Daftar Rekomendasi Mega Influencer dan Tips Memilihnya

Daftar Rekomendasi Mega Influencer dan Tips Memilihnya

Admin
insights Jul 05, 2023
SHARE ON
1688557796_daftar-rekomendasi-mega-influencer-dan-tips-memilihnya-1.jpg

Influencer biasanya berprofesi sebagai artis, youtuber, atau penggiat konten digital. Mereka memiliki followers di berbagai media sosial mulai dari puluhan ribu hingga ratusan juta. Orang-orang ini sering kali merupakan tokoh berpengaruh di lingkungan atau industri tempat mereka bekerja. 

Karena beragamnya jumlah followers yang dimiliki para influencers, maka terdapat beberapa kategori influencers menurut jumlah pengikut yang dimiliki. Mulai dari yang terkecil yaitu, nano influencer, micro influencer, macro influencer, hingga mega influencer. Lantas apa itu mega influencer, simak penjelasan beserta tips berikut dalam menentukan kerja sama dengan mega influencer.

Apa yang Dimaksud Mega Influencer?

Mega influencer adalah kategori influencer dengan subscriber atau influencer  di atas satu juta, orang tersebut dapat memberi pengaruh kepada followers yang dimilikinya. Konten yang dibuat oleh mega influencer memiliki jangkauan dan engagement yang cukup luas, dikarenakan banyaknya jumlah followers yang mereka punya.

Sama seperti influencer pada umumnya, mega influencer biasanya terdiri dari kalangan artis, content creator, hingga publik figur. Biasanya mereka memiliki spesialisasi pada suatu bidang atau hobi, mulai dari otomotif, kecantikan, kuliner, dll.

Maka dari itu, mega influencer merupakan artis, content creator, ataupun publik figur yang memiliki jumlah followers diatas satu juta dan aktif membuat konten yang dapat mempengaruhi para pengikutnya tersebut.

Manfaat Mega Influencer

Berikut adalah berbagai keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika menjalankan sebuah campaign bersama Mega Influencer:

1. Berpengalaman

Tentunya untuk mencapai tahap ini, mega influencer sudah memiliki pengalaman yang tidak perlu ditanya lagi dalam bidangnya. Mereka telah bekerja sama dengan berbagai brand ternama, baik lokal maupun luar negeri. Dengan banyaknya pengalaman tersebut, loyalitas dari mega influencer tidak perlu diragukan lagi.

2. Jangkauan Luas

Dengan jutaan followers yang dimiliki, tentunya jangkauan audiens yang dapat diraih dapat lebih luas. Ini merupakan salah satu faktor terpenting dalam merencanakan konten promosi, karena semakin luas jangkauan yang dapat diraih, semakin luas juga orang yang melihat dan tertarik dengan konten promosi yang dibuat.

3. Followers yang Loyal

Tak hanya itu, mega influencer juga sudah memiliki followers setia yang membuat engagement mereka cukup terjaga. Dengan adanya interaksi antara followers dengan influencer tersebut, tentunya membuat para penggemar semakin loyal dan menaruh kepercayaan lebih pada sosok influencer tersebut.

Tips dan Cara Memilih Mega Influencer yang Sesuai Dengan Campaign

Meskipun loyalitas yang dimiliki mega influencer sudah terjamin, namun kamu tetap harus memastikan sosok influencer yang dipilih dalam melakukan kerja sama. Tidak seluruh influencer yang ada memiliki visi, misi, dan value yang cocok dengan brand kamu.

1. Teliti Portofolio dan Project yang Pernah Dibuat

Teliti terlebih dahulu portofolio serta rekam jejak influencer yang akan kamu ajak kerja sama, untuk memastikan visi, misi, dan value yang kamu miliki sejalan. Apabila terdapat perbedaan pandangan dengan usaha yang kamu miliki, maka pastikan dengan betul apakah sosok mega influencer tersebut yang paling cocok dengan usaha kamu atau masih terdapat mega influencer lainnya yang jauh lebih cocok.

2. Pastikan Engagement Rate yang Dimiliki

Selanjutnya, pastikan juga influencer yang kamu ajak kerja sama tersebut memiliki engagement rate yang baik. Karena jumlah followers yang mega influencer miliki cukup banyak, hal tersebut sangat mempengaruhi engagement rate dari setiap konten yang influencer tersebut produksi. Pastikan terlebih dahulu bahwa engagement rate dari influencer yang kamu ajak kerja sama sesuai dengan kriteria yang sudah kamu tentukan, jangan sampai kamu merasa konten promosinya tidak berhasil padahal belum mengetahui engagement rate dari influencer tersebut.

3. Perhatikan Budget yang Kamu Punya

Sesuaikan juga budget yang kamu miliki dengan mega influencer yang akan kamu ajak kerja sama. Hal ini cukup penting, dikarenakan untuk bekerja sama dengan mega influencer membutuhkan dana yang cukup besar. Pastikan usaha yang kamu miliki mampu untuk membayarkan tarif kerja sama yang telah disepakati, dan jangan terlalu memaksakan juga untuk harus bekerja sama dengan mega influencer apabila belum memiliki modal untuk melakukan pemasaran yang cukup.

4. Pilih Mega Influencer yang Profesional

Terakhir, pilihlah mega influencer yang mengedepankan nilai-nilai profesionalisme. Karena tetap terdapat beberapa mega influencer yang kurang profesional dalam menjalankan kerja samanya. Hal ini bisa terjadi karena beberapa dari mereka merasa sudah menjadi sosok terkenal dan mulai kurang kooperatif dalam melakukan kerja sama.

Daftar Top Mega Influencer Indonesia 

Untuk meningkatkan keberhasilan promosi yang kamu rencanakan, menggunakan jasa mega influencer merupakan salah satu cara yang cukup efektif. Pada era digital ini, keberadaan influencer bisa sangat menguntungkan pemilik usaha. Karena konten promosi yang dibuat tidak jarang memberikan dampak positif pada usaha tersebut, dan cukup sering pula para konsumen baru tersebut bercerita mengetahui produk atau usaha itu karena mendapatkan rekomendasi dari influencer yang mereka follow.

Ikatan yang dimiliki antara influencer dan followers merupakan suatu kekuatan yang sangat efektif dalam strategi influencer marketing. Maka dari itu, berikut beberapa daftar top mega influencer Indonesia yang memiliki ikatan baik dengan para followersnya. 

1. Raffi Ahmad

IG @raffinagita1717 - 51.2 juta followers

Raffi Ahmad adalah seorang selebriti Indonesia yang dikenal sebagai aktor, penyanyi, presenter, dan pengusaha. Raffi Ahmad telah menerima banyak penghargaan dan nominasi sepanjang karirnya dan ia merupakan salah satu influencer Indonesia yang memiliki followers terbanyak di media sosial.

2. Luna Maya

IG @lunamaya - 38.5 juta followers

Luna Maya dikenal karena kecantikan dan kemampuannya dalam berpose di depan kamera. Dia sering muncul di beberapa iklan dan menjadi model untuk berbagai merek internasional. Selain itu, Luna Maya juga aktif di dunia perfilman Indonesia dan kerap berakting di beberapa film terkenal.

3. Raditya Dika

IG @radityadika - 36.6 juta followers

Raditya Dika dikenal dengan karya lucu dan cerdasnya di dunia komedi, raditya mengawali karirnya sebagai penulis dengan mengunggah tulisan-tulisannya di blog pribadinya. Kini ia memiliki jutaan followers pada instagram dan rutin membuat konten pada YouTube.

4. Atta Halilintar

IG

@attahalilintar - 35.6 juta followers

Atta Halilintar adalah seorang YouTuber, pengusaha, dan salah satu influencer top Indonesia. Atta memulai karirnya di dunia hiburan dengan rutin membuat konten YouTube dan kini menjadi salah satu YouTuber ternama di Indonesia. 

5. Keanu Agl

IG

@keanuagl - 5 juta followers

Keanu terkenal karena konten video pada akun Instagramnya, selain melakukan ulasan produk, ia kerap membuka sesi QnA atau tanya jawab yang dibalut dengan komedi. Karena keunikan dan kelucuan yang dimilikinya, kini keanu sudah memiliki lebih dari 5 juta followers pada akun Instagramnya.

6. Fadil Jaidi

IG

@fadiljaidi - 9.1 juta followers

Fadil Jaidi adalah seorang YouTuber dan influencer ternama yang sering membuat konten keseharian namun penuh dengan komedi. Originalitas yang ia miliki merupakan salah satu kekuatan utama yang membuatnya menaiki puncak ketenaran, sampai memiliki lebih dari 9 juta followers.

7. Baim Wong

IG

@baimwong - 17.7 juta followers

Selain berakting, Baim Wong juga menjadi presenter beberapa acara televisi populer di Indonesia. Ia memiliki kepribadian yang sopan dan karismatik, kepribadiannya tersebut yang membuatnya menjadi salah satu artis ternama di Indonesia. Ia juga memiliki channel YouTube yang tak pernah sepi penonton, berbagai konten menarik rutin ia buat bersama dengan istri dan anaknya.

8. Vanesha Prescilla

IG

@vaneshass - 5.3 juta followers

Vanesha Prescilla merupakan aktris muda Indonesia yang dikenal dengan kemampuan aktingnya pada film layar lebar Dilan. Dengan pesona dan kemampuan aktingnya, ia terus menciptakan karya yang menarik perhatian penggemar setianya. 

9. Iqbal Ramadhan

IG

@iqbaal.e - 13.8 juta followers

Iqbal Ramadhan tidak hanya berbakat sebagai aktor tapi juga dikenal sebagai musisi. Ia aktif di dunia musik dan telah merilis beberapa lagu bersama bandnya yang bernama svmmerdose. Iqbal memiliki banyak penggemar dan pengikut setia di media sosial. kini ia terus berkembang sebagai aktor dan menjadi salah satu ikon anak muda Indonesia.

10. Andre Taulany

IG

@andreastaulany - 4 juta followers

Andre Taulany adalah seorang komedian, presenter, dan aktor Indonesia yang sudah tidak diragukan lagi pengalamannya. Tak hanya memiliki prestasi di dunia hiburan, Andre Taulany juga memiliki channel YouTube dengan jutaan subscriber. Ia rutin membuat vlog yang dibaluti dengan komedi khasnya pada channel YouTube tersebut.

Kesimpulan

Setelah mengetahui tips memilih mega influencer beserta beberapa daftar top mega influencer Indonesia, pastikan kamu tetap mempelajari strategi dan teknis influencer marketing lainnya. Karena dalam zaman digital, perubahan yang terjadi sangat cepat dan pastinya akan ada istilah beserta ilmu baru lainnya.

Namun jangan khawatir, apabila kamu masih ingin belajar lebih lanjut mengenai influencer marketing. Kamu bisa mempelajari lebih lanjut di Accesstrade Indonesia, berbagai tips serta pembelajaran mengenai influencer marketing dapat kamu akses. Tak hanya itu, kamu bisa memulai mendapat penghasilan sebagai influencer tanpa harus khawatir jumlah followers yang dimiliki. Karena di Accesstrade, komisi yang didapat dihitung berdasarkan performa konten promosi yang dibuat. Tunggu apalagi, jika kamu tertarik menjadi influencer, kamu bisa klik link berikut untuk daftar menjadi influencer: Social Media Affiliate Marketing untuk Influencer

Jika Anda adalah sebuah brand atau perusahaan yang mencari influencer dalam satu website, Anda bisa mendaftarkan brand / perusahaan Anda di Accesstrade karena Accesstarde memiliki jaringan publisher dari Influencer yang tersebar luas, serta sistem pembayaran yang di lakukan based on performance, Anda bisa daftar disini : Daftar Advertiser Accesstrade

Rizki Setyo
Content Author
Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.
Artikel Terkait