Cara Menjadi Influencer Tiktok Tanpa Modal

Cara Menjadi Influencer Tiktok Tanpa Modal

Admin
insights Jul 05, 2023
SHARE ON
1688553692_cara-menjadi-influencer-tiktok-1.jpg

Sejak beberapa tahun ke belakang, Tiktok telah menjadi media sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, dan mungkin anda adalah salah satu orang yang menggunakan Tiktok dalam keseharian. Hal tersebut disebabkan algoritma Tiktok yang menyesuaikan penyajian konten video sesuai dengan minat pengguna, sehingga hanya dengan scroll saja pengguna sudah bisa menikmati video yang relate dengan dirinya. 

Beragam konten dapat ditemukan di Tiktok, mulai dari konten hiburan, tutorial, hingga ulasan sebuah produk. Kini Tiktok telah berkembang sangat pesat dengan segala inovasi yang coba diberikan guna memuaskan pengalaman penggunanya. Tiktok yang semula hanya digunakan untuk menonton konten, kini juga menjadi platform jual beli produk dengan kehadiran Tiktok Shop. Kehadiran Tiktok Shop memberikan kemudahan pengguna untuk mencari dan membeli produk yang lewat di halamannya. Ditambah beragam promo yang diberikan serta kehadiran Tiktok Live di mana sering kali brand memberikan harga khusus ketika pengguna membeli produk melalui Tiktok Live.

Lebih dari itu, kini Tiktok juga memberikan kesempatan penggunanya mendapatkan penghasilan dengan bergabung menjadi influencer Tiktok pada program afiliasi mereka. Tidak main-main penghasilan yang dapat diterima juga sangat besar, terlebih jika memiliki followers yang banyak. Menjadi influencer Tiktok juga sangat mudah dilakukan, tidak ada syarat khusus yang harus dipenuhi serta tidak memerlukan modal menjadi alasan kuat mengapa anda harus bergabung menjadi influencer Tiktok. Artikel kali ini akan membahas bagaimana cara menjadi influencer Tiktok dan meraup keuntungan besar di dalamnya.

Apakah Tiktokers dapat duit?

“Apakah tiktokers dapat duit?” mungkin adalah pertanyaan yang pertama kali keluar saat anda mendengar bahwa Tiktok bukan hanya media sosial untuk hiburan, tetapi juga tempat anda mencari uang. Pertanyaan tersebut tentu dapat dijawab dengan mudah, bahwa benar anda bisa mendapatkan uang dengan cara aktif menjadi Tiktokers alias influencer Tiktok. 

Lalu, dari mana sih uang tersebut bisa didapatkan? Anda bisa mendapatkan uang dari Tiktok dengan cara menjadi influencer Tiktok. Mudahnya, anda harus mempromosikan suatu produk yang terdapat dalam Tiktok Shop melalui konten-konten yang anda buat. Penghasilan anda nanti akan dihitung dari seberapa banyak transaksi yang terjadi melalui produk yang anda sematkan dalam konten buatan anda. Semakin banyak penonton video yang membeli produk, maka akan semakin besar penghasilan yang anda dapatkan. 

Selain mempromosikan produk yang terdapat dalam Tiktok Shop anda juga bisa menjalin kerja sama langsung dengan perusahaan atau brand tertentu, yang mana perusahaan tersebut akan membayar anda untuk mempromosikan produk mereka dalam konten yang anda buat. Namun, untuk mendapatkan kerja sama langsung dengan brand, anda harus memiliki penonton yang banyak serta branding yang kuat terhadap profil anda. Anda harus mampu membangun branding bahwa anda seorang influencer yang mengerti tentang produk yang anda promosikan sehingga penonton akan percaya atas apa yang anda sampaikan dan tertarik untuk membeli produk yang anda promosikan.

Dari banyak ragam cara menjadi influencer Tiktok yang menguntungkan, anda bisa memilih sendiri mana cara yang paling cocok dan mudah untuk anda jalankan. Mulailah dari langkah yang paling mudah agar membuka kesempatan lebih besar mendapat keuntungan lebih banyak lagi. Yang jelas menjadi influencer Tiktok atau Tiktokers dapat memberikan anda penghasilan ketika anda bisa memaksimalkan konten yang anda buat serta potensi penonton yang anda miliki.

Bagaimana Cara Menjadi Influencer Tiktok

Setelah memahami dan meyakini bahwa Tiktok dapat memberikan anda penghasilan, selanjutnya anda harus memahami cara menjadi influencer Tiktok. Ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk menjadi influencer Tiktok dan memaksimalkan potensi meraih penghasilan yang besar. Berikut adalah cara menjadi influencer Tiktok.

1. Tentukan niche

Ketika memulai perjalanan anda sebagai influencer Tiktok ada baiknya anda menentukan niche anda sendiri. Menentukan niche berarti anda harus menentukan segmentasi produk yang akan anda promosikan melalui konten Tiktok yang anda buat. Ada banyak sekali niche yang dapat anda pilih, sesuaikan lah dengan pengetahuan dan minat anda terhadap produk tersebut. Misal anda gemar berolahraga dan ingin menjadi influencer olahraga, maka saat menjadi influencer Tiktok sebaiknya anda mempromosikan produk-produk yang dekat dengan olahraga. Menentukan niche juga membantu anda ketika akan menentukan target pasar.

2. Bangun branding yang kuat pada profil anda

Setelah menentukan niche yang anda pilih, selanjutnya anda perlu membangun branding yang kuat pada profil anda. Jika anda yakin akan menjadi influencer olahraga maka anda harus memenuhi profil anda dengan konten-konten olahraga, sehingga ketika penonton mengunjungi profil anda mereka akan yakin dengan rekomendasi produk olahraga yang anda promosikan.

3. Kenali penonton

Ketika sudah berhasil membangun branding yang kuat bahwa anda adalah influencer olahraga, selanjutnya anda harus bisa lebih mengenali penonton setia anda. Dengan begitu anda dapat mudah mengetahui apa yang penonton anda suka dan butuhkan dari anda. Anda dapat mengenali penonton anda seperti apa dengan cara menjalin interaksi dengan penonton melalui Tiktok Live atau berinteraksi di kolom komentar. Anda juga bisa membiasakan meminta saran konten apalagi yang dibutuhkan oleh penonton anda. Semakin puas mereka terhadap apa yang anda sajikan, maka akan semakin setia mereka menjadi penonton anda. 

Dengan mengenal penonton, anda juga bisa menentukan bagaimana cara anda membawakan konten. Sebagai contoh, jika penonton anda adalah anak-anak muda, maka pembawaan santai yang diselingi dengan bercanda adalah cara yang lebih disukai ketika anda menyampaikan sesuatu. 

4. Buat konten yang menarik

Setelah anda mengetahui produk yang akan dipromosikan, memiliki branding yang kuat, dan mengetahui siapa target penonton anda, maka anda sudah siap memberikan konten yang menarik dan sesuai dengan apa yang penonton anda suka dan butuhkan. Pastikan bahwa konten yang anda buat sudah relevan dengan ketiga hal yang telah anda pelajari sebelumnya. Ketika semuanya sudah tepat, besar kemungkinan anda akan memiliki penonton setia yang siap mendengar rekomendasi yang anda berikan.

Dalam membuat konten jangan lupa untuk memikirkan tren konten yang sedang berkembang, anda bisa mencari tren dengan melihat konten-konten yang sering FYP. Ada beberapa cara mengenali tren di Tiktok, seperti melihat bagaimana isi dan lembawaan konten yang sering kali FYP serta sound yang sedang banyak digunakan. Pembuatan bentuk konten yang sedang menjadi tren ditambah sound yang sedang ramai, akan memperbesar kemungkinan konten anda sampai ke penonton.

5. Unggah konten secara berkala

Seperti diketahui bahwa salah satu algoritma Tiktok adalah konsistensi, yang mana dinilai dari seberapa konsisten anda mengunggah konten. Ingat, konsisten bukan berarti mengunggah konten sebanyak-banyaknya. Karena banyak influencer yang mengunggah konten banyak tetapi tidak ada satu pun yang FYP. Konsisten yang dimaksud adalah anda mengunggah konten secara berkala dan terjadwal. Sebagai contoh, anda menentukan jadwal konten seminggu tiga kali pada hari Senin, Rabu, dan Sabtu, maka pastikan anda mengunggah konten pada tiga hari tersebut di setiap minggunya. Dengan demikian kesempatan anda untuk FYP akan semakin besar.

Tips sukses menjadi influencer Tiktok

Tentu anda tidak ingin perjalanan anda sebagai influencer Tiktok menjadi sia-sia, oleh karena itu anda harus memaksimalkan cara menjadi influencer Tiktok yang sukses. Kesuksesan menjadi influencer Tiktok pasti akan diiringi dengan semakin besar penghasilan yang anda dapatkan. Berikut adalah tips yang bisa anda jalankan agar tahu cara menjadi influencer Tiktok yang sukses.

1. Kembangkan konten yang anda buat

Selalu usahakan terdapat perkembangan dalam konten-konten yang anda buat. Jika semula anda adalah influencer yang berhasil mengikuti tren, anda bisa mencoba untuk membuat tren anda tersendiri sehingga orang dapat dengan mudah mengenali konten anda. Anda bisa menyematkan hal-hal yang menjadi ciri khas konten anda, seperti penggunaan kata sapaan kepada para penonton anda.

Selain perkembangan dalam bentuk konten, anda juga perlu mengembangkan proses produksi, yang meliputi kualitas audio dan video yang terdapat dalam konten anda. Hal ini menjadi penting namun sering kali dilupakan oleh influencer pemula, padahal dua hal tersebut juga memengaruhi minat penonton terhadap konten anda. Penonton pasti cenderung lebih mudah dan ingin menikmati konten dengan kualitas audio dan gambar yang baik. Maka dari itu, usahakan anda memproduksi konten dengan sebaik mungkin.

2. Terbuka dengan kerja sama

Selain mempromosikan produk-produk yang terdapat dalam Tiktok Shop, sebaiknya anda juga membuka endorsement atau kegiatan promosi berbayar, sebab hal ini terbukti sangat menguntungkan. Namun, perlu dipahami sebagai pemula bayaran yang bisa anda terima masih terbilang kecil, terlebih jika followers anda belum begitu banyak. 

Oleh karena itu sebaiknya anda bersifat terbuka pada seluruh brand atau perusahaan yang ingin melakukan promosi berbayar di akun anda, berapapun nominalnya anda terima saja dulu, sebab dengan demikian anda akan lebih dikenal sebagai influencer yang menerima endorsement. Dan jika konten yang anda buat menarik dan sesuai dengan audience yang dibutuhkan oleh Brand maka akan membuka kesempatan anda untuk mempromosikan produknya.

Anda bisa mempelajari cara menentukan ratecard endorsement disini : Strategi Menentukan Berapa Rate Card

3. Jujur terhadap produk yang anda promosikan

Sebagai seorang influencer, kejujuran adalah hal yang paling utama. Anda harus jujur terhadap produk yang anda promosikan. Kejujuran anda akan menjaga kepercayaan penonton anda, sehingga mereka akan terus percaya terhadap produk yang anda promosikan. Sebab jika sekali dikecewakan lantaran merasa apa yang anda sampaikan tidak sesuai dengan kebenarannya mereka tidak akan percaya lagi dengan apa yang anda promosikan. Oleh karena itu, selalu sampaikan baik-buruk serta kekurangan-kelebihan produk yang anda promosikan dengan sejujur-jujurnya.

Kesimpulan

Itulah artikel mengenai bagaimana cara menjadi influencer Tiktok yang dapat mudah dilakukan dan tidak memerlukan modal sedikitpun. Mulailah perjalanan anda menjadi influencer Tiktok untuk mendapatkan penghasilan menguntungkan. Selalu buat konten kreatif yang sedang tren agar konten anda bisa terus FYP dan menarik penonton membeli produk yang anda promosikan. Bukan hanya di tiktok Anda juga bisa menjadi influencer di social media manapun tanpa harus di lirik oleh brand, di Accesstrade banyak menyediakan berbagai pilihan brand yang bisa Anda mulai sebagai perjalanan influencer Anda. Sudah tertarik untuk memulai menjadi influencer tanpa modal? Anda bisa memulai bergabung di Accesstarde disini: Social Media Affiliate Marketing untuk Influencer

Rizki Setyo
Content Author
Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.
Artikel Terkait