalankan Promosi Iklan Affiliate Tokopedia

Admin
how to Jan 06, 2023

Baca Juga: Masih Bingung Apa yang Dimaksud Dengan Program Afiliasi? Ini Penjelasannya

Daftar Isi

Berapa persen komisi Affiliate Tokopedia?

1

Anda sering sekali bertanya berapakah komisi yang dihasilkan jika bergabung dalam bisnis affiliate marketing Tokopedia. Anda mendapatkan pendapatan dalam setiap memasarkan produk dengan cara menampilkan iklan affiliate Tokopedia. Dalam setiap penjualan produk yang Anda promosikan, Anda akan memperoleh sebesar 10%. Namun hal tersebut dapat dibagi pada setiap pembagian yang produk yang Anda jual dan dibeli oleh pelanggan. Berikut beberapa persen komisi di affiliate marketing yang akan Anda kantongi.

  • Pada kategori makanan dan minuman Anda akan mendapatkan 10%
  • Pada kategori Kecantikan, Fashion, dan Rumah Tangga Anda akan mendapatkan 8%
  • Pada kategori Kesehatan, Ibu & Bayi Anda akan mendapatkan 5%
  • Pada kategori Olahraga dan Hobi  Anda akan mendapatkan 3%
  • Pada kategori Handphone, Tablet, Otomotif, dan Elektronik  Anda akan mendapatkan 1%
  • Pada kategori yang diluar list tersebut, Anda akan mendapatkan 2%

Nilai komisi maksimal Rp 50.000 untuk setiap kategori per penjualan. Tokopedia dapat mengubah persentase & nominal komisi sewaktu-waktu. Jadi Anda harus selalu update untuk mengetahui perubahan tersebut.

Dalam prograam bisnis affiliate marketing Tokopedia, Anda mendapat komisi kunjungan saat mempromosikan iklan affiliate Tokopedia pada sosial media pribadimu. Komisi Kunjungan adalah sejumlah nominal tertentu yang telah Anda ditentukan oleh Tokopedia untuk periode tertentu dalam layanan Tokopedia Affiliate dan dibayarkan kepada Affiliate Partner atas setiap Kunjungan Terverifikasi. Berikut lah cara kerja dari komisi kunjungan Tokopedia saat kamu memasarkan iklan affiliate Tokopedia.

  • Komisi yang Anda dapat setiap pengunjung mengunjungi iklan affiliate Tokopedia untuk 1 pengunjung sebesar Rp.50,- (lima puluh perak)
  • Komisi kunjungan akan diberikan setelah verifikasi oleh Tokopedia maksimal 2x24 jam
  • Tokopedia akan membatasi komisi kunjungan per harinya sebesar Rp.25.000.- (dua puluh lima ribu) bagi para Affiliate Partner
  • Tokopedia dapat mengubah persentase & nominal untuk komisi dan batasan komisi kunjungan sewaktu-waktu.  

Dalam program ini Anda akan mendapatkan komisi lebih karena banyak cara untuk mendapatkan cuan hanya dengan mempromosikan iklan affiliate Tokopedia.

Jenis-jenis Komisi Affiliate Tokopedia yang Harus Anda Ketahui

Perusahan Tokopedia mempunyai beberapa jenis komisi untuk para affiliate marketer. Beberapa dari jenis komisi ini sangat membantu untuk para affiliate marketer untuk bergabung dalam program bisnis Tokopedia affiliate. Berikut beberapa jenis komisi yang berada di perusahan Tokopedia Affiliate.

2

Cost Per Sale (CPS)

Pada umumnya, Tokopedia salah satu perusahaan yang menggunakan jenis komisi CPS (Cost Per Sale) yang mempengaruhi komisi dari penjual yang telah dicapai. Jenis komisi ini ada beberapa persentasenya seperti pada artikel diatas. Komisi yang didapat tergantung hasil penjualan yang telah kamu peroleh jika pengunjung telah membeli dan menyelesaikan pembayaran dengan nominal yang tertera pada produk.

3

Cost Per Click (CPC)

Adapun jenis komisi CPC (Cost Per Click) yaitu komisi kunjungan para calon pembeli untuk yang ingin tahu lebih lanjut tentang produk yang telah kamu promosikan. Kamu akan mendapat komisi setelah berhasil membuat para pengunjung mampir ke link yang tertera pada link.

Affiliate marketer mendapatkan Rp.50 untuk satu kunjungan yang terverifikasi oleh pihak perusahaan.Komisi yang diberikan oleh perusahaan Tokopedia yang telah di verifikasi dengan waktu 2x24 jam. Pihak Tokopedia akan membatasi komisi kunjung sebesar Rp.25.0000 per harinya.Dan pihak perusahaan berhak mengubah jumlah nominal dan batas komisi kunjungan sewaktu-waktu. Jenis komisi ini sangat menguntungkan Anda yang mempromosikan iklan affiliate Tokopedia

Tips Menjalankan Promosi Iklan Affiliate Tokopedia

 4

Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil, Anda akan mendapatkan pelanggan tetap dan komisi yang Anda hasilkan bisa meningkat di setiap bulannya. Berikut adalah Tips menjalankan promosi iklan affiliate Tokopedia.

1.Buatlah blog review

3.1

Akan ada banyak sekali keuntungan yang didapatkan jika Anda bisa membuat blog online yang mana bisa berada di urutan pertama mesin pencarian.

Dengan memasukan produk iklan affiliate Tokopedia yang Anda review dengan tulisan sangat memudahkan mendapatkan pengunjung, hal ini tentu dapat meningkatkan blog yang telah dibuat.

Untuk blog yang satu ini, selain menulis jika Anda mengalami masalah atau kendala Anda bisa menyewa jasa SEO atau search engine optimization yang bisa membantu untuk meningkatkan traffic blog Anda. Saat ini ada cukup banyak yang menyediakan jasa tersebut. Yang dibutuhkan hanya mencari yang sudah berpengalaman, Anda juga dapat pelajari dengan gratis di youtube atau masuk ke forum online yang ada di facebook.

2.Menggunakan Facebook Marketing untuk memasarkan iklan

3.2

Meski bermunculan banyak media sosial lain, Facebook masih menjadi salah satu media sosial yang banyak dipakai para pelanggan berbagai kalangan dan usia. Oleh karena itu, Facebook tetap menjadi pasar yang potensial dalam bisnis online.

Mengetahui fakta tersebut, jangan remehkan keberadaan Facebook dan aktiflah untuk memasarkan produk yang ingin dijual di media sosial satu ini agar penjualan pun bisa semakin bertambah. Hal tersebut dapat Anda manfaatkan dengan cara memasarkan iklan affiliate Tokopedia.

3.Membuat konten yang menarik

3.3

Hal ini sangat membantu untuk memasarkan iklan affiliate Tokopedia, Anda juga harus memberikan konten yang menarik untuk membuat pengunjung tertarik untuk datang ke online shop Anda. Media pemasaran ini bisa berupa artikel, video atau gambar yang sesuai dengan bisnis yang dijalani.

Misalnya, jika Anda menjual produk-produk kecantikan, maka Anda bisa membuat video tentang tutorial makeup atau tips menggunakan produk kecantikan sehari-hari.

Hal ini sangat efektif untuk menjaring pelanggan baru maupun untuk mempertahankan pelanggan setia agar tidak bosan untuk berkunjung ke toko online Anda.

Jika Anda tidak punya waktu untuk membuatnya, Anda juga tak perlu khawatir karena saat ini banyak pihak lain yang menawarkan jasa pembuat konten untuk website. Jadi, Anda bisa mencari yang terbaik di luar sana untuk bekerja sama.

4.Membuat iklan Gratis

3.4

Di saat beberapa bisnis merasa bahwa kegiatan marketing atau melakukan promosi banyak menghabiskan biaya, Internet bisa memberi solusinya. Internet adalah ruang luas tanpa batas, di mana Anda bisa menemukan banyak hal di dalamnya termasuk beriklan secara gratis.

Dalam situs iklan gratis, biasanya para anggota bisa memilih komunitas maupun produk yang akan ditawarkan, mendaftar, dan menulis penawaran barang atau jasa tanpa harus mengeluarkan uang sedikitpun. 

5.Menggunakan sosial media 

3.5

Dengan berkembangnya teknologi komunikasi secara global, media sosial merupakan salah satu alat komunikasi dan strategi promosi produk yang perlu dimiliki para pengusaha.

Hal ini diperlukan untuk menjembatani antara pelaku bisnis dan pembeli agar terjalin komunikasi dengan mudah, cepat, dan efisien. Dengan media sosial yang Anda memiliki mempunyai kebebasan untuk mengisi dengan iklan affiliate Tokopedia yang Anda miliki.

6.Membuat vlog atau live pada sosial media

3.6

Visual speaks louder atau gambar berbicara lebih keras adalah sebuah moto kekinian yang tumbuh seiring dengan maraknya kebiasaan orang-orang saat ini mengunggah kegiatan mereka baik melalui gambar maupun video di beberapa media sosial.

Hal ini menginspirasi strategi promosi sebuah produk menggunakan teknik gambar maupun video berupa vlog ataupun live. Membuat iklan affiliate Tokopedia yang menawarkan produk dalam tampilan visual menjadi model baru dalam strategi promosi bisnis. Serta live, mempromosikan langsung dengan cara live membuat pembeli tertarik bila Anda mempunyai ciri khas yang unik dan kreatif.

Video dapat menampilkan produk yang sedang ditawarkan kepada konsumen ataupun berupa tutorial yang secara tidak langsung tetap terkait dengan penawaran produk. Dengan video, produk dapat ditampilkan secara lebih detail dari berbagai sisi. Selain itu, fitur suara dapat menambah informasi yang lebih lengkap mengenai spesifikasi dari produk tersebut.

7.Memahami tren dan platform yang digunakan

3.7

Menjadi seorang pebisnis artinya Anda harus selalu up to date dan mengikuti tren yang ada. Anda harus bisa fleksibel dalam menggunakan beragam media sosial yang saat ini sedang banyak digunakan oleh masyarakat.

Anda harus memiliki pola pikir yang tidak kaku dan terus mengikuti tren yang ada. apalagi mengingat penggunaan media sosial sangatlah penting dalam bisnis. Jadi, pahami tren yang ada dan ambil keuntungan untuk membuat strategi pemasaran bisnis online Anda semakin baik.

8.Personal Selling

3.8

Strategi personal selling ini dilakukan dengan cara menyampaikan informasi secara langsung kepada calon pelanggan agar merangsang niat langsung untuk membeli produk. Cara ini adalah cara yang paling sederhana.

Di era digital, cara ini dilakukan lewat platform komunikasi seperti whatsapp dan lainnya. Dan metode ini bisa kamu lakukan saat mempromosikan iklan affiliate Tokopedia.

9.Sales Promotion

3.9

Strategi Promosi penjualan adalah cara untuk meningkatkan penjualan dalam jangka waktu yang pendek.Jenisnya pun unik. Ada yang bentuk diskon, bonus hadiah, perlombaan dan lainnya.Strategi ini bisa dilakukan dalam jangka waktu pendek. Tetapi cukup untuk membujuk pelanggan untuk membeli produk. 

Hal ini membuat para pengunjung berantusias dalam membeli produk tersebut. Apabila hal tersebut bisa Anda lakukan dengan baik dan benar, Anda akan bisa mendapatkan jumlah komisi yang cukup besar di setiap bulannya.

10. Memaksimalkan jaringan dan relasi

3.10

Dalam bisnis, memiliki jaringan yang luas adalah suatu hal yang sangat penting. Dengan membangun jaringan yang baik, Anda bisa menggencarkan strategi pemasaran bisnis online dengan menawarkan barang atau jasa yang ada dalam jangkauan yang luas. Kesempatan untuk mendapatkan konsumen atau klien yang tertarik dengan barang atau jasa tersebut pun semakin banyak.

Untuk membangun jaringan yang baik, cobalah untuk memulai dari yang paling sempit dan kemudian ke yang paling luas. Tidak hanya itu, pengusaha online harus sudah bisa membangun koneksi tersebut mulai dari awal pemasaran secara online.

Dalam hal ini, Anda harus sanggup menjalin koneksi dengan lingkup yang kecil terlebih dahulu karena lingkup yang kecil pun bisa berdampak besar pada produk yang dijual. Contohnya, Anda bisa menjadi sponsor untuk kegiatan sosial atau sebuah pertunjukan seni di sekitar Anda. Dengan hal ini adalah satu memasarkan iklan affiliate Tokopedia secara langsung.

Kesimpulan

Dalam berbisnis Affiliate Marketing Anda harus bisa membaca semua pasar dan tren yang sedang terjadi di masyarakat luas. Sebelum Anda bergabung dalam bisnis Affiliate, harus paham dahulu pada perusahaan yang ingin Anda pilih. 

Seperti Tokopedia, memiliki jenis komisi CSP (Cost Per Sale) yang mendapatkan komisi setelah pelanggan membeli produk dan selesai menyelesaikan transaksi nya. Anda akan mendapatkan komisi 10% dalam setiap pembelian, namun hal tersebut memiliki bagian seperti produk makan, elektronik dan produk lainnya. Hal tersebut bisa Anda hitung bila penghasilan tidak sesuai dan bisa diadukan kepada pihak perusahaan tersebut.

Lalu ada CPC (Cost Per Click), Anda mendapatkan komisi tambahan setelah memasarkan produk pada link. Jika pengunjung mengklik link tersebut, Anda mendapatkan Rp.50.- untuk setiap pengunjung, maksimal komisi yang dihasilkan per harinya sebesar Rp.25.000.- dan akan diverifikasikan oleh perusahaan 2x24 jam.

Anda bisa bergabung dengan bisnis ini affiliate marketing selain di tokopedia Anda bisa mendaftar melalui website accesstrade, banyak perusahaan marketplace besar yang bergabung jadi memudahkan Anda dalam memilih. klik disini daftar affiliate accesstrade 

Baca Juga: Affiliate Shopee Vs Affiliate Tiktok, Mana yang Kasih Komisi Paling Bagus

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate skincare merupakan program program yang didasarkan pada setiap penjualan produk skincare dengan komisi tertentu.
Jan 06, 2023