Strategi Menentukan Berapa Rate Card Influencer Indonesia beserta Contohnya

Strategi Menentukan Berapa Rate Card Influencer Indonesia beserta Contohnya

Admin
insights Jul 05, 2023
SHARE ON
1688552622_image1.jpg

Rate card adalah sebuah dokumen yang berisi rincian harga atau timbal balik dari penempatan iklan. Selain itu, rate card juga berisi bentuk-bentuk penawaran yang bisa anda berikan sebagai seorang influencer lengkap dengan biaya yang harus dibayarkan. Keberadaan rate card akan sangat membantu seorang influencer dalam memperoleh penghasilan. Dengan adanya rate card influencer dapat merinci pekerjaan yang dapat dilakukan dengan harga yang bervariasi, sehingga perusahaan dapat memilih jasa apa yang anda lakukan.

Besaran rate card influencer Indonesia juga sangat bervariasi, biasanya besaran ditentukan berdasarkan seberapa banyak followers atau exposure yang anda miliki. Semakin banyak followers yang anda miliki, maka rate card juga akan semakin tinggi. Begitu juga dengan media promosi yang anda miliki, semakin banyak media promosi yang anda tawarkan, maka rate card anda juga akan semakin tinggi.

Apa fungsi rate card?

Keberadaan rate card akan sangat membantu pekerjaan influencer agar lebih efektif dan sistematis, yang berarti sudah tidak perlu lagi menjelaskan harga dari jasa yang diberikan, semuanya sudah tertera di dalam rate card. Selain itu, berikut adalah penjelasan fungsi rate card influencer Indonesia yang perlu diketahui.

1. Perincian harga yang jelas

Rate card akan menampilkan informasi berapa biaya yang harus pihak advertiser atau perusahaan siapkan untuk menggunakan jasa anda. Selain itu, dengan adanya perincian berupa pengelompokan jasa yang dapat anda berikan memudahkan mereka memilih bentuk kerja sama yang akan dilakukan, sehingga anda tidak perlu lagi banyak berdiskusi atau tawar menawar mengenai harga yang anda tetapkan.

2. Penjelasan insight setiap unggahan

Bagi seorang influencer yang aktif menggunakan sosial media, hal ini akan membuat perusahaan tertarik menggunakan jasa anda, terlebih jika insight unggahan anda memiliki angka yang besar. Keberadaan insight unggahan juga akan membantu perusahaan memilih jasa yang anda tawarkan agar kerjasamanya menjadi efektif.

3. Branding diri

Keberadaan rate card juga bisa membantu anda membangun branding sebagai seorang influencer yang profesional, sebab semua hal mengenai jasa dan harga yang anda berikan tercatat dengan jelas, sehingga jika terdapat hal yang tidak sesuai dapat diselesaikan dengan mudah. Selain itu, di dalam rate card anda juga bisa menampilkan capaian atau keberhasilan anda menjadi seorang influencer, atau dalam kata lain menjadi portofolio anda sebagai influencer.

Berapa rate card influencer

Setelah mengetahui fungsi menetapkan rate card sebagai influencer, mungkin anda juga penasaran berapa sih besaran rate card influencer Indonesia. Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya bahwa rate card sangat bervariasi, dan biasanya ditentukan oleh jumlah followers atau exposure yang dimiliki seorang influencer. Selain itu, dipengaruhi juga oleh platform media sosial  yang digunakan, setiap platform memiliki standar harga yang berbeda-beda.

1. Instagram 

Instagram bisa dibilang sebagai media sosial yang pertama kali digunakan oleh influencer untuk mendapatkan penghasilan dengan cara mengiklankan produk dalam unggahannya. Rate card influencer di Instagram dikelompok menjadi 3 jenis berdasarkan jumlah followers yang dimiliki influencer. 

  • Nano influencer dengan jumlah followers lebih dari 1.000 memiliki rate card berkisar 350 ribu.
  • Micro influencer dengan jumlah followers sekitar 10.000 memiliki rate card berkisar 600 ribu.
  • Macro influencer dengan followers lebih dari 100.000 memiliki rate card berkisar 6 juta.
  • Mega influencer dengan followers lebih dari 1.000.000 berkisar 12 juta ke atas.

2. Tiktok

Meski Tiktok adalah media sosial yang terbilang muda, namun sejak beberapa tahun terakhir Tiktok terbukti efektif menjadi platform untuk mengiklankan produk. Rate card influencer Indonesia di Tiktok cukup berbeda dengan Instagram dengan pengelompokan influencer yang sama.

  • Nano influencer dengan jumlah followers lebih dari 1.000 memiliki rate card berkisar 100  ribu.
  • Micro influencer dengan jumlah followers sekitar 10.000 memiliki rate card berkisar 200 ribu.
  • Macro influencer dengan followers lebih dari 100.000 memiliki rate card berkisar 500 - 2 juta.
  • Mega influencer dengan followers lebih dari 1.000.000 berkisar 5 juta ke atas.

3. Youtube

Youtube juga seringkali dijadikan sebagai media tempat mempromosikan produk. Perusahaan biasanya menjalin kerja sama dengan youtuber-youtuber dengan subscriber yang banyak untuk mengiklankan produk mereka dalam konten yang dibuat. Konten yang paling sering dijadikan media iklan di Youtube adalah video ulasan terhadap produk terbaru. Rate card influencer Indonesia di Youtube juga bervariasi tergantung berapa banyak subscriber yang dimiliki.

  • Nano Youtuber berkisar 300 ribu
  • micro Youtuber  berkisar 500 ribu
  • macro Youtuber berkisar 2 hingga 5 juta
  • mega Youtuber berkisar 6 juta ke atas.

Sebagai contoh dari Top Beatuy influencer di Indonesia Anda bisa kunjungi halaman ini : Daftar Top Beauty Influencer Indonesia yang Memiliki Penghasilan Puluhan Juta

Bagaimana cara menentukan rate card

Setelah mengetahui rata-rata besaran rate card influencer Indonesia, mungkin anda masih bingung bagaimana menentukan rate card anda sendiri sebagai seorang influencer. Berikut ini adalah langkah-langkah menentukan rate card anda dengan mudah. 

1. Kenali audiens

Hal ini akan membuat perusahaan yang akan memasang iklannya di anda mengetahui siapa target konsumen mereka. Hal ini juga akan membuat produk-produk yang anda iklankan selalu berhubungan, sehingga konsumen menjadi lebih percaya terhadap apa yang anda rekomendasikan.

Sebagai contoh, anda adalah seorang influencer dengan audiens yang memiliki kegemaran pada bidang olahraga, maka nantinya perusahaan yang bergerak di bidang olahraga akan lebih mudah tertarik dan yakin menggunakan jasa anda untuk mengiklankan produknya.

2. Tentukan harga berdasarkan jasa yang anda tawarkan

Saat akan menentukan harga atas jasa yang anda tawarkan, sebaiknya anda mengelompokan terlebih dahulu jasa-jasa tersebut. Hal ini dilakukan perusahaan lebih mudah memilih jasa yang akan digunakan untuk mengiklankan produknya sebab mereka sudah mengetahui berapa biaya yang harus dikeluarkan dan apa saja yang akan mereka dapatkan.

Sebagai contoh, jika anda adalah seorang influencer di Instagram anda dapat mengelompokan jasa berdasarkan media promosi yang bisa diberikan, anda dapat memisahkan harga antara uanggahanya yang diunggah pada feeds, instastory, instagram reels, hingga tambahan fitur swipe up link. Jasa-jasa tersebut perlu dibedakan sebab setiap unggahan memiliki efektivitas yang berbeda untuk menarik minat audiens. Anda juga bisa membedakan harga berdasarkan berapa lama konten promosi tersebut berada pada media sosial anda.

Dengan pengelompokan jasa dan harga tersebut anda juga akan lebih mudah menghitung penghasilan yang masuk dan tidak ada pihak yang merasa dirugikan sebab harga dan jasa yang diberikan sudah sesuai serta disepakati sedari awal.

3. Paparkan capaian anda sebagai influencer

Untuk menarik minat perusahaan atau brand yang akan bekerja sama, sebaiknya anda juga menambahkan capaian anda sebagai seorang influencer. Yang dimaksud capaian di sini adalah berapa banyak followers atau audiens yang anda miliki beserta dengan engagement atau account reach yang berhasil anda dapatkan. Paparkan semua capaian tersebut anggaplah sebagai sebuah portfolio.

Contoh rate card influencer

Di atas adalah salah satu contoh rate card influencer Indonesia ternama, Rachel Vennya. Dalam rate card tersebut tertulis jelas jasa yang ditawarkan oleh Rachel Vennya beserta tarif yang harus dibayarkan. Mulai dari Instagram, Tiktok, Youtube, hingga menjadi speaker atau pembicara dalam sebuah talkshow. Selain jasa dan harga yang dicantumkan, biasanya influencer juga memaparkan syarat dan ketentuan yang harus ditepati oleh pihak yang akan bekerja sama.

Untuk menarik minat agar perusahaan atau brand tertarik menjalin kerja sama, Rachel Vennya juga memaparkan jumlah followers dan account reach yang berhasil didapatkan, dengan begitu pihak yang akan bekerja sama akan semakin yakin menggunakan jasa dirinya untuk mempromosikan produk  mereka.

Kesimpulan

Itulah artikel mengenai rate card influencer Indonesia, lengkap dengan pengertian rate card, fungsi, cara menentukan hingga contoh rate card dari influencer ternama di Indonesia. Jika anda sedang memulai perjalanan anda sebagai seorang influencer, maka mulai lah membuat rate card dengan baik agar anda terlihat profesional saat melakukan pekerjaan anda sebagai seorang influencer. Rate card juga akan sangat membantu anda mendapatkan banyak pekerjaan. Sudah memahami bagaimana cara menentukan rate card yang menarik calon client untuk berkolaborasi? Langkah selanjutnya Anda dapat klik link berikut untuk memulai langkahmu menjadi influencer yang mendatangkan penghasilan tak terbatas: Social Media Affiliate Marketing untuk Influencer.

Rizki Setyo
Content Author
Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.
Artikel Terkait