ACCESSTRADE Indonesia

Nggak Cuma Joget, Ikutan Cara Menjadi Affiliate Tiktok Juga Bisa Jadi Cuan!

Admin
how to Sep 29, 2022

Baca Juga: Pemasaran Afiliasi, Definisi, cara kerja dan manfaatnya untuk bisnis

Jika kamu TikTokers, pasti sudah tidak asing lagi melihat iklan atau orang yang memajang “klik link ini”, “klik kode ini”, atau “produk ada di link ini” dan lainnya. Yup, ini merupakan contoh iklan affiliate marketing. Link atau kode menjadi kunci penting transaksi pemasaran atau jual-beli ini berhasil dan sebagai identitas ketika menjadi sang affiliator. Namun, bagaimana sih cara menjadi affiliate marketing TikTok ini? Yuk kita cari tahu selengkapnya, di bawah ini.

Sebelumnya, affiliate marketing merupakan bentuk kerja sama yang dilakukan oleh seorang pemilik usaha dengan orang lain. Umumnya, dilakukan dalam kegiatan pemasaran untuk mencapai keuntungan dan memperluas jaringan atau target usaha.

Nah, affiliate marketing juga memiliki jenis salah satunya dengan media online. dan Kamu pun bisa menjadi affiliator atau pelaku affiliate marketer. Untuk mendapatkan cuan yang melimpah dari bisnis online ini, cukup membutuhkan konsistensi, kreatif, berani coba dan pintar berjualan.

Yup, siapa yang tidak mengenal dan menggunakan TikTok. Aplikasi video ini menjadi salah satu media sosial dengan pertumbuhan tercepat, dan kini menambahkan fitur TikTok Affiliate di dalamnya.

TikTok Affiliate atau yang juga dikenal dengan sebutan Tiktok Shop Affiliate, adalah metode penjualan yang memungkinkan kamu sebagai kreator memonetisasi konten mereka. Caranya adalah dengan mempromosikan produk atau jasa sebuah brand lalu menerima komisi atas penjualan yang dihasilkan. Sebagai afiliator sekaligus kreator, kamu dapat mempromosikan produk yang relevan dengan audiens, tentunya dengan ide konten yang tetap kreatif.

Melansir Influencer Marketing Hub, TikTok setiap bulannya bisa memiliki 1 miliar pengguna aktif. Dan, tidak sedikit pengguna aktif tersebut melakukan transaksi alias mengeluarkan uang mereka di TikTok Shop atau marketplace.

Sementara di bulan Februari 2021 lalu, Tiktok tercatat sebagai salah satu aplikasi dengan user spending (uang yang dihabiskan oleh pengguna) terbanyak, yaitu senilai 110 juta dolar AS atau setara 1,6 triliun rupiah.

Jadi, selain sebagai platform media sosial, TikTok sudah melebarkan sayapnya menjadi marketplace. Sehingga sudah tidak diragukan lagi pengguna, pembeli ataupun keuntungannya. 

Daftar Isi

Cara Menjadi Affiliate Marketing TikTok

 cara menjadi affiliate marketing TikTok

Pada dasarnya, cara menjadi Affiliate Marketing TikTok mirip dengan program affiliate marketing lainnya.

Ada empat pihak yang terlibat dalam Tiktok Affiliate atau program affiliate marketing lainnya, yakni:

  • Merchant, yaitu pihak atau perusahaan yang menyediakan produk atau jasa untuk dijual dan ditawarkan
  • Affiliate network, pihak yang menjembatani antara merchant dengan affiliate marketer. Biasanya, beberapa pemilik merchant bekerja sama dengan pihak yang mau mengumpulkan katalog produk mereka untuk selanjutnya diberikan kepada affiliator atau kreator.
  • Affiliate marketer (Affiliator) atau kreator, seseorang yang mempromosikan produk merchant melalui video TikToknya.
  • Consumer, pengguna yang membeli produk merchant dari kode atau link yang disediakan oleh Affiliator.

Pemilik toko alias Merchant atau affiliate network, nantinya akan memberikan kode unik kepada kamu sebagai affiliator. Setelah itu, barulah mulai bisa melakukan promosi dengan menggunakan kode tersebut melalui video TikTok pribadi.

Kamu bisa langsung mencantumkan link produk terkait ke dalam video atau bio profil sosmed pribadi. Setelah itu, merchant atau si punya Toko bisa melacak dari mana saja transaksi masing-masing affiliate marketer. Sehingga, kemudian memperhitungkan dan memberikan komisi yang sesuai.

Untuk bisa memulai perjalanan promosimu di TikTok Affiliate, ada beberapa hal yang perlu disiapkan dan perhatikan seperti syarat dan ketentuan.

Persyaratan dan Cara Mendaftar TikTok Affiliate

Persyaratan yang perlu kamu siapkan sebagai cara menjadi Affilate marketing TikTok, di antaranya adalah:

  • Menyiapkan KTP atau Paspor
  • Rekening bank
  • Alamat pengiriman
  • Akun Tiktok Shop yang aktif

Jika sudah memiliki syarat diatas, berikut ini cara mendaftar TikTok affiliate

  1. Log in ke akun TikTok
  2. Klik Profil kamu
  3. Klik ikon keranjang atau menu Shop
  4. Pilih E-commerce Creator Center
  5. Pilih menu Commissions
  6. klik Add Products, bila pertama kali menambahkan produk
  7. Lengkapi dan verifikasi informasi nama lengkap
  8. Pilih Add Affiliate Products
  9. Tunggu persetujuan dari yang punya toko, seller atau merchant
  10. Bila sudah disetujui, kamu bisa mulai mempromosikan produk dan menambahkan link referral di video produk.

Nah, jika sudah tahu cara menjadi affiliate marketing TikTok. Langkah selanjutnya, yang harus dilakukan adalah berani mencoba hal baru. Terus mengasah kemampuan membuat konten yang menarik, konsisten, sabar dan gigih.

Baca juga : Autocuan, Ini Cara Daftar Afiliasi Niagahoster & Dapatkan Komisi Hingga 70%!

 

Cara Menjadi Affiliate Marketing TikTok Biar FYP

 cara menjadi affiliate marketing TikTok dengan cepat

Sebagai creator sekaligus affiliator, pada dasarnya diperlukan menerapkan taktik strategi supaya video konten jualan kamu bisa mencapai for you page (FYP). Semakin banyak orang yang menonton videomu, maka semakin luas target market yang bisa  terjangkau.

Namun, membuat video promosi memang perlu trik yang sedikit berbeda dari video jualan biasa.

1. Buat konten video promosi yang relevan dengan target pasarmu.

Video promosi ini juga bisa diambil dari kesukaan atau hobi dan bisa menjadi niche atau topik utama. Misalkan, lebih suka membahas teknologi atau  anaknya teknologi banget. Maka bisa bergabung dan bermitra, dengan merchant yang berhubungan dengan dunia teknologi atau gadget.

Buat video promosi, dengan review jujur penggunaan gadget dan sebagainya. Pengikut yang memutuskan untuk follow atau tidak, biasanya kumpulan orang atau audiens yang memiliki minat dan hobi yang relevan. Atau sama denganmu atau niche tersebut.

Sehingga kemungkinan besar audiens tersebut akan lebih tertarik untuk membeli produk yang masih erat kaitannya dengan konten yang kamu buat.

2. Gunakan audio atau hashtag yang sedang viral

Karena TikTok ada platform video hiburan, maka sebisa mungkin menggunakan sound atau audio yang sedang viral. Tentunya ketika menggunakan audio yang sedang viral, kemungkinan untuk menjangkau penonton dan juga bisa FYP.

Kreasikan audio tersebut ke dalam konten jualan Affiliate. Apabila sound atau audionya kurang cocok dengan niche, bisa mengakalinya dengan menggunakan hashtag yang juga sedang viral atau trending.

Tetapi, Tren di TikTok cenderung bisa berubah dengan sangat cepat, lho. So, jangan lupa untuk pintar-pintar mengikuti tren yang ada, ya.

3. Cantumkan link produk ke dalam video

Penonton alias calon konsumen biasanya lebih menyukai cara yang simpel dan praktis. Mereka pasti lebih suka, bila langsung menemukan produk yang disematkan pada video. Tanpa harus repot-repot mengetik ulang tautan pada browser atau mencari akun resmi toko terkait.

Walaupun mereka hanya numpang lewat atau tidak melakukan transaksi, setidaknya mereka bisa memasuki tahap brand consideration ketika mengklik tautan tersebut.

4. Cantumkan link ke bio profil

Yup, selain mencantumkan link referral di produk, kamu juga bisa update konten video jualan di bio profil. Apalagi jika tidak fokus satu produk saja, hal ini akan membantu calon pembeli memudahkan video-video produk yang sudah dikelompokkan dan dicantumkan di sana.

Tetapi, jika sudah terlalu banyak video jualan atau konten video yang dibuat. Kamu bisa menggunakan bantuan linktree. Jadi, di dalam link tersebut bisa mengumpulkan berbagai macam link produk affiliate yang diinginkan.

5. Sabar dan Konsisten Cara menjadi affiliate marketing TikTok agar Sukses

Tidak sedikit orang yang ketika mengalami penurunan omset, seperti tidak ada pembeli, tidak ada yang mengklik, tidak ada yang menonton, membuat kita putus asa. Terkadang saat mengalami satu saja kegagalan membuat kita malas, alias kecewa sehingga enggan mencobanya lagi.

Inilah yang perlu diingat sebagai cara menjadi affiliate marketing TikTok yang Sukses, cukup perlu konsistensi dan sabar. Usahakan untuk tidak money oriented, teruslah berkarya, mengasah kemampuan jualan dan kreatifitas.

Jangan biarkan satu kegagalan menghalangi untuk menuju kesuksesan ya. Yup, itulah beberapa tips dan cara menjadi affiliate marketing TikTok yang sukses dan viral. Semoga bermanfaat dan gunakan kesempatan emas ini.

Selain afiliasi Tiktok, serta beragam afiliasi lainnya yang ada. Afiliasi Accesstrade, juga patut untuk dicoba. Platform Affiliate marketing terbaik se Asia Tenggara, wow menarik bukan? Jadi, jika ada yang berminat langsung daftar sekarang

Baca juga : Bongkar Rahasia Cara Menjadi Affiliate Marketer yang Sukses untuk Ibu Rumah Tangga

Baca Juga: Contoh Affiliate Marketing yang Bagus Serta Tips Menjalankannya di Youtube

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
how to
Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate Marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil,
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023