Daftar Skincare Influencer Indonesia dan Cara Mereka Menghasilkan Uang

Daftar Skincare Influencer Indonesia dan Cara Mereka Menghasilkan Uang

Admin
insights Aug 11, 2023
SHARE ON
1691740590_skincare-influencer-indonesia-1.jpg

Sejak kemunculan skincare influencer Indonesia kesadaran masyarakat mengenai pentingnya merawat kulit menggunakan produk skincare mulai meningkat, didukung juga dengan munculnya skincare dari berbagai brand dengan harga yang terjangkau. Saat ini, memang bisa dikatakan bahwa sudah banyak sekali influencer yang mengenalkan pentingnya skincare, baik perempuan maupun laki-laki. Tentu, kehadiran skincare influencer Indonesia memberikan dampak positif. Tetapi, sudahkah anda mengetahui apa itu skincare influencer?

Apa itu skincare influencer?

Skincare influencer adalah seorang yang menggambarkan permasalahan kesehatan kulit yang dialami lalu memberikan solusi berupa produk skincare yang dapat digunakan agar masalah kulit dapat diatasi. Dengan demikian penonton dengan permasalahan kulit yang sama akan terdorong menggunakan produk yang direkomendasikan.

Skincare influencer Indonesia biasanya menginfluence atau memengaruhi banyak orang untuk memiliki kesadaran pentingnya penggunaan skincare hingga turut menggunakan produk yang sama dengan influencer. Banyaknya jenis produk skincare memberikan kesempatan kepada influencer untuk membuat konten yang beragam, mulai dari produk kesehatan kulit wajah hingga tubuh bagian lain. 

Daftar skincare influencer Indonesia

Berikut ini adalah daftar skincare influencer Indonesia yang bisa anda ikuti dan coba praktikan rekomendasi yang diberikan:

1. Titan Tyra

 

Seorang influencer muda bernama Titan Tyra adalah salah seorang skincare influencer Indonesia yang sering kali membuat konten mengenai skincare, seperti skincare routine hingga review terhadap produk-produk skincare. Ia juga melabeli dirinya sebagai “Honest Content Creator” di bio Instagram miliknya. Oleh karena itu ia memiliki followers yang setia menonton konten yang ia buat. Saat ini jumlah followers yang dimiliki Titan Tyra di Instagram @titantyra sudah mencapai 784 ribu dan di Tiktok @titantyra sebanyak 250,6 ribu followers.

2. Glenca Chysara

Selanjutnya ada Glenca Chysara yang juga aktif menjadi skincare influencer Indonesia, terutama melalui akun Tiktok pribadinya. Untuk menarik perhatian penonton, Glenca sering kali mengunggah konten mengenai permasalahan kulit yang dapat diatasi dengan produk-produk yang ia gunakan. Glenca memiliki banyak sekali penggemar, saat ini saja ia telah memiliki followers di Instagram @glencachysaraofficial sebanyak 2,1 juta dan di Tiktok @glencachysaraofficial sebanyak 9,3 juta followers, angka yang sangat besar sebagai seorang skincare influencer.

3. dr. Shindy Putri

Seorang dokter yang juga telah memasuki dunia influencer ini sangat konsisten menjadi skincare influencer Indonesia untuk mengkampanyekan pentingnya merawat kesehatan kulit menggunakan skincare. de. Shindy Putri biasanya mengenalkan skincare melalui konten-konten mengenai permasalahan kulit dan dibahas dari kacamata kesehatan. Hal tersebut membuat kontennya banyak diminati karena apa yang disampaikan dapat dipercaya. Berkat kekonsistenannya menjadi skincare influencer, saat ini dr. Shindy Putri juga telah memiliki bran skincarenya sendiri. 

Shindy Putri memiliki followers di Instagram @dr.shindyputri_ sebanyak 3,2 juta serta di Tiktok @drshindyofficial sebesar 1,2 juta, angka yang fantastis sebagai seorang influencer yang tetap menjalankan profesinya sebagai dokter.

Baca juga: Tips Belajar Influencer Marketing yang Cocok Untuk Pemula

4. Abel Cantika

Abel Cantika adalah seorang beauty dan skincare influencer Indonesia yang mengawali karirnya sejak tahun 2015 melalui Youtube. Saat itu ia mulai membuat konten seputar tutorial make up yang mudah untuk diikuti. Seiring berjalannya waktu, Abel tidak hanya membahas mengenai make up tetapi juga sol skincare, memang bisa dikatakan bahwa make up dan skincare adalah dua hal kecantikan yang sangat berhubungan. Hingga kini Abel masih terus aktif mengunggah konten soal skincare. Ia telah memiliki followers di Instagram @abellyc sebanyak 1 juta dan di Tiktok @abel_cantika sebanyak 158,6 ribu followers.

5. Tyna Dwi Jayanti

Selanjutnya ada Tyna Dwi Jayanti, seorang skincare influencer Indonesia yang memulai karirnya sebagai make up artist. Kesibukannya di dunia kecantikan, berhasil membawanya menjadi seorang influencer ternama. Melalui konten yang diunggah di Instagram pribadinya Tyna sering kali memberikan tutorial hingga mengulas produk kecantikan secara jujur, berbagai brand telah menjalin kerja sama dengan dirinya untuk bantu mengiklankan produk kecantikan. Saat ini, Tyna Kanna Mirdad telah memiliki followers di Instagram @tynadwijayanti sebanyak 757 ribu.

6. Suhay Salim

Suhay Salim adalah salah satu skincare influencer Indonesia yang konsisten membagikan konten seputar kecantikan dan skincare melalui media sosialnya. Memulai karir sejak tahun 2015 melalui Youtube, kini Suhay Salim lebih aktif di Instagram untuk memberikan tips serta ulasan mengenai produk skincare. Suhay telah menjalin banyak kerja sama dengan brand-brand kecantikan untuk mempromosikan produknya, terutama melalui Instagram dan Tiktok. Instagramnya @suhaysalim saat ini telah memiliki followers sebanyak 656 ribu dan 117,4 ribu followers pada Tiktoknya @suhays12.

7. Rachel Goddard

Terakhir ada Rachel Goddard seorang skincare influencer Indonesia yang aktif membagikan konten seputar kecantikan dan skincare melalui channel Youtube dan media sosialnya. Rachel Goddard dikenal karena memiliki karakter yang kuat dan unik dalam menyampaikan kontennya, sering kali ia membungkus kontennya dengan humor-humor ringan sehingga penonton juga merasa terhibur saat menyaksikan kontennya. Sebelum aktif menjadi influencer, dahulu Rachel adalah seorang kontributor majalah kecantikan dan make up artist. Saat ini Rachel Goddard telah memiliki followers di Instagram @rachgoddard  sebanyak 1.1 juta dan di Tiktok @rachelgoddard25 sebanyak 556,9 ribu followers.

Baca juga: 8 Tips Menghasilkan Cuan dengan Menjadi Influencer Instagram

Bagaimana Cara Skincare Influencer Menghasilkan Uang?

Berikut adalah beberapa cara yang dilakukan oleh para Skincare Influencer mengenai bagaimana mereka menghasilkan uang dari eduksi skincare:

1. Sponsored Content

Umumnya para Skincare Influencer dapat menghasilkan uang dari endorsement pada sosial media mereka. Namun untuk mendapatkan penawaran kerjasama dengan brand jika menggunakan cara ini, angka jumlah followers sangat mempengaruhi. Jika masih awal-awal mengawali karir sebagai skincare influencer dengan jumlah followers yang masih rendah, maka mungkin untuk pendapatan juga masih sedikit. Berikut informasinya mengenai perbandingan komisi influencer berdasarkan channel marketing dan jumlah followersnya.

2. Affiliate Marketing

Jika kamu baru akan memulai karir sebagai skincare influencer, maka dengan melalui affiliate marketing kamu tidak perlu memikirkan jumlah followers untuk memulainya. Contohnya jika kamu tertarik juga untuk menjalankan campaign makeup affiliate program ataupun fashion affiliate program, kamu bisa langsung daftar dan menjalankan campaignnya tanpa minimal followers.

Cara untuk menjalankan affiliate marketing di social media, kamu dapat menambahkan link di bio profile sosial media kamu.

3. Kolaborasi atau Partnership dengan Brand

Menjadi seorang influencer membuka kesempatan kamu untuk kolaborasi dengan brand. Kamu bisa berkolaborasi dalam menciptakan produk atau serangkaian produk, yang tidak hanya menguntungkan secara finansial tetapi juga membantu membangun personal branding kamu di industri perawatan kulit.

4. Membuat Produk Sendiri

Ada beberapa beauty influencer yang membuat produk makeup sendiri. Hal ini juga bisa menjadi inspirasi untuk influencer lainnya dalam menghasilkan uang dengan membuat produk yang sesuai dengan ketertarikan dan keahlian masing-masing influencer.

5. Iklan Youtube

Kamu juga sebagai skincare influencer dapat mulai membangun channel youtube untuk memperluas konten-konten edukasi kamu mengenai skincare. Dari konten-konten kamu yang mendatangkan banyak viewers dapat menghasilkan pendapatan.

6. Podcast atau Webinar

Menjadi host podcast atau webinar yang berhubungan dengan perawatan kulit juga bisa mendatangkan kesempatan bekerjasama dengan sponsor.

7. Brand Ambassador

Kontrak jangka panjang untuk menjadi brand ambassador bisa sangat menguntungkan, melibatkan tidak hanya konten yang disponsori tetapi juga hadir di berbagai acara, wawancara eksklusif, dan lain-lain.

8. Takeover Sosial Media Brand

Jika sebuah brand atau sponsor akan mengadakan acara selama beberapa hari, maka kamu berkesempatan untuk mendapatkan penghasilan dari take over social media mereka.

9. Menulis Konten

Sebagai seseorang yang sudah dikenal sebagai ahli pada suatu bidang dan mendapatkan kredibilitas dari audiens. Kamu dapat juga memberikan review atau rekomendasi produk dalam bentuk artikel baik melalui blog / website yang kamu kelola sendiri maupun menjadi guest post di publisher ternama.

Kesimpulan

Itulah beberapa deretan skincare influencer Indonesia ternama dengan followers yang sangat banyak. Setiap influencer dikenal dengan karakternya yang berbeda-beda, namun intinya selalu menyampaikan hal-hal berbau kecantikan dan kesehatan kulit, dilengkapi dengan produk-produk yang bisa digunakan oleh para followers.

Kehadiran mereka sebagai influencer telah terbukti efektif mempengaruhi orang untuk sadar menjaga kesehatan kulitnya. Hal tersebut dibuktikan dari banyaknya penjualan produk kecantikan serta munculnya produk-produk kecantikan terbaru, yang tak jarang juga dimiliki oleh para influencer. Ingin memulai perjalanan anda menjadi influencer skincare? Klik link berikut untuk daftar menjadi influencers skincare: Social Media Affiliate Marketing untuk Influencer

Rizki Setyo
Content Author
Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.
Artikel Terkait