Buat Yang Belum Dapat Kerja, Kalian Bisa Coba Aplikasi Cari Uang Di Internet. Begini Caranya

Buat Yang Belum Dapat Kerja, Kalian Bisa Coba Aplikasi Cari Uang Di Internet. Begini Caranya

Admin
insights Mar 07, 2023
SHARE ON
1689240644_buat-yang-belum-dapat-kerja-kalian-bisa-coba-aplikasi-cari-uang-di-internet-begini-caranya-1.jpg

Di era digital peluang kerja semakin banyak bermunculan, khususnya yang memiliki prosedur online. Beberapa website dan aplikasi cari uang di internet juga telah dirilis oleh berbagai pengembang di Indonesia maupun dunia. Seperti apa cara melakukannya? Simak penjelasannya berikut ini!

Apa Saja yang Menghasilkan Uang di HP?

Jika dibandingkan dengan perangkat desktop seperti laptop dan PC, penggunaan smartphone / HP lebih familiar. Selain memiliki fitur yang lengkap, HP juga lebih fleksibel sehingga bisa digunakan di mana saja dan kapan saja. Di perkembangan digitalisasi yang marak saat ini, kamu sudah bisa menghasilkan pundi rupiah melalui HP.

Beberapa program aplikasi dan website sudah memberikan akses bagi kamu yang ingin mendapat penghasilan. Contohnya adalah menghasilkan uang dengan mengerjakan tugas tertentu, survey, hingga menjadi konten kreator. Selain itu, bisnis berjualan masih menjadi salah satu aktivitas terpopuler yang bisa dibarengi dengan iklan afiliasi pemasaran.

Berjualan Memanfaatkan Cashback dan Promo Toko

Seperti yang sudah disinggung tadi, berjualan masih menjadi aktivitas paling popular. Hal ini karena masyarakat Indonesia yang tergolong konsumtif sehingga memunculkan status pasar luar biasa. Cocok untuk berjualan. Nah, kamu bisa berjualan secara digital dengan memanfaatkan cashback dan promo dari toko penjual untuk mendapat harga lebih murah. Setelah itu, pasarkan kembali ke masyarakat luas. Bagaimana caranya?

  1. Cari produk di marketplace yang memiliki promo / cashback / diskon
  2. Beli produk
  3. Jual kembali dengan harga lebih murah (bisa lewat marketplace maupun sosial media)

Kamu bisa menggunakan harga asli maupun lebih tinggi ketika melakukan pemasaran selama mampu menarik minat masyarakat. Dengan memanfaatkan promo dan cashback, modal kamu untuk berjualan bisa berkurang. Kamu bisa menggunakan marketplace seperti Shopee dan Tokopedia yang memiliki banyak promo menarik.

Menjadi Konten Kreator di Instagram

Selanjutnya adalah dengan menjadi konten kreator di Instagram. Sosial media memang seringkali menjadi aplikasi cari uang di internet yang paling memicu antusias. Bayangkan saja seseorang bisa meraih penghasilan dari iklan dan endorse hingga senilai jutaan rupiah. Bagaimana cara menjadi konten kreator di Instagram?

  1. Daftar akun instagram
  2. Buat konten berupa video singkat atau foto. Kamu bisa menggunakan konten hiburan atau informatif sebagai kategori
  3. Upload ke feed Instagram
  4. Manfaatkan Instagram Story untuk kabar terbaru
  5. Sebarkan konten. Jika beruntung, konten kamu bisa masuk rekomendasi dan mendapat banyak trafik

Menjual Barang Preloved

Preloved adalah istilah untuk barang bekas yang masih bersifat layak pakai dan dalam kondisi bagus. Menjual barang preloved dinilai lebih hemat dan murah daripada barang baru. Caranya adalah:

  1. Membeli paket produk bekas dari supplier / jika memiliki sendiri juga tidak masalah
  2. Cuci dan bersihkan produk
  3. Membuat foto / video menarik untuk pemasaran
  4. Membuat kemasan yang aman dan menarik

Kamu bisa menjual barang preloved ini melalui aplikasi cari uang di internet berupa marketplace maupun sosial media.

Usaha Pulsa dan Voucher Elektrik

Saat ini, pulsa dan voucher elektrik memang sudah bisa ditemukan di hampir seluruh aplikasi jual-beli. Meskipun begitu, hal ini tidak mengurangi potensi berjalannya usaha pulsa dan voucher di rumah. Usaha seperti ini akan membantu banyak orang sekitar yang tidak memiliki saldo digital sehingga harus membelinya secara konvensional. Caranya adalah:

  1. Mengunduh aplikasi yang mendukung transaksi pulsa dan voucher. Sebagian besar E-wallet seperti DANA, OVO, dan lain sebagainya juga sudah menyediakan fitur ini. Bisa juga menggunakan aplikasi dari agen terpercaya lainnya
  2. Daftar akun dan verifikasi pengguna
  3. Top up saldo digital
  4. Mulai berjualan

Biasanya vouher elektrik yang ada berasal dari berbagai macam produk, mulai dari voucher listrik, game, hingga layanan internet dan transaksi perbankan.

Menjadi Partisipan Survey Online

Biasanya, beberapa perusahaan mengadakan survey secara online dan membayar setiap partisipannya. Tujuan dari survey ini beragam, tapi umumnya adalah untuk melakukan riset pasar dan menganalisis perilaku konsumen terhadap produk atau hal yang berkaitan dengannya. Beberapa aplikasi website seperti Swagbucks dan Survey Junkie menyediakan layanan ini. Berikut adalah cara melakukannya:

  1. Daftar di situs atau aplikasi survey
  2. Memilih survey
  3. Menjawab setiap pertanyaan dan kualifikasi yang diberikan
  4. Selesai

Dalam mengisi survey mungkin akan memakan waktu sekitar lima hingga belasan menit. Setelah survey berhasil terselesaikan, kamu bisa mendapat bayarannya.

Berjualan di TikTok

TikTok berhasil menjadi sosial media dengan konten short video paling ramai di Indonesia. Ada fitur bernama TikTok Shop yang bisa kamu jadikan tempat untuk berjualan secara online. Nantinya, produk tersebut bisa dipromosikan melalui konten video singkat. Fitur FYP di TikTok akan sangat membantu perkembangan pemasaran produk sehingga lebih mudah dalam menjangkau banyak pengguna. Di pilihan ini, kamu juga bisa merangkap sebagai konten kreatornya dengan cara:

  1. Mengusahakan membuat video terbaik agar masuk FYP
  2. Konsisten dalam mengupload konten
  3. Memanfaatkan tagar atau hashtag yang sedang trend an ramai diperbincangkan
  4. Membuat konten dengan kualitas video yang jelas
  5. Membuat transisi smooth sekaligus tepat dalam video. Kamu bisa mempelajari teknik ini agar konten lebih bisa dinikmati banyak orang

Mengadakan Pelatihan / Kursus Online

Apabila kamu memiliki ilmu lebih terkait suatu bidang tertentu, tidak ada salahnya untuk mencoba membuka pelatihan atau kursus secara online. Caranya juga lebih mudah daripada harus membuka kursus konvensional. Kamu hanya perlu membuat konten berupa video digital yang dibeli oleh pengguna sehingga tidak perlu menyampaikan materi berulang kali.

Kamu bisa mmebuka kursus di beberapa platform, seperti Udemy, Skillshare, Pathwright, dan masih banyak lagi. Beberapa pelatihan yang sering dicari oleh pengguna internet biasanya tidak jauh dari skill computer dan teknologi digital lainnya. Akan tetapi, hal ini tidak menutup kemungkinan untuk membuka pelatihan di kategori lain, seperti jualan, marketing, investasi, dan lain sebagainya.

Membuat Blog Komersil

Kamu mungkin pernah mendengar istilah Blog atau Blogging. Blog adalah sebuah aplikasi cari uang di internet berbasis website yang di dalamnya terdapat banyak konten informatif untuk diakses oleh pengguna internet. Kamu bisa membuat berbagai macam tulisan bermanfaat untuk mengundang trafik. Nantinya, blog tersebut bisa kamu monetisasi dengan cara mengaitkannya dengan Google Adsense atau membuka jasa iklan sendiri. Caranya adalah sebagai berikut.

  1. Buat blog / website di Blogger (gratis)
  2. Buat konten menarik agar mengundang trafik
  3. Tautkan ke Google Adsense untuk mendapat penghasilan

Beberapa topik blog yang sering dipilih adalah teknologi, traveling, game, dan lain-lain. Contoh platformnya adalah Blogger (gratis) dan Wordpress (gratis / berbayar).

Bergabung Dengan Platform Afiliasi

Platform afiliasi adalah sebuah platform yang dapat menghubungkan kamu dengan berbagai perusahaan sebagai affiliate marketer. Kegiatan ini mengharuskan kamu untuk membuat konten dan melakukan promosi terkait produk atau jasa yang disediakan oleh perusahaan / brand. Kamu bisa mendapat komisi sesuai dengan ketentuan dari perusahaan untuk setiap transaksi yang terjadi melalui link khusus. Caraya adalah:

  1. Daftar sebagai affiliate marketer di platform afiliasi
  2. Tunggu konfirmasi dari pihak platform afiliasi
  3. Buka akun yang telah terkonfirmasi dan ambil link khusus dari dashboard akun kamu
  4. Buat konten di sosial media atau website
  5. Sisipkan link khusus tadi ke deskripsi, caption, atau bio akun sosial media

Untuk bergabung dengan program afiliasi juga sangat mudah dan tidak memakan banyak waktu. Cukup dengan mengunjungi situs platform afiliasi dan mengisi data yang diperlukan. Perbedaannya dengan berjualan biasa adalah kamu hanya perlu mempromosikan produk dan menyisipkan link khusus saja. Tidak perlu membeli produk atau melakukan stok barang terlebih dahulu.

Kesimpulan

Dari semua cara di atas, kamu  bisa memilih yang mana saja sesaui dengan keinginan kamu. Selama bisa konsisten dengan kerja yang bagus, penghasilan bisa terus datang seiring berjalannya waktu. Sebagai rekomendasi, bergabung dengan platform afiliasi menjadi cara terbaik. Hal ini karena kamu bisa mengkombinasikannya dengan cara lain, seperti jadi konten kreator di TikTok, Instagram, blog, dan lain sebagainya.

Untuk kemudahan yang lebih banyak, segera daftarkan diri sebagai affiliate marketer di Accesstrade Indonesia dan dapatkan banyak campaign sekaligus dari banyak perusahaan hanya menggunakan satu akun saja! Daftar di Sini!

Rizki Setyo
Content Author
Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.
Artikel Terkait